Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mudah Mengatasi signal yang tiba tiba hilang pada parabola tv satelit


Cara mudah memperbaiki sinyal yang tiba tiba hilang pada perangkat parabola tv satelit.  Pernahkah tv anda mengalami blank / no signal ketika anda menonton tv memakai parabola tv satelit ? tulisan No signal tersebut mengindikasikan bahwa tidak ada signal yang di terima oleh receiver parabola tv satelit anda yang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti, lnb mati, kabel putus, connector kendor, berkarat dan lain sebagainya. 

Bagi yang terbiasa dengan parabola tv satelit ataupun teknisi, tentunya hal ini sudah biasa di hadapi sehari hari dan sudah mengetahui langkah langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Baca Juga : 

Cara memperkuat Sinyal Parabola yang Lemah 

Cara Memasang dan Mencari Sinyal Parabola 

Cara Memperbaiki Remote Receiver Parabola yang Rusak

Namun bagi rekan rekan pemula maupun yang belum pernah perbaiki sendiri, mungkin agak sedikit bingung, apa saja yang harus di check. di artikel ini akan kita bahas mengenai cara mudah mengatasi gangguan no signal pada parabola tv satelit.
 
Secara garis besar, parabola tv satelit dibedakan atas dua jenis frekuensi yang di gunakan, yaitu Frekuensi C Band yang biasanya menggunakan parabola jaring / mesh dengan diameter 6 Feet / 1,8 M ( ada juga parabola solid, walaupun termasuk jarang di temui ) dengan satu sampai 4 lnb, dan Frekuensi Ku Band yang menggunakan parabola solid mini 60 - 80 Cm biasanya di gunakan oleh Tv berbayar ( BIG tv, Orange TV, Aora, Transvision, Kompas Tv, ) maupun FTA ( Ninmedia dan TV desa ).

Baca Juga :

Cara Mengatasi Sinyal yang Hilang Timbul pada Malam Hari

Frekuensi dan Transponder Siaran AORA TV Gratis 

BIG TV Berhenti Beroperasi Mulai 31 Mei 2020

Chanel FTA Premium Gratis di satelit SES 9

Seperti kita ketahui, frekuensi C Band akan rentan gangguan terhadap interferensi, jaringan komunikasi, jaringan internet ; sedangkan frekuensi Ku Band lemah terhadap gangguan cuaca buruk seperti Hujan deras serta mendung gelap. 


no-signal
Selain karena hal hal mendasar tersebut, gangguan bisa di sebabkan oleh beberapa hal lainnya seperti yang sudah kita singgung di atas. Bagaimana cara mengatasinya ? mari kita bahas satu persatu langkah langkah nya :

1. Check indikator signal di layar tv.



cek-indikator-signal

Anda dapat mengecheck indikator signal di tv melalui tombol  remote "INFO" . Kemudian akan tampil dua bar / garis yang menunjukkan SIGNAL dan QUALITY. Jika keduanya menunjukkan angka 0 ( nol ), dan atau hanya salah satunya saja maka dapat dipastikan signal dari satelit tidak sampai ke receiver parabola tv satelit anda, bukan hanya di channel tersebut saja.


Baca Juga :

Cara Memprogram Parabola

Cara Memprogram TV Dengan Cepat dan Mudah

2. Check Receiver dan Seting Parameter



cek-parameter-satelit

Check juga receiver anda, apakah lampu indikator menyala ?. Silahkan coba di restart ( cabut colokan listrik, diamkan 5 menit, nyalakan lagi ). Periksa juga parameter satelit di receiver anda, silahkan masuk ke MENU >> INSTALASI >> SATELIT untuk memeriksa setingan LNB ( 9750 -10600 untuk Ku Band serta 5150 untuk C Band dan S Band ), setingan transponder sesuai masing masing satelit, setingan diseq 1.0 dan diseq 1.1 setingan motor serta actuator, apakah semua sudah sesuai seperti pada saat setting sebelumnya.


note : menu seting tiap receiver mungkin berbeda

Silahkan lepas kabel antena anda dari receiver, kemudian check connectornya, pemasangan connectornya apakah sudah benar, apakah tembaganya tidak konslet dengan ground nya ( serabut ), apakah tembaganya tidak berkarat, apakah lubang connector di receiver juga tidak berkarat, apakah conector tersebut terpasang dengan baik dan kencang.


Jika sudah di check semua, lakukan pengecheckan yang sama di conector yang tersambung dengan lnb dan di seq. Ketika pengecheckan di lnb, pastikan untuk tidak merubah, posisi antena parabola, agar fokus antena tidak bergeser dan arahnya berubah ( untuk parabola ku band, sedangkan untuk parabola c band harus menurunkan antena untuk menggapai lnb ). 

Untuk parabola C Band, sebelum anda check konector di lnb maupun diseq ( sebelum menurunkan parabola ) perhatikan dulu fokus antena, apakah fokusnya bergeser, ada baut yang kendor, antena tertimpa sesuatu, jaringnya robek, penyok ataupun fokusnya tertutup sesuatu. 


Demikian juga berlaku untuk parabola mini Ku Band, apakah parabola tersebut mengalami sesuatu seperti diatas atau tidak. Bisa juga di lihat di bekas baut mounting di belakang antena. 

Baca Juga : 

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit 

Satfinder, Aplikasi Pencari Sinyal Parabola Satelit Terbaik

5. Check LNB

Check juga lnb anda, apakah posisinya sudah tepat menghadap ke barat untuk C band, dan atau connectornya sudah menghadap ke utara / selatan untuk Ku band ? ( khusus orange tv menghadap ke bawah ). pastikan juga lnb terpasang dengan baik dan kencang.

Bagaimana, apakah artikel cara mengatasi signal yang tiba tiba hilang ini sudah dapat membantu masalah tv satelit anda ? Atau setelah mencoba beberapa hal di atas, masih tetap saja gangguan no signalnya belum teratasi ? 


Baca Juga :

Cara Pasang LNB Ku Band 

Cara Menangkap Siaran Tv Kabel Dengan Antena Biasa


Atau anda masih bingung ? silahkan saja bertanya / berkomentar untuk konsultasi lebih lanjut.  Langkah paling terakhir yang dapat anda lakukan jika masalah ini belum teratasi adalah dengan memanggil teknisi parabola langganan anda, dan perhatikan ketika teknisi sedang memperbaikinya, jadi jika hal ini terulang kembali, anda dapat mengatasinya sendiri. Semoga bermanfaat.

Catatan : satelit telkom 1 hari ini 25 agustus 2017 mengalami gangguan mulai pukul 16:51, dan sedang dilakukan perbaikan oleh telkom dengan dibantu lockheed marteen selaku produsen telkom 1. Estimasi yang kami dapatkan dari detik.com, perbaikan akan selesai sekitar pukul 02:00 dini hari tanggal 26 agustus 2017..


85 comments:

  1. Saya ada satu masalah pak. Semua solusi yang bapak sarankan udah dicuba namun sinyal ninmedia masih tiada jika sambung ke disecq.jika disambung terus sinyalnya ada. Masalahnya udah ditukar disecq masalah yang sama tetap berlaku. Adakah apa apa solusi lain kerna saya ingin gabung ninmedia sama skynet

    ReplyDelete
  2. udah di setting disecq nya gan, misal lnb pertama ke disesq A kemudian lnb ke dua ke disecq B dan seterusnya.. harusnya settingannya mudah koq,, silahkan di coba lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya udah dichecking. Memang benar aturan koneksi wayar di disecq. Port 1 untuk apstar 7. Port 2 untuk intelsat 12 dan port 3 untuk ninmedia..udah dicoba ganti ganti port tapi masi ngak mau cling. Yang peliknya jika disambung terus pakai connector bisa cling. Kalau di test pake sat finder juga cling. Bila sambung ke disecq terus nol. Misteri benar masalah ini

      Delete
  3. Mohon bantuannya, saya penggemar Nabawi TV, sudah 2 minggu sinyal tidak ada. biasanya kenapa ya ? Tulisan di layar tidak ada sinyal, signal 80% Quality 0%. Untuk channel yang lain baik2 saja. hanya nabawi tv

    ReplyDelete
  4. Kalau cuma net tv aja yg gk ada signal gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pindah transponder atau ganti freq,, udah coba scan ulang ?

      Delete
  5. Semua saluran tv palapa d hilang sinyal kecuali TVone dan metro.. Solusinya gan?

    ReplyDelete
  6. Signal palapa d hilang smua seketika.

    ReplyDelete
  7. Kalo kode E52-32 itu kenapa gan saya pengguna transvision. Solusinya gmna gan apa di reset ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kurang tau gan,, coba kontak salesnya dulu atau kontak call center nya aja

      Delete
  8. Mau tanya bos,knpa siaran antv,tv one,sama chanel luar kok suaranya kesendat,klo kualitas gambarny c normal,tu apanya ya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah coba di blind search lagi gan ? mungkin ada yang berubah frek nya

      Delete
  9. Semua chanel di palapa hilang, solusinya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu gan,, apa setingan diseqc nya ke ubah atau gimana,, atau bisa juga lnb nya mati

      Delete
  10. Kvision 1100, Intensitas sinyal 45 % dan qualitas sinyal 10 %, disk payungnya sudah di putar2 kesana kemari, angka2 intensitas dan qualitas sinyal di atas tetap tidak berubah, Mohon bantuan solusinya gan ?

    ReplyDelete
  11. Gan,saya pemula baru pertama pasang parabola mini matrix 45cm receiver big burger 2,setelah rangkaian terpasang saya cek sinyal kuantitas 60%,kualitas 0%..arah parabola sudah d rubah2 tetap gk mau brubah jg intensitas dan kualitas sinyal nya trims..

    ReplyDelete
  12. Antena saya hilang sinyal blank,,ada yg bisa bantu no contac, lokasi saya d Curug Kab Tanerang...makasih

    ReplyDelete
  13. Pada Saat Siang Hari Ada Sinyal Tapi Kok Pada Malam Hari Sinyalnya Hilang Semua. Solusinya Apa Gan.

    ReplyDelete
  14. saya juga pernah ngalamin itu gan, kemungkinan kurang pas saja pointingnya

    ReplyDelete
  15. unknown : parabola matrix signal 60% / 0
    jadi kalau yang satu nunjuk 60% satunya angka 0 itu artinya receiver sudah terhubung dengan LNB dan LNB berfungsi dengan baik, hanya saja arahnya belum tepat. transponder yang dipakai berapa ? untuk ninmedia 12500 V 43200

    ReplyDelete
  16. dedi : pointingnya sudah dipilih transpondernya? arahnya sudah benar ? agan dimana dan nyari satelit apa?

    ReplyDelete
  17. Gan, kalo siang ada tp kalo malam suka hilang.. No signal untuk rcti, indosiar...
    Gimana solusinya ya gan?

    ReplyDelete
  18. abd taibb : kalau siang sinyal nya berapa gan ? mepet apa engga ?
    itu kayaknya emang pembatasan dari tv nya gan, banyak yang ngalamin kok

    ReplyDelete
  19. lnb hidup semua hidup.. sinyal penuh quality yg kosong.. gimana caranya itu gan

    ReplyDelete
  20. Mau tanya gan, kenapa ya siaran tv tv luar pada ada tapi siaran tv seperti RCTI, SCTV, net tv pada tidak ada sinyal terus solusinya gmna ya? Apa memang karena cuaca atau gimana?

    ReplyDelete
  21. Ica marisa : arahnya di satelit mana ya ? Sekarang mereka memang agak ekslusive harus pakai receiver tertentu baru bisa kebuka siaran mnc grup dan emtek grup

    ReplyDelete
  22. Siaran tv saya cuma RTV yg dapat yang lain hilang mohon solusinya

    ReplyDelete
  23. Tracking kuband arah sudah benar sudut sudah terukur...tapi signal gk dapet...kalo di tunggu beberapa menit signal muncul 92 dan kualitas 80 tapi baru satu menit hilang lagi...di diemin lagi beberapa saat,signal muncul dan gk ada 5menit hilang lagi...apa masalahnya ya...bingung...pemula soalnya

    ReplyDelete
  24. Wah aneh tuh kalau kayak gitu.. sudah cek konektor kabelnya, mungkin kendor atau short, kalau konektornya bagus, coba pakai receiver lain atau lnb lain

    ReplyDelete
  25. Saya pasang 2 lnb 2 recriver channel ny jd barengan, klo dlu gx, bsa sendiri"..
    Jd penyebabnya apa,
    Mohon penjelasannya gan..

    ReplyDelete
  26. Mau tanya boss.... kvision saya gga add sinyal... apa penyebab ny yya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi kabelnya putus, lnb nya mati, atau receivernya yang rusak, harus di cek pelan 2

      Delete
  27. Kmren lusa sy suda panggil teknisi, suda di set ulang antv,trans tv n trans 7 suda ada, pas ke esokan harinya tidak ad sinyal, mnta solusinya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang kepencet mungkin gan setingannya, atau parabolanya goyang

      Delete
  28. Bang bagaimana cara memperbaiki sambungan kabel coax di raicer bang

    ReplyDelete
  29. Bang, mau nanya kalau sinyal di nex parabola yg tiba tiba hilang, solusi nya gimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu parabolanya geser ga ? lnb nya mati ga ? kabelnya putus ga ? konektornya kenceng ga ?

      Delete
  30. Assalamu'alaikum,pak tiba digital parabola saya tidak ada sinyal, sebelum emg sinyal nya ilang timbul,dan digital nya pun saat mau restar lama stabil nya harus kedip" dulu lampu nya baru stabil dan bisa nonton

    ReplyDelete
  31. Di satelit ninmedia tiba tiba hilang signal..tapi sebagian ada siaran yang masih ada..setealah saya cek di info ada perbedaan prekuensi,12550/43200 ...dan 12500/43200...kira2 bermaslahkah frekuensinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi ada gangguan di transponder 12560 mas, katanya dari pengelola satelitnya

      Delete
  32. Pak.sy pake matrix garuda full hd.kekuatan sinyal n intensitas sinyal 0%

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ga kabelnya putus, masang kabelnya ga kenceng kemungkinan lnb nya mati

      Delete
  33. Sinyal birunya ada tp sinyal hijonya cma 4 prsen bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti cuma dapet sedikit itu boss sinyalnya, transponder lain dapat segitu juga ga ?

      Delete
  34. Mau tanya pak, receiver nex parabola, kalau sinyal hilang tiap kali ganti channel, trus munculnya klo di on/off lgi itu masalahnya apanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah punya receiver lain yang seperti itu, menurut saya receivernya yang rusak / hang

      Delete
  35. Bagaimana mengembalikan sinyal channel sctv & indosiar saya tidak ada sinyal

    ReplyDelete
  36. Sudah satu Minggu no signal, pindah piring,
    Gitu trs, gimnaa solusinya 😭
    Udah Minggu nggak nonton tv

    ReplyDelete
  37. Kok hanya pada malam hari signalnya hilang,gimana solusiny

    ReplyDelete
  38. Sinyal TV saya tiba-tiba hilang itu kenpa bang? Receiver sih masih baru?

    ReplyDelete
  39. Tracking salah gimana cara mengembalikan ulang

    ReplyDelete
  40. Sinyal hilang udah di secand masih belum ada sinyal gimana caranya?

    ReplyDelete
  41. Ciri-ciri kalau LNB mati itu seperti ap???
    Soalnya punya saya sinyal hilang smua.
    Cek konektor ok. Kabel ok. Tinggal LNBnya mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lnb nya mati, indikator signal bar nya 0 semua, baik intensitas maupun quality signal, kalau lnb nya hidup intensitasnya ada angkanya ( biasanya 60 ) walaupun belum dapet signal

      Delete
  42. Bang punya saya tiba² hilang semua tdk ada sinyal semua, sebelumnya hilang separu karna masa kontrak reseiver'atau antena habis kontrak,,tapi skrang koc tiba² tdk ada sinyal semua bang ya,,, mohon solusinya bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindah ke satelit measat aja, masih lumayan beberapa gratisan,

      Delete
    2. Numpang tanya bos. tv sy gk keluar sinyal. Di bar 2 menunjukkan
      Intensitas sinyal 60
      Kuwalitas sinyal 0
      Ini gmn boss?

      Delete
    3. Tandanya ga dapat sinyal itu, kalau ninmedia katanya sih memang ilang dari sananya

      Delete
  43. Maaf ka mau tanya.ini signal ninmedia hilang maksudnya gimana ya.emang lagi ada gangguan apa gimana ya ka.
    Soalnya sama punya saya no signal semua.

    ReplyDelete
  44. Sya sering mengalami ketika jam" siang sinyal hilang, kekuatan sinyal hanya 60 kualitas 0. Apa ada tanda" lnb mau minta ganti ya bang? Soalnya kalo malam lancar semua, kualitas sinyal paling tinggi 73,

    ReplyDelete
  45. Gan klo receiver ny ga pernah di matiin/ga pernah di off itu bakal masalah ga ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lebih cepat rusak pak menurut saya, sebaiknya jika tidak digunakan dalam waktu yg lama lebih baik di cabut saja

      Delete
  46. Om gimana yak kemarin udah panggil teknisi buat benerin nah sinyal ada semua tp pas pagi nya cuma ada net sama rtv padahal ga ada di setting lagi sama saya

    ReplyDelete
  47. Apa sebabnya jika saluran tv parabola tiba² ga ada siknyal, saya udah cek semua apakah ada hubungan dgn petir yg dapat mengkongslet LNB..?

    ReplyDelete
  48. sy pake telkomsel setiap mlm jam 21.30 mulai hilang chanelnya,,,apakah sementar ini sedang ada perbaikan?????

    ReplyDelete
  49. Awal nya pengen program tapi, malah hilang semua signal di setiap chanel nya , intensitas 22 persen, trus signal nya nol.. Udah coba di scan ulang tetep ga bisa, lnb nya kaya nya juga udah pas gimana ya solusi nya?

    ReplyDelete
  50. Cara mengatasi sinyal yang hilang semua gimana gan?

    ReplyDelete
  51. Cara mengatasi sinyal yang hilang semua gimana gan?

    ReplyDelete
  52. Apakah sekarang sinyal parabola lagi error sudah 2 hari sinyalnya error terus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya engga sobat, mungkin hanya milik sobat sendiri, btw sobat pakai receiver apa dan ke satelit mana ?

      Delete
  53. Om mohon tanya kalau sinyal quality/mer di indovision suka hilang timbul knapa ya? Signal strength siy diatas 160.
    Rangkaiannya lnb 2 output-masing2 lewat line amplifier-splitter trs 4 receiver, wktu line amplifier dicoba diganti pakai spliter cadangan sinyal normal meski turun lumayan, hbo bsa dpt siaran hd tapi siaran lokal pada hilang. Ganti line amp baru ttp sama hilang timbul dan ngga dpt siaran hd. Terima kasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  54. untuk k vision c band itu yang benar gimana aturannya gan? karena kekuatan ada sinyal gak ada

    ReplyDelete