Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Ninmedia, Informasi Lengkap Cara Tracking dan Instalasi

Ninmedia, informasi lengkap cara tracking dan instalasi. Kali ini Siaran Satelit akan membahas mengenai informasi tracking dan instalasi ninmedia secara lengkap dan akurat. Apakah anda pernah mendengar tentang ninmedia ? 



Bagi sebagian orang tentunya ini bukan hal yang asing lagi, tapi masih banyak juga yang belum mengetahui informasi lengkap tentang ninmedia. Oleh karena itu, kali ini Siaran satelit akan mengupasnya secara detail. Oke kita mulai saja.

BIG TV Berhenti Beroperasi Per 31 Mei 2020


Ninmedia merupakan provider penyedia layanan hosting siaran tv satelit yang tidak memungut biaya kepada para pelanggan untuk menyaksikan siaran tv nya alias gratis, setidaknya untuk saat ini. Dikarenakan siaran gratis, maka chanel chanel yang di transmisikan tentunya bebas dari acakan, atau biasa kita sebut dengan FTA ( Free To Air ).

Lalu bagaimana dengan biaya operasional ninmedia, termasuk sewa satelit, peralatan transmit, NOC dan lain lain nya ? Sampai saat ini pun saya belum mengetahui bagaimana mereka bisa menutupnya, mungkin dengan kerjasama dengan channel yang ditransmisikan, saya juga belum paham.

Alternatif Ninmedia, Ini dia Transponder AORA TV Gratis 

Review Receiver Rekomendasi Ninmedia, Diamond AK-369

Dengan menggunakan Satelit Chinasat 11 di bujur 98 E, coverage signal dari transmisi siaran ninmedia ini bisa mencakup seluruh wilayah indonesia. Tentunya sangat bermanfaat bagi teman teman yang di tempat tinggalnya kualitas signal TV UHF nya kurang begitu bagus, atau yang jangkauan TV swasta nya terbatas, atau mungkin hanya terdapat siaran TVRI saja, seperti rekan dari Atambua NTT yang membeli receiver tanaka new samurai dari saya minggu lalu.


Walaupun belum semua chanel lokal nasional masuk, setidaknya ada opsi hiburan selain hanya TVRI, bukankah begitu ? Untuk MNC Group ( MNC TV, Global TV, RCTI ) yang memang terkenal agak ekslusive, bisa di tangkap juga dengan parabola ninmedia, tentunya setelah kita tambahkan LNB ku Band satu lagi, untuk lebih detailnya silahkan baca Juga:

ninmedia-mnc-group

Lalu peralatan apa saja yang kita butuhkan untuk menangkap siaran ninmedia ? Karena Transmisi Ninmedia menggunakan Frekuensi Ku Band, maka siaran satelit ini bisa kita tangkap menggunakan parabola mini dengan diameter dish reflektor 60 - 80 cm. Pernahkah anda melihat parabola Orange TV , Big TV, Astro, Aora, Centrin ? Semua parabola tersebut bisa digunakan untuk menangkap siaran satelit ninmedia.


Tetapi saya menyarankan untuk tidak menggunakan peralatan bekas tv berlangganan anda agar di kemudian hari tidak menjadi masalah. Belilah yang memang di jual untuk umum seperti merk matrix ( Orange Tv dan Big Tv juga ada ).  Untuk LNB menggunakan LNB KuBand dengan setting 9750 - 10600, 20 KHz Auto, 12 V Off, LNB Power ON, dan transponder 12500 V 43200. Receiver yang dibutuhkan, setidaknya harus sudah support Mpeg4 dan codec audio AAC.

Baca Juga :
Cara Mudah Memanfaatkan Dish Parabola Bekas TV Berbayar

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit

Receiver bekas dari tv berlangganan anda tentu tidak dapat di gunakan karena sudah di lock oleh masing masing provider, atau tidak support dengan codec audio AAC.  Receiver paling murah yang sudah support adalah Matrix Big dengan harga sekitar 150 Rb. Tentu saja receiver receiver keluaran sekarang dengan range harga 200 - 250 Rb sudah support dengan syarat minimal dari Ninmedia. 




instalasi-ninmedia

Gambar Instalasi Ninmedia menggunakan parabola bekas orange tv ( parabola sebelah kiri )

Tracking siaran Ninmedia tentunya sangat mudah, bahkan untuk yang belum berpengalaman tracking parabola sekalipun. Tinggal arahkan ke barat, dan agak serongkan sedikit ke utara, dengan connector LNB menghadap utara di sekitar jam 3:30, geser azimuth ( kanan - kiri ) dan elevasi ( atas - bawah ) untuk mendapatkan signal yang maksimal. 


Baca Juga :
Cara memperkuat Sinyal Parabola yang Lemah 

Cara Memasang dan Mencari Sinyal Parabola

Signal maksimal tergantung masing masing receiver yang digunakan, tetapi rata rata anda akan mendapatkan signal 60 % dan Quality 90 - 100 %. Silahkan maksimalkan signal untuk menghindari gangguan yang mungkin terjadi, dikarenakan cuaca yang kurang bersahabat.

elevasi-ninmedia 

Setelah tracking anda sukses, blind scan transponder tersebut. Karena hanya satu transponder saja yang di gunakan oleh ninmedia, yaitu 12500 V 43200, maka hanya tersedia 46 slot channel yang bisa di transmisikan. Komposisi, jumlah, ragam chanel dapat berubah, baik itu bertambah ataupun berkurang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 

Seperti sekitar Lebaran 2016 kemarin, tiba tiba MNC Group hilang dari peredaran di Ninmedia. Mau tidak mau kita sebagai pengguna hanya bisa memakluminya, toh siaran gratis juga. Per hari ini chanel chanel yang tayang antara lain : TVRI, Metro Tv, ANTv, TV One, SCTV, Indosiar, Trans TV, Trans7, RTV, JakTV, NET, KompasTv, Berita Satu, Inspira, Nusantara TV, SNB, DMI, Hi Indo, Prambors, TV BMW, SMI, DMC, Iqraa TV, NU Channel, Otomoto, Swarna, Yuhuu, Tabalong, RUAI Tv, Kitanesia TV serta beberapa channel lainya.

Baca Juga :Update Frekuensi Dan Chanel Gratis TV Nasional RCTI

Cara Memprogram Parabola

Bagaimana, mudah bukan untuk menangkap siaran satelit Ninmedia ? jika masih ada pertanyaan atau bantuan panduan tracking, silahkan saja komentar di bawah ini, akan kami bantu dengan senang hati.. Semoga bermanfaat. 

102 comments:

  1. pak artikelnya bagus... cuman saya mau tanya kan posisi saya di surabaya arahnya kemana ya kalau pasang parabola ninmedia ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. arahnya kurang lebih sama saja pak... ke barat, agak ke utara sedikit

      Delete
  2. Kalo dari kota Bandung (Jabar) untuk dapat lock satellite Chinasat 11 (Ninmedia) dish parabola LNB KuBand-nya harus ke arah mana Gan..? thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. antara surabaya, jogja, sama bandung, sama sama ke barat agak ke utara sedikit gan

      Delete
  3. Maaf gan sblmnya kalau pertnyaannya agak ribet, mumpung nganggur mau isi waktu luang mau bikin percobaan..Kalau di sulawesi selatan kira" apa bisa tracking ninmedia pakai parabola wajan seperti tutorial di youtube gan, lnb ku-band + wajan rakitan + (receiver metrix garuda mpeg4 bukan yg HD/matrix starlink v HD pvr.. Kira" lbih suport yg mna gan) mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ninmedia itu ga susah koq speknya, asal bisa mpeg4 sama audio aac, udah lancar jaya,, kayaknya udah bisa semua itu receivernya... yang harus di perhatikan adalah luas penampang dan jarak lnb ke reflektornya...

      Delete
  4. bisa nangkep siaran kartun anak 24 jam kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekarang kurang update chanelnya, coba besok saya cek dulu

      Delete
  5. tuk wilayah bangka lock ninmedia dish nya hadap kemana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bangka, arah ninmedia ke barat gan.. karena bangka lokasinya di 2 derajat lintang selatan..jadi serong ke utara 2 derajat ( anggap aja lurus gan )

      Delete
  6. Sya kesulitan setting untuk daerah Cileunyi Bandung.. share settingannya ya.. nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah ada gan di atas.. coba baca lagi dengan seksama

      Delete
  7. Replies
    1. ga bisa gan, lnb palkom itu lnb C Band, kalau yang Ninmedia itu Ku Band

      Delete
  8. pak, kalau tidak pakai receiver tapi langsung ke tv digital apa bisa tèrima ninmedia ? saat ini tv digital saya bisa terima siaran digital dvb t2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya ga bisa gan karena beda frekuensi, tuner dvb t2 itu bisa terima siaran digital terestrial lewat antena uhf, sedangkan ninmedia melalui frekuensi ku band

      Delete
    2. maaf saya kurang lengkap kasih infonya, jadi kalau saya cuma beli lnb ku band + kabel + dish parabola tapi gak beli receiver nya bisa gak ? jadi receivernya tv digital saya, sekarang tv digital saya bisa terima siaran digital seperti gramedia tv

      Delete
    3. Menurut saya tetep ga bisa gan, karena tuner tv digital adalah dvb-t sedangkan receiver parabola adalah dvb-s..

      Delete
  9. oya gan mohon info kalau saya di Padang kota arah dis kemana ya gan, salam Nurmal

    ReplyDelete
  10. Gan saya pake receiver matrix burger s2 HD PVR, tapi kok trackingnya ga dapet siaran TV indonesia ya? Ada tapi diacak semua, gimana tuh gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. indo nya ada gan... 40 an, itu yang ada gambarnya dolar, katanya nanti pakai voucher dan cuma bisa di buka di receiver Oracle.. katanya sih gt gan

      Delete
  11. Kalau pakai bekas nexmedia bisa ga min?

    ReplyDelete
  12. Saya pakai rcver skybox A1 new, dan sdh tepat arah dish ke satelit, chinasat11 siaran yg dapat sekitar 500an, tp semua berbayar. Stlah saya cek transponder ninmedia sprti diatas kok bisa nol smntara yg lain rata2 70 80. Itu kok bisa ya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah tepat kok ga dapet signal di tp nya ninmedia ? Yang dapet signal transponder berapa gan ? Kasih contoh 2 apa 3 tp yang dapet signal.. itu 500 chanel dapet signal semua ? Bukan total chanel dari banyak satelit bawaan receiver ?

      Delete
  13. Mau tanya nih, maklum sya orang awang bnget msalah ginian, tp penasaran pingin nyoba,

    Sya punya recevier sky box dvb t2 , sya beli alat ini mau nyoba biar tv nya jd digital dengan pake antena analog, stelah sya coba ternyata hanya bisa dapet 1 chanel saja, jd sekarang gk d pke,
    Yg jd pertanyaan, apakah recevier ini bisa di gunakan untuk bisa dpet ninmedia, dengan sya membeli antene parabola?
    Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa, soalnya dvb t2 buat terestrial digital, yaitu siaran tv digital dari BTS / Tower transmisi lokal, sedangkan yang di pakai untuk parabola satelit adalah DVB S atau DVB S2

      Delete
  14. gan kalau dimataram NTB discnya hadap mana ya untuk ngelocknya n recivernya saya gunakan merk matrik burger apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arahnya tetep kebarat gan, agak ke utara sedikit, matrix burger bisa gan.. tinggal setting tp nya aja seperti di atas

      Delete
  15. Replies
    1. sama gan,, jambi masih ke barat,, semua wilayah indonesia hadapnya ke barat untuk dapetin indonesia, tinggal arahin dikit aja, pas in ke garis khatulistiwa

      Delete
  16. Admin,saya tracking satelite chinasat gk berhasil2 nih..akhir nya saya arahkan ke satelite telkom 3s tp bisa nya malam doang dan itu juga tdk ada audio nya..tlg dibantu dong masalah nya dimana.? Trims

    ReplyDelete
  17. Maaf Gan,mau tanya.yg di maksud Dish menghadap ke Barat itu,apa posisinya Dish tegak lurus?
    Maaf masih pemula Gan,mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tegak lurusnya tergantung sudut elevasinya ( lokasi agan pasang dan lokasi satelitnya ) semakin jauh satelitnya dish akan semakin turun dan semakin lurus ke barat

      Delete
  18. Gan mau tanya pasang dicsnya harus di atas genteng apa bisa di halaman saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau permanen, sebaiknya di atap saja, menghindari tersenggol oleh orang / anak anak,, tapi kalau di bawah aman, ya silahkan saja, yang penting tidak tertutup pohon / rumah di sebelah atas dan depan nya

      Delete
  19. Pak mohon info kalau di papua gimana lock nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini nih,, saya ga yakin bisa lock atau engga karena posisi ninmedia pada garis 98 Bujur timur, sedangkan papua berada pada garis bujur 150 an.. kalau mau coba gpp gan, cuma saran aja, pakai dish yang besar kalau bisa 80 cm ke atas, posisi parabola semakin di atas semakin baik... arahnya ke barat gan,,sudutnya mendatar hampir sejajar horizontal

      Delete
  20. Mas, saya sdh pakai mini parabola tanaka dengan matrixs burger s2, pertanyaan saya, kalau saya tambah lagi 1 piringan dengan lnb kuband, menghadap satelit lain diskq 4:1, bisakah? ( 2 antena, 1 reciver )

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja gan.. tinggal atur aja nanti yang ninmedia pakai diseq berapa yang satunya pakai diseq berapa

      Delete
  21. Mau tanya gan, solusi ga dpt sinyal gmna ya, nol terus padahal arah dish sudah di semua arah, settingan receiver di ceck ulang ulang gada yg salah,,mohon penerahanya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek ke temen / tetangga yang pasang ninmedia gan,, pasang receiver agan ditemen agan,, kalu bisa,, setingan udah bener,, kalau ga bisa berarti ada setingan yang salah.,.. atau coba pointing / cari sinyal pakai receiver ninmedia temen agan

      Delete
  22. Trima kasih tutornya gan, hari ini sy bisa pasang n setting sendiri ke ninmedia, stlh lbh 7 thn selalu pakai tv berbayar yg lama2 bosen acaranya itu2 mulu a dan pemborosan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah ini nih yang saya mau,,, kita sama sama belajar sekaligus praktek disini,, nambah ilmu, nambah pengalaman

      Delete
  23. Maaf gan nanya masih pemula saya lokasi dumai..riau...untuk arah parabolanya menghadap kemana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya sama aja gan ke barat sampai barat laut,, yang penting setting frekuensi polarisasi sama symbol rate nya bener

      Delete
  24. saya coba cari tracking ninmedia, ku band matrix, dish pake bekas indov**, dapat sinyal 98% tapi qualitynya nol%, kenapa ya?? Mohon pencerahannya.
    LNB Frequency : 9750/10600
    Transponder : 12500/43199/V
    22Khz : Auto
    12V : Off
    LNB Power : On
    Receivernya : Kaonsat Imax 899-HD

    ReplyDelete
  25. Gan klo beli perlengapanya d mana ya klo d bandung..
    Saya mau coba pasang. Klo hasil nya bagus. Saya maubosniskan

    ReplyDelete
  26. Saya dah dapat gambarnya gan tp audionya gak keluar gimana solusinya, oh ya saya pake resiver orange tv

    ReplyDelete
  27. Saya dapat gambarnya gan tp audionya gak keluar alias bisu gimama solusinya gan...
    Makasih

    ReplyDelete
  28. Receiver metrix nexia 2 apa bisa utk nemedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting sudah mpeg 4 gan, sama codec audio aac.. pasti bisa

      Delete
  29. Ninmedia kl di Sulawesi Utara. Manado arah discnya kemana?
    Saya sudah punya disc Big TV yg sudah terpasang, karena sudah tidak bayar ya ngga dapat siaran lagi. Kl rx nys diganti dengan rx matrix sinemo dan di isi dengan frekuensi chinasat 11 apa langsung cling atau dirubah lagi posisi discnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. manado arahnya ke barat, agak ke selatan dikit,, ya harus di tracking ke chinasat 11 gan biar dapet siarannya.. kalau cuma di ganti transponder tapi ga di tracking ya ga bisa

      Delete
  30. Gan klo penampang dishnya cm 45cm bisa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan,, sinyalnya chinasat 11 melimpah di indonesia

      Delete
  31. mau tanya satelit terkuat untuk wilayah samarinda. dan frekensi serta tracking bagaimana y

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang fta,,cari aja Ninmedia gan,, saya sudah tulis beberapa artikel tentang ninmedia,, silahkan di baca baca dulu,,, biar paham dikit dikit..

      Delete
  32. Gan..ane baru nyoba tracking chinasat 11.
    Tp intensitas signal mentok di 63%...
    Kualitas signal mentok di 17%...
    Udah coba di puter2...naik turunin dish tp gada perubahan.
    rx pake venus cromus yg OTA.

    Mohon pencerahannya gan.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelah atasnya tertutup dahan pohon ga gan ? kalau engga, coba puter lnb nya, konektor kabel pada lnb seharusnya menghadap sebelah utara / selatan, kalau ga bisa juga, coba pindah lokasi pointing gan... saya sih belum pernah pakai receiver itu..

      Delete
  33. Bang gimanah ninmedia pake reseiver matrix burger apakah untuk sekarang ndak ada gangguan pada audio nya sperti suara ceka-cekok dan deley

    ReplyDelete
  34. Ndak ada masalah audio sperti cekak cekok suara dan delay jika ninmedia dengan rx matrix big burger

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pengen ga delay pakainya yang Oracle atau diamond world,, kalau receiver lainya sih,, gantian aja chanelnya yang cekot cekot,, dulu MNC grup,, trus TV One Antv, trus NET, sekarang ga tau chanel mana.. belum update

      Delete
  35. Ndak ada masalah audio sperti cekak cekok suara dan delay jika ninmedia dengan rx matrix big burger

    ReplyDelete
  36. Kayanya kndala di rx nya ya gan...
    Sekarang ane pk rx venus yaris..alhamdulillah lancar jaya ( intensitas 92% kualitas >80% )..
    Cuma untuk siaran diamond grup msh sering cekot2...kadang ada audio gada visual..ada visual gada audio..itu knp ya gan..?
    *disekitar Tkp memang banyak pohon2 besar karena berbatasan langsung sama kebun tetangga����

    ReplyDelete
    Replies
    1. diamond emang seperti itu gan,, kualitas gambarnya juga ga bagus kok.. ga bening dan ga halus.. memang kadang hilang,, audio ga sinkron dll,, ngatasinya pakai receiver khusus dari diamond gan.. itu juga saya alami sebelumnya, tapi saat ini sudah lancar jaya gan, ane pakai matrix burger s2 yang baru, yang audionya patah cuma avava bollywood.. tapi ga usah di pikirin gan, toh per oktober diamond sudah pindah ke SES 9, gabung sama siaran matrix garuda sepertinya.

      Delete
  37. Kalau satelit chinasat 11 gak tampil gimana ya, apa buat satelit baru, atau harusnya otomatis.tampil sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat aja gan,, ga otomatis,, kan ada opsi tambah satelit baru lewat tombol warna merah / hijau / biru

      Delete
    2. Ass.. saya mau bertanya bagaimana caranya mengembalikan daftar satelite pada receiver matrixburgerS2 yang terhapus..

      Delete
  38. Posisi saya di daerah sidikalang dairi sumut gan,saya pakai reciver tanaka7star,dan saya coba lock ke arah barat gak dapat juga tpi setelah konektor saya putar krarah jam6 dan dish ke arah selatan baru bisa lock, qo bisa gtu ya gan?,mohon pencerahan nya gan trimakasih..

    ReplyDelete
  39. Gan..NINMEDIA ini saya belum pernah dengar sama sekali.Untuk membeli nya dimana atau cara mendapatkannya Gan.Saya belum Paham.Tolong Bantulah Gan.Saya mau Pake NINMEDIA yang Gan maksud.Tapi beli nya dimana? Dan kira-kira Harga nya berapa Gan? Saya di Daerah kota MEDAN Gan

    ReplyDelete
  40. Saya pengguna baru parabola..knp kalo mlm rcti tidak bisa tayang..di layarnya bertuliskan kalo ada pembatasan hak siar

    ReplyDelete
  41. Saya baca penjelasan diatas, Ninmedia itu harus pakai lnb Ku Band. Bagaimana Kalau pakai universal lnb, jika berkenan saya mau tahu
    Apa perbedaan antara ku band dan universal lnb?
    Mohon pencerahannya gan..m.
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  42. Maaf orang awam mo tanya...
    Kalau pake parabola yg jaring gede jadul itu bisa gak gan...

    ReplyDelete
  43. ga bisa gan, pakainya parabola kecil, LNB nya yang KU Band, kalau parabola jaring itu LNB nya C band

    ReplyDelete
  44. unknown : sekarang sudah bener bener ilang gan MNC Group,, itu kebijakan masing masing stasiun TV

    ReplyDelete
  45. jupriadi : coba download olx, harusnya ada disana yang nawarin pasang nimedia untuk tiap tiap daerah

    ReplyDelete
  46. admin mau tanya, saya ada parabola indovision, terus receiver nya saya ganti receiver biasa, selanjutnya blin scan untuk mencari siaran, kira2 bisa gak gan? terimakasih

    ReplyDelete
  47. Lnb nya ganti yang ku band gan, trus puter kiri dikit ke ninmedia

    ReplyDelete
  48. Itu satelitnya hrus chinasat 11 ya gan .sya pkai stelit asiasat 3s sdh dpt sih .mhon dijwab apa prbedaannya

    ReplyDelete
  49. Unknown : Asiasat 3S ?? Yakin ?asiasat 3S itu berada di 147 derajat BT, arahnya ke timur laut .. itu asiasat3 siaranya apa aja gan ?

    ya ga harus ninmedia sih. bisa ke k vision measat, big tv, atau aora terserah..

    beda satelit beda siaran.

    ReplyDelete
  50. Kenapa di tv saya chanel nomer 1-45 tiba2 hilang, disitu termasuk ada sctv?

    ReplyDelete
  51. Kebijakan pergantian chanel ada di pihak pengelola ninmedia, kita sebagai user hanya bisa menikmati apa yang di siarkan, coba di scan ulang / blind scan

    ReplyDelete
  52. Makasih banyak pak ilmunya cuman modal aplikasi kompas dipasin arah 330 lansung dapet sinyalnya #areajogja

    ReplyDelete
  53. Sering gagal sob, sudah kali ngelocknya area Kalteng. Geser sedikit saja udah ilang. Pas ada angin musti mutar lagi.

    ReplyDelete
  54. Unrang : pakai dish berapa cm ? Kalau pakai 60 cm lebih bagus,sinyalnya lebih stabil

    ReplyDelete
  55. Skybok ngk bisa ya untuk siaran indosiar, rcti, global di nin media. Mohon bantuan nya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ga bisa sekarang, bisanya ke ses 9 pakai receiver nex parabola

      Delete
  56. Pak, udah 2 hari tv nasional kok hilang semua d nonmedis

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa baca disini updatenya gan http://www.siaransatelit.com/2020/05/update-resmi-ninmedia-mei-2020.html

      Delete
  57. Saya punya parabola bekas bigtv yg sdh TDK aktif apa saja yg dibutuhkan biar bisa menangkap siaran seperti ninmedia

    ReplyDelete
  58. saya pakai rcv tanaka 7star, kok banyak siaran yang gak dapet, mulai dari indosiar, sctv, mnctv,rcti, global, mohon bantuannya admin gimana caranya biar nampak semua

    ReplyDelete