Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Daftar tracking Ku Band Satelit Beam Indonesia dengan Parabola mini

Daftar tracking Ku Band Satelit Beam Indonesia dengan Parabola mini. Siaran satelit akan memperbaharui daftar Ku Band satelit yang dapat di track menggunakan dish parabola mini ( kurang dari 120 cm ) dari wilayah indonesia. Memang cukup banyak sebenarnya satelit yang dapat di track menggunakan parabola mini ( Ku Band ) ini.


Dengan di dukung signal frekuensi yang kuat, maka kita bisa lock frekuensi tersebut dengan cukup mudah, hanya menggunakan parabola mini, bisa juga menggunakan dish ex tv berbayar. Disini Siaran Satelit tidak menganjurkan anda untuk memakai dish parabola bekas tv berbayar anda kecuali yang sudah menjadi hak milik anda, karena perangkat tersebut sejatinya adalah milik provider tv berbayar tersebut.

Ada baiknya anda membeli perangkat yang memang di jual untuk umum. 

Update :


Kelebihan dan Kekurangan Parabola Mini

Pada umumnya frekuensi Ku Band satelit di bagi menjadi beberapa Beam Regional, dimana di dalamnya berisi beberapa transponder, yang tiap transponder nya dapat berisi maksimal sekitar 40 an chanel tv. Seperti Measat 3 A, dimana terdapat Beam Malaysia untuk TV berbayar Astro, dan Beam Indonesia untuk TV Berbayar K Vision.

Beam Malaysia tersebut masih bisa kita track jika posisi kita masih berada di sumatera bagian utara, tetapi bagi saya yang berada di jogja, saya hanya mendapatkan signal quality sebesar 42 % dengan menggunakan dish 80 cm ex tv berbayar. Begitupun sebaliknya, dikarenakan Beam Regional lebih di utamakan.    

Baca  juga :


Daftar Frekuensi terkuat tracking satelit C Band


tracking-parabola-mini

Namun tentu saja hal tersebut tidak membatasi para modifikator dan tracker dunia per-satelite-an untuk mencoba gagasan gagasan baru agar Ku Band satelite tersebut dapat di track dari luar Beam Regionalnya, seperti menggunakan dish yang lebih besar misalnya.


Walaupun sejatinya, Frekuensi Ku Band satelit ini dapat dengan mudah di track menggunakan dish parabola mini dengan ukuran 60 - 80 cm saja, dengan catatan wilayah tracking kita masuk dalam beam regional satelit tersebut. Nah satelit apa saja yang masuk dalam kriteria tersebut, mari kita bahas bersama sama :

Satelite ABS 2 ( Ku Band )


Satelit ABS 2 mengorbit di 75 E. Bagi kita yang berada di wilayah Indonesia, posisi satelit tersebut berada di wilayah sebelah barat, sehingga otomatis dish parabola kita juga kita hadapkan ke arah barat. SMV TV yang saat ini bernaung di Satelit ABS 2 dengan Beam Indonesia.


baca Juga :

Cara Mendapatkan siaran SMV TV secara Gratis

Kurang lebih terdapat  40 an channel lokal Nasional dan ada beberapa channel premium, yang rencananya nya hanya bisa di buka menggunakan receiver tertentu saja.

Satelit Measat 3A ( Ku Band )


Satelit Measat 3A ini mengorbit pada garis bujur timur dengan posisi 91,5 derajat ( kurang lebih di sebelah barat Aceh ). Arah dish parabola kita sama persis dengan Centrin TV, dengan K Vision, dengan Astro Malaysia hanya saja Astro malaysia signalnya kecil karena hanya untuk Beam Malaysia saja.


Untuk Beam Indonesia, K Vision adalah stasiun TV berbayar yang menempati satelit Measat 3 A ini. Jadi tidak ada chanel FTA di satelit ini.

Baca Juga :

Kumpulan Kode Bisskey Measat

Measat 3B


Satelit Measat 3B ini posisinya sama persis dengan satelit measat 3A yaitu mengorbit pada 91,5 derajat bujur timur. Dengan satu dish untuk tracking, anda akan otomatis mendapatkan kedua satelit tersebut dengan blind sca. Tv Berbayar Transvision ( dulu Telkomvision lah yang sekarang menempati Satelit Measat 3B dengan Beam Indonesia ini.


NSS 6


Satelit NSS 6 adalah satelit selanjutnya yang saat ini mengorbit pada posisi 95 derajat bujur timur. Namun yang sangat disayangkan dari satelit NSS 6 ini adalah, berkurangnya jumlah channel yang bernaung di satelit NSS 6 ini, saat ini hanya tinggal beberapa chanel saja yng mengudara, dan mungkin akan menghilang juga seiring berjalannya waktu.


Ada kemungkinan CGNTV yang dapat di track dengan cukup mudah. Dish parabola menghadap kebarat untuk track satelit ini, agak bergeser ke kanan dari orbit Measat 3A.


parabola-mini-ku-band


Chinasat 11 Ku Band

Satelit Chinasat 11 mengorbit pada 98 derajat bujur timur. Satelit yang cukup populer belakangan ini bagi para pecinta ku band, di karenakan menghadirkan chanel chanel yang lumayan komplit dan variatif, yang semuanya FTA alias gratis tis.. Total terdapat kurang lebih 46 chanel lokal nasional yang menempati transponder 12500 V 43200 di chinasat 11 ini. Susunan chanel kadang berubah sesuai kebijakan pihak pengelola transponder tersebut.

Baca Juga :

Cara Tracking Ninmedia terbaru 

Oh ya sedikit info saja, tadinya MNC Group masuk di satelit ini, tetapi mulai sekitar lebaran 2016, MNC Group mulai menghilang dari peredaran. Untuk wilayah sekitar Aceh, posisi dish menghadap ke arah timur, selain wilayah itu posisi dish menghadap ke sebelah barat untuk tracking dari sebagian besar wilayah indonesia yang lain. 
SES 9

Satelit Ses 9 berada di orbit 108,2 derajat bujur timur, anggap saja berada di wilayah sekitar kalimantan barat. Untuk tracker dari wilayah jawa tengah ke timur, dish parabola menghadap ke barat, sedangkan mulai jawa barat ke barat, dish parabola menghadap ke timur.

Transponder terkuatnya adalah 11921 V 45000.

Admin Siaran Satelit sendiri berada di posisi 110 derajat Bujur timur / Yogyakarta, sehingga tracking menghadap ke utara, serong ke barat sedikit.

Satelit SES 9 ini ditempati oleh TV Desa serta termasuk beberapa chanel test, yang diantaranya adalah  MNC Group. Menurut kabar yang beredar, nantinya akan menjadi FREE VIEW TV namun memerlukan receiver tertentu untuk membuka chanelnya, sementara ini masih FTA alias gratis.

Baca juga : 


Cara Mudah Menambahkan MNC Group pada parabola NINMEDIA dengan LNB KU Band Tambahan

Frekuensi dan Transponder Chanel Premium di SES 9


Satelit Palapa D menempati orbit pada 113 derajat bujur timur. Untuk tracker di sebelah barat surabaya, posisi dish parabola menghadap ke timur, sedangkan untuk tracker di sebelah timur surabaya, dish parabola menghadap ke barat. Saat ini Satelit Palapa D ku band di di tempati oleh stasiun Tv berbayar Orange TV.


Thaicom 4


Satelit Thaicom 4 menempati orbit pada 119,5 derajat bujur timur. Untuk tracker dari wilayah Sulawesi ke barat, dish parabola menghadap ke arah timur dan dan untuk tracker dari wilayah Sulawesi ke timur, dish parabola menghadap ke arah barat. Saat ini di Satelit Thaicom 4 Ku band bernaung FTV Aora dimana di dalamya terdapat beberapa channel nasional. Iya, ini AORA yang dulu menempati Measat 3 A ketika saat itu masih menjadi Stasiun TV Berbayar bersama Centrin TV.

Baca Juga :

Chanel TV AORA TV Gratis Se Indonesia

JCSat 4B


Satelit JCSat 4B mengorbit pada posisi 124 derajat bujur timur.Untuk Tracker dari wilayah NTT ke barat, posisi dish parabola menghadap ke arah timur, sebaliknyauntuk tracker dari wilayah NTT ke timur, dish parabola menghadap ke arah barat. Saat ini Satelit JCSAT 4B, di tempati oleh BIG TV salah satu TV berlangganan yang masih eksis mengudara. Hanya ada satu yang FTA di satelit JCSAT 4B ini, yaitu chanel Berita Satu. 

Baca Juga :

Gratis Chanel TV Nasional Big Tv di satelit JCSAT 4B 

BIG TV Berhenti Beroperasi Per 31 Mei 2020

Diatas tadi adalah daftar Ku Band satelit yang dapat di track dari wilayah indonesia dengan menggunakan dish parabola mini. Jika anda mempunyai dish besar minimal 6 ft solid dengan LNB prime fokus bagus, anda dapat tracking ke satelit Thaicom 8, Koreasat 5, Intelsat 19, Optus dan lain lain, namun jika anda hanya mempunyai parabola mini bekas pay TV saja, anda bisa mencoba tracking beberapa ku band satelit beam Indonesia yang sudah Siaran Satelit review di atas untuk melatih kemampuan kita dalam hal insting dalam tracking.

31 comments:

  1. Kalo dari kota Bandung (Jabar) untuk dapat lock satellite Chinasat 11 (Ninmedia) dish parabola LNB KuBand-nya harus ke arah mana Gan..? thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. arahnya masih sama dengan jogja gan, ke arah barat agak keutara sedikit

      Delete
  2. Boss mau tanya. Apakah kalo pake digital bukan bawaan tx prabayar apakah digitalnya harus di seting lagi. Seperti daya LNB. Dan lainnya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang perlu di setting biasanya Frekuensi, polarisari serta symbol rate nya, jika pengaturan lnb kebanyakan sama, 22K Off lnb auto / on

      Delete
  3. gan mau tanya ni klo intuk palapa d, di tangerang banten dish menghadap kmn ya

    ReplyDelete
  4. untuk wilayah sumatra riau arah dis sebelah mana master

    ReplyDelete
  5. Bekas reiceve tranvision nankap siaran FTA gan...trims

    ReplyDelete
  6. kalo pakai lnb ku band bekas tv bebayar bisa ngk gan buat satelit cinasat 11

    ReplyDelete
  7. Gan kenapa gue pakai sinyal chinasat 11 tp 12500 v 43200 tdk dapat sinyal tp malah tp 11500 v 12675 yg dpt tp hanya 8 chanel n apa masalahnya ya makash

    ReplyDelete
    Replies
    1. chanelnya apa gan ? kok saya baru nemu ?

      ninmedia nya di ganti transpondernya 12499 V 43199 coba gan..
      beberapa receiver memang kadang selisih 1 nginputnya

      Delete
  8. Palapa d apa bisa di pake di ninmedia gan? Apa gratis untk siaran'a gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa boss,, ninmedi pakai dish kecil dan arahnya ke chinasat 11

      Delete
  9. Gan thaicom 4 ku band area Ciamis Jabar arah Diah ke mana matursuwun

    ReplyDelete
  10. thaicom 4 itu di 119,5 Bujur Timur gan, arahnya ke sekitar kota samarinda di kalimantan. ada apa gan di thaincom 4 ku band ? malah jadi penasaran saya

    ReplyDelete
  11. Klo satelit ses9 arah dish nya arah mana gan,sumatra utara

    ReplyDelete
  12. Posisi di Bekasi berencana akan repointing dari Chinasat 11 ke Asiast 9. Apakah hanya memutar arah dari Barat ke Timur tanpa ubah elevasi, mengingat elevasi Chinasat 11 tidak jauh berbeda dengan Asiasat 9. Satu hal lagi, di sebelah Timur (Asiasat 9) ada bangunan tinggi, tapi elevasi offset Asiasat 9 sepertinya line-of-sight. Apakah memungkinkan untuk menerima sinyalnya ? Teirma kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarak dari chinasat 98* ke bekasi 106* = 8 derajat, jarak bekasi ke asiasat 9 121* = 15 derajat,

      Sehingga posisi elevasi antena sedikit lebih turun dari saat ini,,

      Harusnya masih aman sih gan soalnya kan satelitnya di atas, di coba aja gan, nanti di sampaikan di sini hasilnya

      Delete
  13. Bang kira-kira berapa ukuran dish parabola mini untuk daerah Jawa timur
    Krn katanya setiap daerah butuh ujuran yg ber beda²

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukuran 45 cm pun masih bisa nngkap sinyal, cuma mungkin pointingnya agak susah, kalau mau yg lebih gampang, pakai yg ukuran 60 atau 80 cm saja

      Delete
  14. Slmt pagi gan aduh maaf ni gan,sy dr jam 2 dini hari treking satelit thakom 5,6,8 pake payung mini bekas aura tv lokasi dijakarta msh blm dpt sinyal sama skli,tlong info nya bng gmn solusi nya untuk satelit tersebut i nfo ya gan trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah anda becanda gan, ya susah kalau cuma pakai dish aora, ga bisa dapet, soalnya sinyal dari thaicom outbeam di indonesia, kalau anda pakai parabola solid 6 ft dan lnb fokus baru bisa dapet, saya juga pakai itu soalnya

      Delete
  15. Maaf gan apakah RX goldsat Lily bisa pakai lnb kuband?

    ReplyDelete
  16. Kira-kira bisa tidak master make reciver mattix DVB T2 dan parabolanya mini Nex parabola?

    ReplyDelete
    Replies
    1. DVB T2 itu untuk menangkap tv digital pak, kalau untuk menangkap tv satelit ( yang pakai parabola ) pakainya DVB S2

      Delete
  17. Satelit apa bos yg bisa dpt semua siaran lokal termasuk mnc

    ReplyDelete