Cara Menjernihkan TV Tanpa Antena

Cara menjernihkan tv tanpa antena. Siapa sih diantara kita yang tidak ingin menonton siaran tv yang jernih, yang tidak ada semutnya. namun sebelum membahas hal tersebut lebih detail, kita harus mengetahui dulu faktor faktor yang mempengaruhi kejernihan siaran tv.

Faktor yang pertama adalah letak BTS Stasiun tv. Letak pemancar ini sangat berpengaruh dengan kejernihan siaran televisi kita. Semakin dekat jaraknya, semakin jernih siaran tv kita. begitu juga sebaliknya, semakin jauh lokasi kita dengan BTS Stasiun TV, semakin lemah power yang diterima televisi kita, akibatnya tv kita menjadi kurang jernih. 

Faktor yang kedua adalah ada atau tidaknya penghalang antara BTS Stasiun Tv dengan lokasi rumah kita. Walaupun jaraknya dekat, tetapi jika lokasi rumah kita ( dlam garis lurus ) tertutup oleh semacam bukit, atau gedung gedung bertingkat sama saja lokasi kita menjadi titik blankspot, tidak ada sinyal dari BTS yang sampai di rumah kita.


Kemudian Faktor yang ketiga adalah tingkat kualitas dan sensitifitas perangkat penerima sinyal analog di rumah kita, yaitu antena dan tuner televisi. Yang paling mudah adalah dengan menempatkan antena di tempat yang bebas gangguan ke arah BTS Stasiun TV. 

Setelah mengetahui faktor faktor yang mempengaruhi tingkat kejernihan siaran televisi di atas lalu bagaimana cara menjernihkan siaran televisi dengan antena ? Jangan khawatir, mari kita bahas satu persatu.

Cara pertama adalah dengan pemilihan perangkat antena yang bagus. Antena yang bagus tentu saja kualitasnya bisa diandalkan dalam menerima sinyal analog. Beberapa merk sudah familiar dengan kita, jika kita akan membeli antena televisi. Bentuk antena televisi apakah mirip dengan parabola, atau yang banyak sirip yang paling baik ? Menurut saya sih kedua duanya baik, tapi selama ini saya menggunakan antena televisi yang banyak siripnya. 

Cara Menjernihkan TV Tanpa Antena


Cara kedua dengan menempatkan antena di luar rumah. Ketinggian antena juga berpengaruh, jika anda tinggal di kota kota besar, cukup pakai tiang satu atau dua meter diatas genteng ( kadang dipasang di dalam rumah pun tv sudah jernih ), namun jika anda berada jauh di daerah pinggiran atau jauh dari menara BTS Stasiun TV, ada baiknya anda memasang antena dengan tiang yang tinggi. 

Pastikan arah antena anda tidak terhalang gedung gedung bertingkat dan atau perbukitan ke arah menara BTS Stasiun TV. Semakin arahnya bebas dari gangguan, semakin jernih siaran televisinya.

Kemudian cara selanjutnya adalah memakai boster antena jika diperlukan. Jika anda sudah memasang antena cukup tinggi, namun siaran tv anda belumlah jernih, silahkan pasang boster antena. Boster ini berfungsi menguatkan sinyal analog yang diterima oleh antena sebelum di salurkan ke pesawat televisi. 

Pada beberapa kasus tertentu, kualitas kabel coaxial / kabel antena juga berpengaruh. Pilihlah kabel yang Inner tembaganya tebal, jangan memakai kabel warna biru yang inner tembaganya kecil dan serabut yang tipis serta mudah patah. 

Dari pembahasan diatas kita mengetahui cara menjernihkan siaran tv yang menggunakan antena. Lalu bagaimana cara menjernihkan siaran tv tanpa antena, apakah hal tersebut bisa ?

Jawabanya adalah BISA, caranya ada dua. Yang pertama menggunakan antena parabola. Walaupun tetap menggunakan antena, antena yang kita pakai disini adalah antena parabola. Banyak ragam antena parabola yang bisa kita gunakan, mulai dari antena parabola mini, antena parabola jaring, siaran tv yang gratis, atau siaran tv berlangganan berbayar bisa kita pilih sesuai keinginan kita. 

Teknologi penyiaran melalui satelit yang berkembang sampai saat ini, memungkinkan anda untuk dapat menyaksikan siaran parabola tv satelit dengan kualitas HD. Walaupun masih banyak juga chanel yang ditransmisikan dengan kualitas SD. Namun anda tak terlu risau, siaran parabola tv satelit dijamin jernih dan bersih, bebas dari segala macam gangguan semut, gambar blur, ghosting, miring, dan lain lain. 

Sedangkan yang kedua adalah dengan berlangganan Internet TV. Anda dapat menyaksikan televisi melalui kanal internet, yang biasanya di bundling oleh penyedia layanan internet tersebut. Biasanya paket bandwith yang tersedia sudah cukup untuk menyaksikan siaran Full HD 1080p, sehingga tak diragukan lagi kejernihan gambarnya. 


Siaran TV yang jernih merupakan hal yang di inginkan setiap orang. Beberapa cara dan faktor faktor yang mempengaruhi kejernihan siaran tv sudah kita uraikan di atas. Selanjutnya anda sendiri yang menentukan, cara mana yang akan anda pakai kemudian. Semoga bermanfaat. 
Previous
Next Post »