Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mencari Sinyal Tiviplus di Asiasat 9

Banyak pertanyaan kepada saya beberapa hari terakhir dari rekan rekan yang kesulitan dalam upaya tracking satelit asiasat 9 untuk mencari sinyal dari Tiviplus. Memang semenjak Ninmedia menghilang dari dunia penyiaran Tiviplus menjadi salah satu incaran pecinta parabola mini. Oleh sebab itu, kali ini akan kita bahas mengenai cara tracking sinyal Tiviplus di satelit Asiasat 9.

Sebenarnya cara tracking Tiviplus tidak jauh bebeda dengan tracking menggunakan parabola mini lainya. Hanya saja anda harus mengetahui posisi satelit Asiasat 9 ku band ini. Jika Satelit Ninmedia Chinasat 11 berada di atas perairan sebelah selatan pulau nias, maka Tiviplus yang menyewa transponder Satelit Asiasat 9 yang berada di sekitar kota Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. 

Setelah anda memperkirakan arah parabola mini berdasarkan lokasi satelit Asiasat 9 pada paragraf sebelumnya, sekarang anda bisa membandingkan posisi Satelit Chinasat 11 Ninmedia, Satelit Asiasat 9 dan lokasi anda saat ini. Bisa jadi antena parabola yang tadinya menghadap ke barat ketika mengarah ke ninmedia, kemudian anda harus memutar ke arah timur laut untuk mendapatkan sinyal dari Tiviplus.
c
Namun bagi anda yang berdomisili di sekitar indonesia timur, bisa jadi arah parabola anda tidak banyak berubah, hanya menyesuaikan elevasi dan geser sedikit saja. Oleh karena ini anda harus bener bener memahami posisi lokasi anda dan lokasi satelit Asiasat 9 tempat Tiviplus berada.

Perhatikan gambar berikut :

Cara Mencari Sinyal Tiviplus di Asiasat 9
Posisi Satelit Ninmedia, Garmedia dan TiviPlus

Perlu diketahui juga jika signal beam asiasat 9 yang terkuat meliputi Pulau Jawa, Bali Nusa Tenggara dan Pulau Sumatera. Untuk anda yang berlokasi di daerah tersebut anda bisa menggunakan dish parabola mini berukuran 45 cm atau 60 cm. Sedangkan untuk wilayah yang diluar area tersebut, disarankan untuk menggunakan dish parabola mini berukuran 80 cm, agar signal lebih stabil dan lebih gampang trackingnya.

Cara Tracking Sinyal TiviPlus

Persiapkan alat yang dibutuhkan untuk tracking satelit asiasat 9 terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan televisi kecil untuk memonitor sinyal dari satelit atau menggunakan receiver dengan LCD Signal Bar. Selain itu anda juga bisa menempatkan Televisi di bawah, jika di dekat antena tidak memungkinkan, bisa juga meminta tolong orang lain untuk memonitor sinyal jika diperlukan. Kemudian lakukan langkah demi langkah dibawah ini : 

- Setting receiver parabola mini menggunakan Transponder terkuat satelit Asiasat 9, bisa cek juga dalam postingan kami sebelumnya yang berjudul Resmi : TiviPlus pengganti Ninmedia.

- Perhatikan arah antena parabola menuju satelit asiasat 9, bisa menggunakan maps, atau bisa juga menggunakan satfinder. Pastikan arah ke antenanya tidak terhalang pohon maupun bangunan lain.

- Untuk instalasi baru, pastikan tiang antena dipasang tegak lurus agar proses tracking satelit bisa lebih mudah. Untuk yang sebelumnya sudah mengarah ke ninmedia atau measat 3, kendorkan baut baut elevasi dan azimuth yang diperlukan, bila perlu berikan cairan pelumas.

- Setting posisi skew / konektor kabel pada LNB Ku Band, Jika parabola mini menghadap ke arah timur atau barat, maka konektor kabel mendatar atau horizontal, dan jika arah parabola mininya ke arah utara atau selatan, maka konektor kabel LNB Ku Band nya menghadap ke arah atas atau vertikal.

- Arahkan parabola ke satelit, bisa menggunakan satfinder atau membaca caranya lebih detail pada artikel kami sebelumnya yang berjudul cara mengarahkan antena ke satelit.

- Gerakkan parabola mini perlahan lahan saja sampai terlihat perubahan pada signal strength dan signal quality, jika signal sudah terlihat tahan posisi parabola mini sambil mengencangkan baut secara pelan pelan. Pastikan sinyal tidak hilang saat anda mengencangkan baut baut elevasi dan azimuth.

- Cek juga LNB anda, putar pelan pelan ke kiri atau ke kanan untuk mendapatkan signal yang tertinggi. kemudian tekan tombol biru untuk melakukan Blind Scan receiver anda.

Sampai disini proses tracking Tiviplus di satelit asiasat 9 sudah selesai. Mungkin ada beberapa rekan rekan yang dapat dengan mudah menemukan satelit asiasat ini, namun tidak sedikit yang kesulitan menemukan satelit ini. Berikut tips tips dalam mencari sinyal TiviPlus :

Tips Mencari Sinyal TiviPlus

JIka anda mengalami kesulitan dalam tracking Satelit asiasat 9 tersebut, terutama jika parabola mini anda tadinya mengarah ke Ninmedia atau Garmedia, anda bisa tracking tracking ke satelit terdekat dulu, jadi engga langsung ke satelit Asiasat 9. 
Yang pertama dari posisi Ninmedia, anda bisa geser antana ke arah kanan menuju ke satelit SES 9 terlebih dahulu yang berlokasi di 108 derajat bujur timur.

Yang kedua setelah menemukan satelit SES 9, anda bisa geser ke kanan parabola mini anda ke arah kanan lagi untuk menemukan satelit Thaicom 4 yang berlokasi di 119 derajat bujur timur.

Setelah menemukan satelit Thaicom 4, anda bisa menggeser parabola mini anda ke kanan sedikit saja untuk menuju ke satelit Asiasat 9 yang berlokasi di 122 derajat bujur timur.

Untuk singgah dan menemukan satelit satelit tersebut anda harus mengganti transponder ke masing masing satelit yang dituju. Kurang lebih seperti itulah tips tips untuk menemukan satelit asiasat 9 dengan mudah dan cepat. Jika tetap mengalami kesulitan, bisa tuliskan di kolom komentar di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan rekan semua, terima kasih sudah berkunjung.

No comments:

Post a Comment