Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mencari Siaran SCTV di Parabola Matrix

Cara mencari siaran SCTV di parabola matrix. Matrix menjadi salah satu produsen perangkat parabola terbesar di indonesia dan produk-produknya sudah menjadi pilihan terpercaya sebagian besar masyarakat di indonesia saat ini. Parabola Matrix juga dapat dengan mudah  ditemukan melalui berbagai dealer parabola di sekitar kita.


Baik anda sebagai pelanggan setia Parabola Matrix atau pelanggan baru, dengan berbagai varian produknya, Matrix parabola mampu menjawab keinginan masyarakat untuk mendapatkan siaran parabola tv satelit terbaik saat ini, termasuk chanel Emtek Grup yang berisi SCTV dan Indosiar.


Banyak pertanyaan yang masuk ke kami tentang bagaimana cara mencari siaran SCTV di parabola matrik, setelah chanel tersebut berpindah dari satelit Palapa D ke Satelit Telkom 4 pada bulan juli 2020 yang lalu. Satelit Palapa D memang sudah mencapai batas usia pemakaian sehingga para stasiun televisi kompak memindahkan transmisi chanel chanelnya ke satelit Telkom 4 yang menempati Slot Telkom 1 yang hilang pada tahun 2017 lalu.


Cara Mencari Siaran SCTV di Parabola Matrix
Siaran SCTV di Parabola Matrix

Cara mencari siaran SCTV di parabola matrix sebenarnya cukup mudah, baik bagi anda pengguna parabola jaring dengan satu LNB, dengan dua LNB maupun parabola mini dengan LNB Ku Band.


Untuk parabola jaring C Band, Chanel SCTV masih dapat disaksikan secara Gratis di satelit Telkom 4, sedangkan untuk parabola Mini Ku Band, siaran Gratis SCTV hanya dapat disaksikan di satelit Asiasat 9. Selain itu Siaran SCTV juga dapat di saksikan menggunakan receiver rekomendasi di Nex Parabola, Matrix Garuda, K Vision, dan SmartVision.


Mencari Siaran SCTV di parabola Jaring C Band, satu LNB maupun dua LNB


Bagi pengguna parabola jaring C Band baik satu maupun dua LNB yang sudah mengarah ke satelit Telkom 4, anda cukup menscan ulang dari receiver anda, tidak perlu mengarahkan parabola ke satelit lagi. Pada setiap receiver Menu bawaan Pabrikan bisa saja berbeda sedikit, tetapi secara garis besarnya adalah sebagai berikut :


- Tekan tombol MENU pada remote control, kemudian pilih INSTALASI

- Cari nama satelitnya TELKOM / TELKOM 4 / TELKOM 1 ini ga begitu berpengaruh, cek settingan LNB nya, pastikan angkanya 5150.


- Kemudian tekan tombol tertentu untuk memilih TRANSPONDER ( bisa tombol TP ataupun back , tergantung receiver )


- Input transponder dari Chanel SCTV di satelit Telkom 4, yaitu :


Frekuensi : 4005

Polarisasi : H ( Horizontal )

Symbol Rate : 9000


untuk chanel SCTV dengan format penyiaran Mpeg2, sedangkan untuk format Mpeg4 sebagai berikut :


Frekuensi : 4121

Polarisasi : H ( Horizontal )

Symbol Rate : 12250


Setelah anda masukkan transponder tersebut, kemudian check sinyalnya sekarang, jika sinyal sudah muncul maka saatnya anda scan transponder tersebut, atau bisa juga anda Blind scan untuk memunculkan semua chanel yang ada di satelit Telkom 4.


Tracking mencari siaran SCTV di Parabola Matrix


JIka pada paragraf sebelumnya anda sudah mencoba memasukkan transponder namun sinyal belum muncul, maka anda perlu merubah sedikit arah parabolanya agar tepat di satelit telkom 4. Untuk mencari satelit Telkom 4, akan lebih mudah menggunakan Transponder terkuat Satelit Telkom 4.


Setelah Transponder tersebut diinput ke dalam setingan receiver seperti cara sebelumnya, saatnya merubah arah parabolanya. Sebelum mengendurkan bautnya, pastikan anda menandai posisi awal parabola dengan ballpoint atau spidol permanen.


Lalu kendurkan baut elevasi agar parabola bisa bergerak ke timur dan kebarat, geser pelan pelan parabola ke arah barat sambil perhatikan sinyal yang muncul pada receiver atau televisi anda. Setelah sinyal muncul anda bisa mengencangkan pelan pelan sambil mencari sinyal maksimalnya.


Setelah dipastikan kencang, agar aman dari tiupan angin, anda bisa blind scan transponder  SCTV atau keseluruhan transponder di satelit tersebut. Dan Chanel SCTV sudah dapat dipastikan tampil. 

Cara Mencari Siaran SCTV di Parabola Mini Matrix

Bagi pengguna parabola mini yang harus menggunakan receiver rekomendasi, semua sudah pernah kami tuliskan pada artikel artikel sebagai berikut :

- Frekuensi dan Chanel terbaru Nex Parabola di Satelit SES 9

- Frekuensi dan Transponder Garmedia K Vision di satelit Measat 3A

- Siaran SmartVision Gratis dengan Receiver MMP Raja Ampat

- Cara mencari sinyal Tiviplus di Asiasat 9


Silahkan tinggalkan komentar dibawah ini jika anda sudah berhasil atau masih kebingungan dalam mencari siaran SCTV di parabola matrix baik melalui parabola Jaring C Band maupun Parabola Mini Ku Band. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca setia siaran satelit. Terima kasih sudah berkenan mampir di website kami, Salam.

No comments:

Post a Comment