Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix yang Hilang

Parabola Matrix menjadi salah satu pilihan banyak keluarga di indonesia untuk menikmati siaran tv berlangganan dengan chanel yang beragam dan hargayang terjangkau.


Problematika umum yang sering di hadapi adalah Sinyal parabola matrix yang sering hilang hilang. Lalu bagaimana cara mengatasi permasalahan parabola matrix yang sering hilang, kita bahas selengkapnya dibawah ini.


Penyebab Sinyal Parabola Matrix sering hilang


Ada beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan sinyal parabola matrix anda sering hilang secara tiba tiba. Penyebab yang pertama adalah pemasangan konektor yang tidak sesuai. Pemasangan konektor yang tidak pas atau tidak kencang dapat menyebabkan pengiriman sinyal dari LNB ke receiver menjadi terputus putus. Baik pada konektor yang menghubungkan kabel dengan LNB atau kabel dengan Receiver harus terpasang dengan benar.


Baca Juga :

Cara Menyambung Kabel Antena dan Konektor


Pastikan juga tidak ada serabut ground yang menempel pada inner tembaga, hal ini jika dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan pada LNB atau bahkan Receiver Matrix anda kan menjadi Hang dan Rusak. Konektor di sisi LNB juga harus terlindung dari kemungkinan kemasukan air hujan, anda bisa menutup konektor menggunakan isolasi listrik dan juga isolator khusus seperti gambar di bawah ini :


Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix yang Hilang
Pelindung konektor

Penyebab kedua sinyal parabola Matrix sering hilang, bisa terjadi karena posisi antena dan LNB tidak dibaut dengan kencang, berubah posisi karena terkena angin. Seperti kita ketahui dalam pemasangan parabola sebaiknya jika sudah menemukan sinyal maksimal, baut baut pada parabola harus di kencangkan secara maksimal untuk mengantisipasi jika terjadi hujan angin atau parabola tersenggol oleh sesuatu.


Penyebab selanjutnya yang ketiga, perhatikan parabola anda pada bagian depan dan atas parabola. Apakah arah parabola ke satelit tertutup dahan atau pohon, bisa jadi malah terhalang bangunan rumah tetangga. Pada saat instalasi biasanya kita pilihkan lokasi yang lapang dan tidak banyak pepohonan serta arah ke satelit bebas gangguan. Namun bisa saja setelah beberapa lama, pohon disekitarnya tumbuh menjulang dan menutup sebagian parabola sehingga sinyalnya berkurang atau bahkan hilang sama sekali.


Dan penyebab yang terakhir adalah kerusakan pada LNB atau receiver parabola anda. Yang namanya perangkat elektronik lama lama akan rusak juga, jika beruntung maka peralatan elektronik anda akan bertahan lama, namun jika anda kurang beruntung receiver atau LNB parabola anda bisa saja rusak setelah beberapa lama anda beli.


Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix yang Hilang


Untuk mencari sinyal parabola matrix yang hilang caranya dibagi menjadi dua, yaitu untuk pengguna parabola mini dan untuk pengguna parabola jaring. Untuk parabola mini, antena di arahkan ke satelit SES 9 di posisi 108.2 BT dengan transponder 11101 V 45000 sedangkan untuk parabola jaring, antena diarahkan ke satelit Telkom 4 di 108 BT dengan transponder 3900 V 29800. Berikut lokasi satelit SES 9 dan telkom 4 :


Cara Mencari Sinyal Parabola Matrix yang Hilang
Lokasi Satelit Telkom 4 dan SES 9


Jika sinyal parabola matrix anda hilang, langkah pertama adalah pastikan signal intensitynya  masih ada atau hilang sama sekali, jika signal intensity masih ada, berarti LNB masih normal dan receiver juga normal, kemungkinan terjadi pergeseran pada arah antena parabola anda atau receiver anda error. 


Namun jika signal intensity hilang sama sekali, cek konektor yang ke LNB dan ke receiver, jika pemasangan konektor masih baik dan tidak ada indikasi short / konslet dan kabel tidak ada yang terputus, maka kemungkinan besar LNB anda yang rusak.


Jika parabola bergeser, anda harus mengarahkan parabola ke satelit seperti semula, anda dapat menggunakan alat yang bernama Satfinder untuk mempermudah menemukan satelit yang di cari. Masukkan dulu transpondernya, kemudian arahkan ke satelit SES 9 untuk parabola mini dan satelit Telkom 4 untuk parabola jaring. Lalu arahkan antena ke satelit yang dituju perlahan lahan, sampai menemukan sinyal dari transponder tersebut.


Setelah anda menemukan sinyal transponder tersebut, kencangkan bautnya pelan pelan sambil anda memaksimalkan sinyal di receiver matrix anda. Setelah ditemukan sinyal maksimalnya, kencangkan antena dengan benar, pastikan tidak goyang dan berubah walau terkena hujan dan angin. Lalu scan transponder tersebut untuk memunculkan kembali chanel chanel dari siaran parabola matrix.


Sampai disini proses mencari sinyal parabola matrix yang hilang sudah selesai. Jika anda mengalami kesulitan dalam tracking parabola matrix, anda dapat membaca referensi artikel artikel kami berikut :

Cara Memprogram Parabola 

Cara Memperkuat Sinyal Parabola yang Lemah 

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Timbul saat Malam 

Cara memasang dan Mencari Sinyal Parabola

Cara Mengembalikan Chanel Parabola yang Hilang

No comments:

Post a Comment