Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Pasang Set Top Box TV Digital Berbagai Merk

Set Top Box Tv digital adalah perangkat tambahan untuk menyaksikan siaran TV digital pada pesawat televisi analog. Ada beberapa merk yang ada dipasaran saat ini, antara lain Skybox, Evinix, Matrix, Polytron, Xtreamer, Rinrei.


Secara Fiisiknya, Set Top Box TV Digital sangat mirip dengan receiver parabola, namun fungsinya sangat jauh berbeda. Silahkan baca artikel kami sebelumnya tentang Perbedaan Receiver Parabola dan Set Top Box Tv Digital untuk spesifikasi lengkapnya.


Cara Pasang Set Top Box TV Digital Berbagai Merk


Setelah anda melakukan pembelian Set Top Box TV Digital, ada baiknya anda juga membaca buku petunjuk yang tertera di dalamnya. Masing masing Merk pasti menyertakan buku petunjuk pemasangan dan instalasi Set Top Box tersebut.


Cara Merubah TV Tabung Analog Menjadi Tv Digital


Cara Instalasi Set Top Box TV Digital


 Perhatikan panel panel pada bagian belakang SET TOP BOX TV Digital anda, kemudian perhatikan panel panel pada bagian belakang Televisi anda, baik Televisi Tabung atau Televisi Layar datar, kira kira seperti ini panel panelnya :


Cara Pasang Set Top Box TV Digital Berbagai Merk



Perhatikan mana port ANT IN, Port Loop Out, Port Audio Video, Port HDMI, Port Switch On-Off, pada Set Top Box Tv Digital dan Panel Port Audio Video, Port HDMI, Port ANT IN Belakang Televisi anda.


TV Digital Hadir, Bagaimana Nasig Pengguna Parabola ?


* Hubungkan Antena UHF atau Antena Digital anda ke Panel ANT IN pada bagian belakang SET TOP BOX TV Digital anda.


* Hubungkan SET TOP BOX TV Digital anda ke Televisi menggunakan Kabel AV ( Audio Video ) ataupun menggunakan Kabel HDMI jika tersedia pada televisi anda.


Merubah Parabola Jadi Antena TV Digital


* Hidupkan SET TOP BOX TV DIgital anda, kemudian pilih Cari Saluran Otomatis, tunggu beberapa saat sampai proses scan selesai.


* Kemudian hasilnya akan muncul di layar televisi anda, sebelah kiri untuk siaran televisi dan sebelah kanan untuk siaran radio.


* Coba pilih salah satu Chanel Televisi Digital, Coba anda perhatikan, gambarnya terasa lebih jernih dibandingkan menggunakan ANTENA UHF yang kadang masih banyak semutnya atau berbayang.


Cara Menangkap Siaran Tv Digital dengan Receiver Parabola


ANALOG Switch OFF November 2022


Keputusan pemerintah untuk mematikan siaran tv analog dan bermigrasi ke televisi digital nampaknya mulai serius terlaksana. Hal ini terlihat dari rencana pemerintah untuk mengakhiri siaran tv analog pada november 2022, kurang lebih satu setengah tahun lagi.


Simak Video Berikut :





Saat artikel ini ditulis, Kementrian komunikasi dan Informatika telah mengumumkan pemenang seleksi Multiplexing TV Digital di 22 wilayah di seluruh Indonesia. Nantinya lembaga penyiaran Pemenang seleksi disetiap wilayah tersebut harus mengalokasikan 50% dari slot multiplexing berbasis teknologi Standart Definition ( SD ) sebagai Infrastruktur penyelenggara penyiaran atau konten diluar grup yang bersangkutan.


Cara Mendapatkan Set Top Box Tv Digital Gratis Kominfo

Dan jika penyelenggara multiplexing menggunakan teknologi High Defnition ( HD ), maka pemenang dapat melakukan penyesuaian penggunaan teknologi tersebut.


Perlahan tapi pasti industri pertelevisian juga cepat merespon dan bersiap siap dengan aturan baru ini. Televisi keluaran model terbaru mulai menambahkan fitur DVB T2 atau Digital Video Broadcasting Terrestrial versi kedua, atau disebut juga Tuner TV Digital. Jadi untuk televisi model terbaru tidak memerlukan pembelian Set Top Box Tv Digital seharga 300 ribuan.


Jangan Beli Set Top Box TV Digital Sebelum Cek Hal Ini


Apakah nantinya akan ada bantuan Set Top Box gratis dari pemerintah seperti beberapa tahun lalu ketika ada bantuan Gas 3 KG dan Kompor Gas pada saat migrasi dari Minyak tanah ke Gas 3 KG ? Kita nantikan saja.


Cara pasang tv digital

cara pasang stb digital

cara memasang receiver tv digital

cara instalasi tv digital

STB DVB T2 TV Digital

Harga TV Digital

Merk Tv Digital

Set Top Box Murah

Set Top Box TV Digital Murah

19 comments:

  1. apa pemerintah melalui kominfo sudah menyiapkan menara pemancar secara merata diseluruh indonesia. agar bisa menangkap sinyal digital. sementara siaran tv analog akan segera off forever. kalau tidak salah mulai bulan agustus 2021. saya domisili kota bogor, pas pakai dvb t2 cuma dapat chanel tvri semua. tidak menjangkau menara pemancar stasiun tv lain. bagaimana ini ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya yang menyiapkan pemancar tv digital ya stasiun tv itu sendiri sobat, saya di jogja sudah ada 22 chanel tv digital ( ada 5 tvri ), sudah coba di scan ulang? Masa di bogor cuma ada tvri ya?

      Delete
  2. Replies
    1. bisa tanya ke temen atau sodara yang sudah pakai TV LED terbaru sobat

      Delete
  3. Assalamualaikum wr.wb
    Bagaimana cra mendapatkan atau membeli tv digital saya ingin mencoba nya. Domisili saya dari sukabumi

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda bisa membeli TV LED terbaru yang didalamnya sudah terpasang Tuner TV Digital ( tanya ke penjualnya, bisa tv digital belum ) kalau anda punya uang lebih, kalau mau lebih ngirit, bisa beli DVB T2 Matrix apple, hanya sekitar 220 ribu saja

      Delete
  4. Replies
    1. mantap sekali sobat, untuk daerah lain bisa bagi bagi info juga disini, udah ada berapa chanel disana. trims

      Delete
  5. mau nanya, channel TV belum semua digital sebagian masih analog. saya sudah pasang STB tp yg analog tidak dapat dilihat kecuali kabel antena dilepas dr STB kemudian dicolok ke TV kembali. apakah memang seperti itu untuk melihat siaran tv yang masih analog? ataukah ada cara lain supaya tidak main lepas dan colok kabel antena.

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antena digital biasanya sudah pakai booster dan bisa dua output, saya pernah punya merk toyosaki dan merk intra bisa dua output

      Delete
  6. Antena UHF biasanya pakai booster bawah, apakah masih digunakan dalam intalasi set top box???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiknya sih pakai antena tv digital, tapi coba dulu saja, kalau di scan muncul banyak engga chanel digitalnya, atau tvri saja

      Delete
  7. Saya coba pake set box tapi yang keluar hanya 5 chanel.. TVRI, MNC, RCTI, inews, gtv.. Kenapa yang lain ga bisa ke tangkap ya..? Saya di daerah kebumen.

    ReplyDelete
  8. Ditempat sy kab Rembang Jateng cuma bisa dpt tvri semua ada 5 chanel sedangkan infonya kab Rembang sdh resmi memakai siaran tv digital. Sy jg sdh beli STB yg lumayan mahal 250 rb .semua rasanya percuma jg buang2 uang saja. PEMBOROSAN...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak pakai antena apa pak? Saya pakai antena tv digital ( yg ada boosternya ) merk toyosaki,pernah juga beli merk aoki yg harganya 100 rb. Kemarin ada di blog ini juga yg komen cuma dapat tvri saja, tetapi setelah ganti pakai antena tv digital, jadi bisa terima banyak chanel tv digital

      Delete
  9. Replies
    1. setahu saya STB bisa untuk TV apapun merknya. Saya punya merk Evinix H-1 saya coba di samsung dan polytron layar datar serta TV tabung Toshiba Boomba bisa

      Delete
  10. Saya mau tanya apa set box yang bagus, dan di kota padang apa sudah ada canelnya. terima kasih

    ReplyDelete