Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Bisakah Menangkap Siaran TV Digital Menggunakan Receiver Parabola ?

Bisakah menangkap siaran tv digital menggunakan receiver parabola ? Ada banyak pertanyaan yang masuk ke kami terkait penggunaan receiver parabola untuk mendapatkan siaran tv digital terestrial. Apakah receiver parabola bisa digunakan untuk menangkap siaran tv digital? Mari kita bahas bersama sama.


Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Parabola


Saat ini semakin gencar sosialisasi kepda masyarakat umum terkait rencana ASO ( Analog Switch Off ) yang sudah tertunda beberapa kali sebelumnya. Update terbaru dari Kominfo Analog Switch Off akan dilakukan paling lambat 22 November 2022, masih sekitar satu setengah tahun lagi. Namun untuk beberapa kota sudah yang dirasa sudah siap, akan dimulai pada bulan agustus tahun ini.


Cara Mengubah TV Tabung Analog Menjadi Tv Digital



Apakah itu ASO atau Analog Switch OFF ? Analog Switch Off yaitu kegiatan menghentikan siaran televisi berformat analog yang dipancarkan melalui stasiun Transmisi lokal di kota kota anda. Letak Stasiun Transmisi ini biasanya berada di daerah ketinggian di kota setempat, misalnya di Bukit Patuk di Yogyakarta. Para operator stasiun televisi juga akan mengganti siaran analog dengan siaran berformat digital sebelum ASO dilakukan.


Perbedaan Receiver Parabola dan Set Top Box Digital


Setelah dilakukan Analog Switch Off pada tanggal 22 November 2022 tersebut maka televisi analog konvensional ( semua tv tabung dan tv layar datar yang belum support ) tidak akan dapat digunakan untuk menyaksikan siaran televisi nasional jika tidak diganti atau ditambahkan dengan Receiver TV Digital.

 

Merubah Parabola Jadi Antena TV Digital


Bisakah menangkap siaran tv digital menggunakan receiver parabola ?


Simak Dulu Video Berikut ini :





Ada dua jawaban untuk menjawab pertanyaan tersebut, jawaban pertama Bisa dan jawaban kedua Tidak Bisa. Mengapa begitu ? Mari kita uraikan jawaban tersebut satu persatu agar anda dapat memahami pertanyaan tersebut dengan baik.


Cara dapat STB Tv Digital Gratis Kominfo


Receiver Parabola BISA digunakan untuk Menangkap Siaran Tv Digital


Receiver Parabola yang dimaksud disini terbatas pada receiver parabola Hybrid, yaitu receiver parabola yang dapat digunakan untuk menangkap siaran televisi satelit dan dapat menangkap siaran televisi digital terrestrial sekaligus dalam satu perangkat receiver.


TV digital Hadir Bagaimana Nasib Pengguna Parabola TV ?


Apakah receiver tersebut ada dan dijual dipasaran ? Tentu saja ada. Saat ini ada beberapa receiver parabola Hybrid + tv digital terrestrial yang dapat ditemukan dipasaran, misalnya Receiver Skybox A1 Pro, Receiver Skybox A1 Combo, Receiver MMP Jakarta, dan Receiver Freesat V8 Golden.


Cara Berlangganan TV Digital Gratis


Receiver parabola hybrid tv digital ini memang agak sedikit lebih mahal namun sebanding dengan fitur yang ditawarkan jika televisi anda masih analog dan belum mempunyai receiver tv digital. Harga termurah dimiliki oleh recever Skybox A1 Combo sekitar Rp. 360.000,-.


Membuat Antena Tv Digital Indoor Sederhana


Receiver Parabola TIDAK BISA Digunakan Untuk Menangkap Siaran TV Digital


Selain receiver parabola hybrid yang sudah disebutkan diatas, maka receiver parabola tersebut tidak bisa digunakan untuk menangkap siaran televisi digital. Misalnya receiver anda Skybox A1 8MB, Tanaka Jurrasic, MMP Raja ampat, Nex Parabola Merah, Mola Matrix, Matrix Burger S2, Gardiner GOL, Optus GOL, LGsat GOL, Venus Meteor juga tidak dapat digunakan untuk menerima siaran TV digital di indonesia.


Cara Mendapatkan Siaran Tv Digital Gratis


Receiver Parabola digunakan untuk menangkap siaran dari satelit yang berformat DVB S dan DVB S2 ( S = satelit ), sedangkan receiver Tv digital digunakan untuk menangkap siaran televisi digital berformat DVB T dan DVB T2 ( T = Terrestrial ). JIka ingin membeli receiver tv digital pastikan ada tulisan DVB T2 dan jika ingin membeli receiver parabola pastikan ada tulisan DVB S2, mudah diingat bukan ?

121 comments:

  1. pemerintah ini gimana sih, suruh pindah ke siaran digital tp menara pemancar aja masih kurang. sy cuma dikota bogor cuma dapet chanel tvri doang. pake stb serasa mubajir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat, coba kroscek ke tetangga, teman anda yang pakai TV Digital langsung di tv nya, tanpa pakai STB, apakah yg di terima cuma tvri saja atau ada yang lain?

      Sebab kalau yang diterima cuma tvri saja, saya juga heran, soalnya di jogja saja sudah ada 22 chanel tv digital ( tvri nya ada 5 chanel )

      Delete
    2. Berapa km jarak jangkauan siaran tv digital yang bisa diterima melalui set topbox...

      Delete
    3. setahu saya sama saja dengan tv analog, kalau pakai tv analog masih bisa dapat, pakai tv digital harusnya juga bisa dapat kok

      Delete
    4. Kemungkinan blm di program, untuk daerah sekelas Bogor kayaknya ga mungkin hanya dapat siaran TVRI, sedangkan saya di Cilacap sudah dpt 22 chanel tv digital.

      Delete
    5. saya pake parabola dengan receiver venus, siaran tv sih ada sekitar 300 an, tp ko MNC group(rcti,antv dll) malah ga kena,, gimana yah biar bisa kena gelombang nya

      Delete
    6. saya plosok desa tapi sudah lumayan lengkap siaranya.
      mnc grup,indosiar sctv antv tvone trans grup,net rtv dll

      Delete
  2. kroscek teman, tetangga belum. namun baru sy cek via aplikasi sinyaltv digital. dri aplikasi itu hanya muncul keterangan mux dekat dgn pemancar tvri saja. atau dgn kata
    lain hanya muncull chanel tvri saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin aplikasinya belum update sobat, coba cek kapan aplikasinya di upload ke playstore, baiknya sih kroscek langsung ke tetangga dan teman yang sudah pakai tv digital

      Delete
  3. sy udah cek ke tetangga, sampai sy bawa stbnya kerumah temen. hasilnya sama. bapak/ibu bisa cek sendiri kalau dilokasi rumah sy memang engga menjangkau menara pemancar sinyal digital.
    ini titik koordinat lokasi rumah sy;
    -6.617923,106.817008
    tepatnya dikota bogor timur. dekat dengan sd pertiwi, kota bogor timur.

    silahkan bisa di cek via aplikasi sinyaltv digital.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangkauan sinyal tv digital sama dengan tv analog, untuk tv uhf analog apakah hanya tvri atau ada chanel tv yang lain ? Stb yang di pakai merk dan seri apa pak?

      Sobat yg domisili bogor yang lain mungkin ada yang menanggapi?

      Delete
  4. tv uhf analog; banyak chanel yg didapat, bukan cuma chanel tvri.
    stb yg dipakai, merk;tanaka & seri atau model; T2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali kalau hanya tvri yang baru ada, seharusnya semakin dekat dengan Analog Switch Off, semakin banyak stasiun tv yang berpindah ke siaran digital

      Delete
  5. maaf, tenyata kesalahan ada pada antenanya, setelah diganti dengan antena digital,stb bisa menangkap sinyal digital dengan baik & dapat 34 chanel untuk wilayah kota bogor timur.
    namun yang buat bingung volume suara tv jadi kecil, padahal sudah dinaikan volume suaranya. tidak seperti pas pakai antena biasa, volume suara normal.
    apakah karena pengaruh kabel rca, sebab sy menggunakan kabel rca sebagai penyambung dari stb ke tvnya. secara kualitas gambar, sangat bagus.
    sekali lagi maaf, atas kesalahapahaman ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap, banyak sekali ada 34 chanel, jogja baru 22 chanel. Biasanya memang gitu, suaranya kecil, bisa di maksimalin saja kalau yang stb nya, kalau tv nya support kabel hdmi, ganti kabel hdmi saja

      Delete
  6. Mau tanya saluran di indonesiakan akan di ganti dengan tv digital, la untuk pengguna parabola itu gimana ya apakah harus mengganti resever untuk melihat siaran tv atau cukup gengan resever parabola itu sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai parabola ga ada masalah sobat, tetep bisa nonton lewatparabola

      Delete
    2. oww semasih punya parabola jadi bisa tetap nonton ya? walaupun receivernya Matrix Burger?

      Delete
    3. Iya sobat, ga ada masalah dengan pengguna parabola

      Delete
    4. Untuk yg pakai parabola apa harus setting arah parabola dulu?

      Delete
    5. Parabola transmisi nya via satelit pakai antena parabola, sedangkan tv digital via terestrial pakai antena UHF yg biasa. Masing2 udah punya jalannya masing2. Hiks...hiks. Ga saling ganggu lho.

      Delete
  7. Pada dasar nya di lokasi saya pakai siaran dengan menggunakan Parabola. Terus dengan peralihan ke tv di gital nanti gimana dampak nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaran parabola tetep tayang pak, siaran tv digital tetep tayang,engga ngefek kalau pakai parabola

      Delete
  8. Dengan reciver apapun, baik yang Ku_band maupun C_band ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Receiver combo tertentu yang saya sebutkan diatas sobat

      Delete
  9. Blog dan adminya keren. Sabar mentoringnya dan solutif, smp kita yg awam elektro aplikatif jadi ngeh. Semoga Allah memberkahi dan membalas kebaikan anda dunia akhirat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, berkah juga buat sobat sobat sekalian yang mampir di blog sederhana ini

      Delete
    2. Klau pkek digital optus atal net para bola Lg sat bisa pkek

      Delete
  10. Saya masih bingung nih... Saya kan ada antena parabola, cm siarannya yg ketangkep cm beberapa saja. apakah anrena parabola saya masih bisa di gunakan untuk antena settopbox. Klo masih bisa di gunakan jd saya tidak perlu beli antena biasa. Mohon info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antena parabola ga bisa dipakai untuk antena set top box, kalau mau pakai set top box, harus beli antena tv digital.

      Parabolanya di arahkan ke satelit lain aja yang chanelnya lebih banyak

      Delete
  11. Bos numpang tanya, saya kan pake parabola dengan LNB KU-BAND untuk arah satelit Telkom 4 kenapa gabisa ketangkap ya, receiver ku K-vision

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ga bisa sobat, K Vision Ku band itu di measat 3A, kalau Telkom 4 itu K Vision C Band

      Delete
  12. Mau bertanya apakah semua merk receiver parabola bisa akses tv digital

    ReplyDelete
  13. Klu di rumah saya purwakarta tdk bisa pakai antena biasa aliar banyak rintik harus pakai parabola. Apakah dgn tv digital kami cuman beli STB saja udh bisa nerima sinyal semuanya dgn tdk ada rintik riktik aliar kurang jelas gambar..mohon jawaban

    ReplyDelete
  14. Saya pkek tv analog,tp sya pkk antena parabola dan mggunakan receiver parabola optus dsb s2,apkah msih ttap bsa nerima siaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa beli STB tv digital saja sobat, tapi parabola masih bisa buat nonton tv nasional kok

      Delete
  15. Saya menggunakan parabola merk tanaka, merk reciver tanaka new samuarai T2, kalo skrg siaran nasional semua hilang yg ada cuma TVRi, gimana tuh cara nya supaya di daerah saya Sekayu, musibanyuasin bisa menerima siaran tv nasional lagi, tolong pencerahannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek antenanya pak, kemaren ada kasus yang sama, setelah di ganti pakai antena digital langsung muncul semua chanelnya

      Delete
  16. Mau tanya,kalau tv nya sudah ada tulisan DTV,antena sudah digital,tapi tidak bisa menerima siaran digital..itu kenapa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat berapa chanel total sekarang? Chanel digital di tempat saya, angkanya 800 an serta ada symbol antena pemancar

      Delete
  17. Mau tanya nih yg jualan antena tv digital kan banyak nih di toko2 online,yg langsung colok ke jak antena pada tv tanpa mengunakan receiver digital,apakah benar itu bisa angsung nangkep siaran tv digital,mohon pencerahan nya🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYA, kalau tv sobat sudah ada tuner tv digital bawaan pabrik.

      Tidak bisa, jika tv sobat masih tv analog saja, tanpa tuner tv digital

      Delete
  18. Klo pake antena biasa trus di sambung ke receifer apakah bisa nangkap siara

    ReplyDelete
  19. Mohon infonya untuk daerah kabupaten tanah bumbu , Kalimantan Selatan apakah sudah ada siaran digital ya?

    ReplyDelete
  20. saya pake receiver lgsat 101 trus parabola venus masih bisa gak

    ReplyDelete
  21. Kalau pakai parabola mini....tanaka bisa gak ya

    ReplyDelete
  22. Mantap artikelnya pak. Tapi saya masih bingung. Mohon maaf, sobat awam soalnya hehe.
    Di rumah saya, ada tv digital dan menggunakan matrix burger. Nah, nanti saat ASO di daerah saya, kira2 siaran2 tv dari receiver parabola mati tidak ya? Atau harus ganti receiver parabola?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tv digital ini berbeda dengan parabola tv, jadi saat ASO, parabola tv tidak kena efek apa apa, tetep bisa di tonton seperti biasa

      Delete
    2. Oke pak. Makasih atas prncerahannya.

      Delete
  23. Kalo antena digital dipasang untuk tv analog dan belum memakai STB, apa bisa digunakan ya pak?

    ReplyDelete
  24. Apa untuk measat sudah off kak.. Punya saya hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. measat banyak yang kebuka jika pakai receiver rekomendasi k vision

      Delete
  25. Berati receiver parabola yang baru belum tentu bisa untuk tv di gital kalau tidak ada codenys

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli STB TV digital saja sobat, bentuknya miri receiver parabola, tetapi fungsinya berbeda

      Delete
  26. Saya pakai parabola receiver k vision apakah tidak pengaruh bila nanti siaran sudah beralih tv digital semua ? Bagaimana dengan receiver lain ?

    ReplyDelete
  27. Kalau pakai parabola receiver k vision apakah nanti pengaruh kalau udah pindah digital semua ? Kalau receiver lain pengaruh g ???

    ReplyDelete
  28. Artikel sangat bagus,sangat membantu yg blm tahu.mksh.

    ReplyDelete
  29. Selamat Sore..
    Jadi jika sdh pakai parabola dan receiver K-Vision sdh tidak perlu ganti ganti lagi ya..
    Mohon penjelasan nya 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini beda pak, kalau receiver k vision itu sinyalnya dari satelit, kalau yg buat tv digital terrestrial itu yang DVB T2

      Delete
    2. Jadi intinya kalau saya pakai parabola satelit dan receiver k vision apakah masih dapat chanel seperti biasa atau tidak??

      Delete
  30. Hehehe gaptek masih bingung juga meskipun sdh nyimak jawaban2, saya pakai TV analok dan reciver parabola tanaka, coba sy hubungkan dng antena uhf maupun dng lnb dari parabola selalu muncul tidak ada sinyal, apakah bila memakai atena digital bisa dapat sinyal?? Tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai antena digital tetap ga bisa pak, karena yg bapak pakai itu receiver parabola yg sinyalnya dari satelit, sedangkan yang tv digital yg dimaksud adalah tv digital terrestrial pakainya receiver tv digital terrestrial yang sinyalnya dari BTS dekat rumah ( biasanya di perbukitan )

      Delete
  31. Bang..kalo parabola c band kvision reciever bromo c2000 tapi tv nya tabung polytron u slim...masi bsa bsa gak?

    ReplyDelete
  32. artikel yang sangat membantu.., terima kasih admin semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  33. Maaf mau nanya,bang kan dirumah saya pake receiver k-vision Bromo c2000 nah itu perlu beralih ke digital atau masih bisa nonton chanel"seperti biasa bang? Atau dgn kata lain ada pengaruhnya ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada pengaruhnya sobat, yg k vision tetap bisa nntn chanelnya, yg tv digital juga nntn seperti biasa, karena keduanya berbeda

      Delete
  34. Kak saya pakai Gardiner gol apa bisa nangkap siaran tv digital..kalau TDK bisa apa hrs ganti receiver nya saja atau gimana kak

    ReplyDelete
  35. untuk daerah bondowoso apakah sudah ada saluran digital sekarang

    ReplyDelete
  36. Mau tanya info
    Apakah parabola k vision udh termasuk tv digital?

    ReplyDelete
  37. Mau tanya apa pakai receiver k vision harus bayar langganan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai receiver rekomendasi ga perlu berlangganan sobat, namun hanya tv nasional lengkap yang dapat disaksikan

      Delete
  38. Mohon maaf mau bertanya untuk tv saya menggunakan receiver parabola dan antenanya juga parabola nah kira kira apakah saya tetap harus ganti set top box? Karena belinya belum lama apakah nanti parabola akan dihapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parabola ga akan dihapus, kalau nyaman pakai parabola, ga usah beli set top box pak

      Delete
    2. Panel IC error,pindah2 sendiri..

      Delete
  39. Panel ic error,chanel pindah2 sendiri..

    ReplyDelete
  40. saya baru beli tv digital + antena digital
    saya pasang di daerah lampung tepatnya di talang padang tanggamus dan sinyal pemancar terdekat baru di pringsewu kurang lebih 30 km dari pemasangan tv.
    setelah cek sinyal baru dapat 8 chanel itu pun keluarga dari TVRI semua + metro tv.
    mau pasang parabola mini klo gak langganan chanel gak dapet semua + sinyal sering hilang waktu hujan.
    kalau pasang parabola jaring apakah chanel bisa lengkap dan sinyal gak kabur kaburan waktu hujan??
    rekomendasinya dong pak parabola yg bagus + reciever tanpa lagganan.
    biar tv bisa di pake, sayang tv bagus cuma dapet tvri aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pasang parabola jaring saja agar lebih tahan cuaca, receivernya bisa pakai nex parabola atau receiver rekomendasi k vision, walaupun ga berlangganan tapi chanel nasional komplit sobat

      Delete
    2. kalau chanel nasional lengkap apakah bisa di jamin siaran tidak di acak.
      misal lagi nonton moto gp dan tiba tiba siaran hilang.

      Delete
    3. Ga ada yang jamin sobat, saya juga ga jamin, dilema berada di daerah yang jauh dari transmisi UHF memang. Kalau moto gp kadang di acak kadang engga, kalau bola biasanya memang diacak. Pilihan lainnya berlangganan, atau nembak feeds, agak susah yg nembak feeds ini

      Delete
  41. tv sudah digital tapi sinyal digital belum sampai cuma dapet 8 chanel keluarga tvri semua.
    mau di belikan parabola jaring apakah masih perlu reciever parabola

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini antenanya pakai antena yg ada boosternya sobat?

      Delete
    2. sudah di coba pakai boster antena digital antena UHF tapi sama aja
      malahan sekarang pakai chanel analog lebih lebih banyak dapat chanel cuma renyek aja gambar gak sedap di lihat.

      Delete
    3. Mungkin memang lokasi sobat terlalu jauh dari stasiun transmisi uhf, padahal biasanya kalau pakai antena digital ( bisa akari / toyosaki ) chanel yg didapat jadi lebih banyak

      Delete
  42. Saya dikisaran 20km kaki gunung ciremay, antena tv saya uhf biasa plus boster dx untuk pemasangan stb T2 itu dari out power boster langsung input stb? Salam untuk.jelasnya pak!

    ReplyDelete
  43. Saya pake parabola + receiver Kvision Gardiner. Apakah saat tv analog sudah di hilangkan. Harus beralih ke antena digital atau parabola tetep ada chanel nya,ga ngaruh kah mau tetep parabola? Atau nanti chanel tv parabola hilang saat tv digital sudah berlaku?

    ReplyDelete
    Replies
    1. TV digital engga berpengaruh ke TV parabola sobat, jadi TV parabola tetap bisa disaksikan seperti biasa

      Delete
  44. Mantaf nih bloknya
    Mau tanya kalo menggunakan parabola venus & receivernya manggunakan VENUS HD DVB METEOR apakah bisa nangkap siaran tv digital lokal ga ya

    ReplyDelete
  45. Saya memakai parabola venus jaring & receiver venus dvb Hd meteor
    Apakah bisa menangkap siaran digital tv lokal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tv digital di tangkap pakai antena uhf pak, bukan antena parabola

      Delete
  46. Mau nanya ,,anthena para bola apa yg bida nangkap siaran tv digital?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tv digital di tangkap pakai antena uhf sobat, bukan pakai parabola

      Delete
  47. Gak tau saya gimana ya..
    Saya pak receiver parabola, unk skrg ini siaran tv menghilang satu persatu.
    Cuma tinggal antv, net, tv one, metro serta tv agama saja.

    ReplyDelete
  48. Mohon maaf min.. walo sudah nyimak dari atas tp masih bingung,, saya pake tv tabung tp pake antena parabola dengan receiver nex parabola. kira2 saat peralihan ke tv digital chenel saya akan hilang atau tidak yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaran nex parabola tidak hilang sobat. Yang hilang siaran tv tabung pakai antena uhf

      Delete
  49. Maaf izin mau tanya biar saya tercerahkan...
    Saya pemakai parabola dgn receiver tanaka..
    Apakah harus ganti receiver lain agar bisa menangkap siaran digital

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu ganti pak.

      Tv digital bukan lewat parabola, tapi lewat antena tv uhf digital

      Delete
  50. kalow mau nonton Gp pake nekparabola gimana

    ReplyDelete
  51. Mohon pencerahan... Tv sy belum digital, pakai parabola mini, receiver merk gardiner g88 hd, bisa untuk nangkap tv digital nggak ya..? Karena trans 7 Dan trans tv yg bisanya ada chanelnya, skrng tiba tiba hilang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di tempat bapak tinggal buat nntn tv pakai antena uhf bisa, bapak beli saja STB dan antena TV UHF Digital 100 ribuan buat nntn tv digital.

      Tv digital yang sedang ramai dibicarakan ini ga bisa ditangkap pakai parabola, bisanya pakai antena uhf digital

      Delete
  52. Di tempat saya kalau tidak pake parabola tidak bisa dapat sinyal tv.
    Apakah kalau pake antena uhf digital akan ada kemungkinan dapat sinyal

    ReplyDelete
  53. TV saya sudah digital, antena menggunakan parabola jaringa.
    Siaran MNC grup hilang.. Bagaimana y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi dimana pak? Kalau pakai antena uhf dapat ga rcti nya? Kalau dapat ya nntn rcti di televisi digital saja pak. Pasang antena uhf, lepas receiver parabola, scan tv digitalnya. Tapi kalau pakai antena uhf ga dapat rcti dan bisanya cuma lewat parabola, ya silahkan pakai yang berbayar ( paket cling ) yang murah saja

      Delete
  54. numpang tanya,saya tinggal di belitung.tv saya tabung,parabola jaring,receiver matrik burger s2,apakah msh bisa menerima siaran tv digital,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai antena uhf dapet siaran tv ga pak? Kalau dapet, bapak bisa beli STB, pakai antena uhf digital bisa dapet tv digital

      Delete
  55. Mau tanya, saya pake receiver skybox a-1 new (parabola), dan sudah dari lama hampir semua channel dari tv digital misal: global, mnc grup, sctv, indosiar bahkan tvri hilang itu kenapa ya? Ada lambang dollar nya, Dan apa benar klo pake parabola ga bisa nonton olahraga kyk moto gp atau bola mohon jwbnya

    ReplyDelete
  56. Kak brrti kalo make parabola itu gak ngaruh sma tv digital ya, jdi klo nnti yang analog udah di hapuskan semua, yang parabola tetap tayang ya walaupun make receiver yang lama atau bukan receiver yang bukan combo?

    ReplyDelete
  57. Selamat pagi, salam. Maaf ini saya masih belum paham ya. Kalau tv nya sudah digital. Pakai parabola jaring besar, dan ada receiver goldsat GSR 8300. Pertanyaannya apakah saya masih bisa melihat siaran Walaupun tidak memiliki antene digital atau STB atau saya harus beli antene digital atau beli STB ya. MOHON PENCERAHANNYA. TERIMA KASIH

    ReplyDelete