Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mengubah TV Analog ke Tv Digital tanpa STB

Bisakah mengubah TV Analog ke TV Digital tanpa STB? Menarik sekali ya pertanyaan ini sobat jika memang benar ada cara untuk mengubah TV Analog menjadi TV Digital tanpa Set Top Box.


Iseng saja saya cari melalui google dengan kata kunci " Cara Mengubah Tv analog ke TV Digital tanpa STB ". Ternyata hasil pencarian lumayan banyak dengan kata kunci tersebut. Akan tetapi pembahasan didalamnya hanya muter muter saja, yang dibahas ternyata sebagai berikut :


- Cara cek tv sudah tv digital atau belum.

- Tips dan cara Memilih Set Top Box ( STB ).

- Manfaat migrasi TV Digital.

- Cara simpel Mengubah Tv Analog Biasa jadi Tv Digital menggunakan STB.

- Rencana Analog Switch Off.

- Cara Mengubah TV analog ke Tv Digital tanpa Ganti TV.

- Cara Memasang STB.


Cara Mengubah TV Analog ke Tv Digital tanpa STB



Ternyata memang belum ada solusi untuk mengubah tv analog ke tv jika melihat pada hasil pencarian di google. Lalu sebenarnya apakah ada cara untuk mengubah TV analog ke TV Digital tanpa menggunakan Set Top Box DVB T2 ?


Cara Mengubah TV Analog ke Tv Digital


Jadi sebenarnya, cara mengubah Tv analog ke Tv Digital itu hanya ada dua cara :

1. Mengganti dengan TV yang baru

2. Menambahkan Set Top Box pada Tv Analog


Jika ada yang bilang bisa mengubah tv analog ke tv digital tanpa stb, menurut saya, jawaban sebenarnya hanya ganti tv. Karena saat ini cara mengubah tv analog ke tv digital hanya ada dua cara tersebut.


Merubah Parabola Bekas Menjadi Antena Tv Digital


Nah jika sobat kebetulan sudah menggunakan TV digital keluaran terbaru, sobat tidak perlu repot untuk membeli STB, karena pada TV digital terbaru tersebut sudah terdapat tuner tv digital. Namun jika sobat masih menggunakan TV Tabung hanya ada dua pilihan untuk menangkap siaran TV Digital, yaitu dengan cara mengganti TV atau membeli Set Top Box.


Beralih ke TV Digital perlu ganti Antena ?


Nah hal ini juga menjadi pertanyaan sobat satelit, perlukah ganti antena untuk menangkap siaran tv digital ? Berdasarkan pengalaman kami, antena tv digital terbaik adalah antena tv uhf yang menggunakan booster (ada adaptornya ), mengapa demikian ?


Untuk menangkap siaran Tv Digital memerlukan antena UHF yang memiliki sensitifitas tinggi. Hal ini dimungkinkan apabila antena uhf disertai dengan booster. Booster tersebut berfungsi mengamplifi ( menguatkan / memperbesar ) sinyal UHF TV Digital sehingga dapat diproses dengan baik menjadi audio dan video tv digital.


Tips Memilih dan Memasang Antena TV Digital


Saran saya, jika sobat masih menggunakan Antena TV Indoor kecil, sobat perlu mengganti antena tv tersebut dengan antena tv digital karena saya yakin antena Tv indoor kecil tidak dapat menangkap siaran tv digital, hal ini sudah saya coba sendiri.


Cara Mengubah TV Analog ke Tv Digital tanpa STB


Kemudian sebaiknya antena Tv Digital dipasang di luar ruangan, disebelah atas genteng. Hindari menggunakan antena tv digital didalam ruangan, karena apa? Antena Tv Digital yang dipasang di luar ruangan dan posisinya diatas genteng mampu menangkap jumlah chanel yang lebih banyak daripada antena tv digital yang di pasang didalam ruangan ( Indoor ) atau dipasang di luar ruangan namun posisinya dibawah genteng.


Harga Antena Tv Digital


Mahal ga sih antena TV Digital yang bagus ? Saya pernah membeli dua antena tv digital dan membelikan satu lagi buat kakak saya ( titip beli saja ). Merk yang saya beli adalah merk Toyosaki dan merk Intra, yang antenanya berbentuk kotak dan harganya sekitar 100-125 ribu.


Cara Mengubah TV Analog ke Tv Digital tanpa STB


Hasilnya kedua antena tersebut dapat menangkap siaran tv digital dengan baik. Sebagai catatan, ada 30 an chanel tv digital yang sudah ada di jogja. Jumlah chanel yang ditangkap ini bisa berbeda di tiap daerah, tergantung jangkauan sinyal tv digital dari pemancar terdekat dan jumlah provider tv digital yang sudah mengudara di daerah tersebut. Didaerah kamu sendiri sudah ada berapa chanel tv digital ?


Semoga artikel kami tentang cara mengubah tv analog ke tv digital tanpa stb ini dapat memberikan manfaat bagi sobat satelit dimanapun berada. Terus dukung kami dengan subscribe chanel youtube siaran satelit. Terima kasih.


disclaimer : artikel ini tidak bekerjasama dengan pemilik merk yang saya sebutkan diatas, namun murni karena pengalaman saya. Untuk merk antena yang lain juga banyak yang berkualitas baik, hanya saja saya belum mencoba merk lain tersebut.

1 comment:

  1. Bila daerah tidak terjangkau antena UHF tetap hrs pake parobala kah?

    ReplyDelete