Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Posisi, Garis Bujur dan Arah Satelit Telkom 4

Dimana Posisi, Garis Bujur dan Arah Satelit Telkom 4 saat ini ? Apakah sobat satelit sudah mengetahui dimana sebenarnya posisi satelit telkom 4? Satelit Telkom 4 menjadi satelit komunikasi utama di Indonesia. Dengan banyaknya siaran televisi satelit yang dapat dikunci dari satelit Telkom 4, menjadikan satelit Telkom 4 menjadi satelit rujukan bagi masyarakat.


Perlu diketahui, satelit Telkom 4 ini menggunakan tempat yang sama dengan satelit Telkom 1 yang hilang kontak pada tahun 2017 lalu. Saat itu siaran Televisi Satelit dari Telkom 4 dipindahkan ke Satelit Telkom 3S dan Satelit Palapa D. Namun dengan berakhirnya masa operasi Satelit Palapa D dan sudah mengudaranya satelit Telkom 4, maka semua siaran televisi satelit kembali ke satelit Telkom 4.


Posisi, Garis Bujur dan Arah Satelit Telkom 4



Posisi Satelit Telkom 4


Seperti semua satelit komunikasi yang lain, satelit Telkom 4 ini berada di atas garis khatulistiwa dan mempunyai orbit geostasioner. Apa itu orbit geostasioner ? Dengan orbit geostasioner maka satelit akan terkunci posisinya dengan Stasiun Kontrol di Bumi, sehingga Satelit akan bergerak mengikuti rotasi bumi agar seolah olah antara Satelit dan Stasiun Kontrol dibumi, keduanya sama sekali tidak bergerak dan arahnya tidak berubah.


Dengan Orbit Geostasioner maka Stasiun Kontrol di Bumi dan kita para pengguna Parabola cukup sekali saja mengarahkan parabola ke satelit pada saat instalasi. Setelahnya tidak perlu lagi merubah arah parabolanya. Karena Satelit Telkom 4 ini berada diatas garis khatulistiwa, maka Posisi satelit Telkom 4 berada di 0 derajat Lintang Selatan dan 0 derajat Lintang Utara.


Garis Bujur Satelit Telkom 4


Untuk Garis Bujur atau Longitude, Satelit Telkom terletak pada 108 derajat Bujur Timur, biasa di tulis 1080 BT atau 1080 E. Sebagai gambaran, negara kita Indonesia terletak pada 950 BT - 1410 BT. Agar memudahkan Posisi dan Garis Bujur satelit Telkom 4 dapat dilihat pada gambar berikut ini :

Posisi, Garis Bujur dan Arah Satelit Telkom 4


Dari gambar diatas satelit Telkom 4 terletak di Perairan Natuna, sekitar 100 KM sebelah barat kota Pontianak. Dengan posisi Satelit Telkom 4 dan Garis Bujur Satelit Telkom 4 seperti diatas, diharapkan sobat dapat mengetahui dimana sebenarnya satelit Telkom 4 berada. Serta dapat menentukan arah Parabola ke satelit telkom 4.


Arah Satelit Telkom 4


Lalu kemana arah satelit Telkom 4? Melalui gambar diatas tentunya sobat dapat dengan mudah mengetahui arah satelit Telkom 4 dari lokasi sobat. Namun bagaimana arah satelit Telkom 4 jika menggunakan parabola jaring ? Perlu diketahui untuk parabola jaring semuanya bertipe parabola Fokus, sedangkan parabola Mini semua bertipe parabola Offset.


Perhatikan gambar berikut :


Posisi, Garis Bujur dan Arah Satelit Telkom 4


Gambar diatas adalah gambar mounting atau Quick Repoint Parabola Solid C Band, untuk parabola jaring agak sedikit berbeda, namun konsepnya sama ya sobat. Baut Azimuth dan Baut elevasi dapat diatur sehingga tracking satelit Telkom 4 jadi lebih mudah.


Pada prinsipnya semakin dekat lokasi tracking kita dengan lokasi satelit telkom 4, posisi baut Elevasi di setting agar Besi Bar diatas baut elevasi menjadi mendatar, jika lokasi tracking semakin ke selatan, baut di putar agar mur semakin panjang sehingga parabola lebih condong ke arah utara.


Demikian juga jika posisi sobat berada di utara khatulistiwa, maka posisi Baut mounting tersebut disesuaikan dengan lokasi sobat, dipasang di sisi utara sehingga pengaturan bautnya lebih fleksibel karena ruang geraknya lebih leluasa.


Sedangkan baut Azimuth ini untuk bergerak kenan dan ke kiri ya sobat, jika sobat berada di sebelah kiri satelit Telkom 4, maka baut Azimuth sedikit dipanjangkan agar parabola condong agak ke timur. Demikian juga jika lokasi sobat berada di sebelah timur satelit Telkom 4, maka baut Azimuth bisa di pendekkan atau di pindah posisi As nya ke sebelah timur agar lebih leluasa juga.


Semoga dengan pembahasan mengenai Posisi, Garis Bujur dan arah Satelit Telkom 4 ini sobat dapat mengetahui gambaran lokasi satelit Telkom 4 saat ini, serta dapat memperkirakan arah parabola ke satelit Telkom 4 sehingga memudahkan untuk tracking Satelit Telkom 4. Terus dukung kami dengan Like, Subscribe, Komen dan Share chanel Youtube Siaran Satelit. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment