Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Apa itu Tv Digital ? Simak Jenis dan Perbedaan TV Digital

Akhir akhir ini sedang ramai dibicarakan mengenai TV Digital. Tentang kabar perpindahan frekuensi dari televisi analog ke TV Digital. Tak pelak hal ini menimbulkan rasa ingin tahu dari masyarakat, namun banyak yang masih belum mengetahui apakah sebenarnya TV Digital yang sedang ramai dibicarakan.


TV Digital identik dengan tampilan layar yang bersih tanpa semut dan tanpa berbayang, berbeda halnya dengan TV analog yang tampilannya sering kurang jernih, banyak semut, berbayang tergantung dari kualitas antena dan jarak dari stasiun pemancar televisi.


Untuk memberikan gambaran yang seluas-luasnya kepada sobat satelit dan menghilangkan kesalahpahaman tentang apa itu sebenarnya TV Digital, serta proses migrasi yang akan dimulai dari tahun ini sampai November 2022, akan kita telaah bersama mengenai jenis jenis dan perbedaan TV Digital yang ada saat ini.


Apa itu Tv Digital ? Simak Jenis dan Perbedaan TV Digital



Jenis Jenis Tv Digital dan Perbedaannya


1. Parabola TV Digital


Parabola Tv digital ini juga identik dengan siaran yang jernih, chanel yang banyak, serta menggunakan antena parabola dan receiver parabola. Ada jenis parabola jaring besar dan jenis parabola mini. Ada chanel berbayar dan chanel gratis. Ada receiver Rekomendasi, ada juga receiver Non rekomendasi.


Parabola tv digital menggunakan media parabola untuk menangkap sinyal dari satelit untuk kemudian diubah menjadi sinyal audio video oleh receiver parabola dan di tampilkan melalui layar monitor televisi. Jadi parabola tv digital tidak membutuhkan infrastruktur pemancar di masing masing kota.


Parabola TV Digital juga tidak membutuhkan jaringan internet untuk menikmati siaran televisi. Dan untuk saat ini hampir semua provider Tv Digital mewajibkan para pemirsa untuk menggunakan receiver rekomendasi. Dengan menggunakan receiver rekomendasi ada beberapa chanel nasional yang dapat disaksikan, untuk chanel chanel premium yang lain, sobat akan dikenakan biaya berlangganan.


2. TV Digital Streaming


TV Digital Streaming juga memiliki tampilan yang jernih serta pilihan chanel yang beragam. Untuk menikmati layanan Tv Digital Streaming, sobat perlu mendaftarkan akun, serta membayar biaya tertentu untuk dapat menikmati chanel premium TV Digital Streaming.


TV Digital streaming dapat berisi chanel tv nasional, maupun chanel luar negeri. Contoh Tv Digital Streaming adalah Vidio.com. Keuntungan TV Digital streaming ini dapat dinikmati secara mobile menggunakan perangkat telepon seluler. Namun tentu saja membutuhkan jaringan internet yang lancar dan kuota yang berlimpah.


TV Digital streaming ini juga tidak memerlukan infrastruktur pemancar di masing masing kota, dikarenakan konten tersedia over the air dan di akses menggunakan jaringan internet.


IPTV juga termasuk ke dalam jenis TV Digital Streaming ini, bedanya IPTV membutuhkan kumpulan playlist alamat alamat url streaming chanel yang diinginkan, biasanya mempunyai format m3u. Playlist tersebut dapat di edit, ditambahi dengan chanel chanel pilihan ataupun dihilangkan dari playlist m3u tersebut.


3. TV Digital pindahan dari TV Analog UHF


Jenis TV Digital pindahan dari TV Analog UHF melalui proses Migrasi ASO inilah yang dari beberapa waktu yang lalu ramai dibicarakan. TV digital ini dapat dinikmati secara gratis oleh seluruh masyarakat, tanpa perlu membuat akun, tanpa membayar biaya berlangganan serta tidak memerlukan akses internet.


TV Digital jauh lebih jernih daripada tv analog uhf. Jika pada tv analog UHF kadang masih ada semut atau gambarnya berbayang, hal tersebut tidak lagi sobat jumpai pada TV Digital ini. Untuk dapat menikmati siaran TV Digital, anda perhatikan dulu hal hal berikut :


Saluran Lengkap Chanel TV Digital


* Jika tv anda masih TV Tabung, anda perlu membeli yang namanya STB TV Digital, bentuknya mirip dengan receiver parabola namun fungsinya jauh berbeda. Harga STB TV Digital ini mulai dari 200 ribuan saja. Kemudian anda juga perlu membeli Antena TV Digital, untuk memaksimalkan penerimaan chanel Tv Digital di daerah sobat.


* Jika tv anda sudah TV LCD atau LED, bisa jadi Televisi anda belum mendukung penerimaan televisi digital, silahkan scan ulang ( memprogram ) televisi anda, jika anda tidak menemukan siaran tv digital yang jernih, maka Televisi anda belum mendukung siaran TV Digital. untuk itu anda juga perlu membeli STB TV Digital dan Antena TV Digital.


* Kalau sobat ada rejeki yang berlebih, bisa juga sobat mengganti unit televisi anda dengan Televisi Digital. Untuk Tv keluaran terbaru biasanya sudah mendukung metode penyiaran televisi digital.


Perlu diketahui bahwa siaran TV Digital di satu daerah dengan daerah yang lain bisa jadi berbeda, tergantung dengan ketersediaan provider yang sudah mengudara didaerah tersebut. MIsalnya saja di kota admin, kota Yogyakarta saat ini sudah mengudara 32 chanel tv digital dan sepertinya akan terus bertambah.


Sekian pembahasan kita tentang jenis jenis tv digital yang ada di Indonesia serta perbedaan masing masing jenis Tv Digital tersebut. Semoga dengan artikel ini sobat satelit dapat dengan mudah memahami TV Digital, sehingga tidak lagi salah mengerti dalam proses migrasi Tv Analog ke Tv Digital yang dicanangkan pemerintah. Salam.

No comments:

Post a Comment