Cara Mencari Sinyal Parabola Goldsat

Cara mencari sinyal parabola goldsat. Pada dasarnya, tehnik mencari sinyal parabola adalah sama, yang membedakan mungkin hanya jenis parabola Offset atau Fokus. 

Parabola Jaring adalah contoh parabola Fokus dengan LNB C Band, sedangkan parabola mini adalah contoh parabola Offset dengan LNB Ku band.

Untuk mencari sinyal parabola Goldsat, anda harus mengetahui satelit yang akan anda tuju, serta lokasi satelit tersebut. 


Receiver Goldsat

Misalnya satelit telkom 3S di posisi 118 Bujur Timur ( BT ), Satelit Measat di posisi 91.5 BT, kemudian Chinasat 11 di posisi 98 BT, lalu SES 9 di posisi 108 BT, Laosat di posisi 128 BT serta satelit satelit yang lain yang tidak saya tuliskan satu persatu.

Baca Juga :

Cara Mudah Memanfaatkan Dish Parabola Bekas Tv Berbayar 

Berbagai Macam LNB Dan Cara Penggunannya 

Frekuensi Terbaru TVRi Nasional dan TVRI Sport

Data lengkapnya bisa di lihat di daftar tracking parabola di bagian bawah halaman ini.

Setelah mengetahui satelit yang akan anda tuju serta lokasinya anda bisa memperkirakan arah parabola anda. Silahkan cek google maps anda untuk mengetahui di koordinat Garis Bujur berapakah posisi anda saat ini.

Jika anda berada di yogyakarta berarti anda berada di 110 BT, jika anda berada di Makasar maka anda berada di koordinat 119 BT, jika anda berada di denpasar, anda berada di 115 BT.

Perhatikan posisi koordinat domisili anda terhadap posisi koordinat satelit yang akan anda cari. Lokasi Satelit Komunikasi / Penyiaran semua berada di atas khatulistiwa. 

Baca Juga :

Download Satfinder, Aplikasi Pencari Sinyal Parabola Terbaik 

Cara Mudah Paralel Parabola Tv Dalam Satu Rumah 

Cara Pasang 4 LNB Dalam satu Parabola

Nah dengan anda sudah mengetahui lokasi koordinat anda, koordinat satelit, serta lintasan satelit di atas khatulistiwa, tentunya anda dapat mengira ngira atau memperkirakan posisi satelit tujuan anda.

Setelah itu, cek juga transponder terkuat satelit tujuan anda. Transponder yang berisi Frekuensi, Polarisasi dan Symbol rate ini yang nanti akan kita isikan dalam receiver Goldsat kita. 

Masuk ke Menu Setting / Instalasi, pilih satelit, kemudian edit parameter di layar sebelah kanan. Isikan transponder terkuat yang kita bicarakan tadi, untuk pengaturan LNB setting 5150 untuk C Band Parabola jaring dan 9750-10600 Universal untuk parabola mini Ku Band di receiver Golsat kita.

Baca Juga :

Frekuensi Terkuat C Band Semua Satelit di Indonesia 


Frekuensi Terkuat Ku Band Semua Satelit di Indonesia 

Daftar transponder terkuat untuk semua satelit pada receiver Goldsat Ku Band dapat dilihat DI SINI dan untuk C Band DISINI.


 Receiver Goldsat


Setelah anda sambungkan kabel dari receiver ke parabola Goldsat anda, dan posisikan layar monitor pada indikator sinyal quality dan intensity, anda dapat memulai untuk pointing parabola anda ke arah satelit tujuan anda.

Jika anda menggunakan parabola mini / offset untuk mencari transponder ku band, anda dapat menggunakan alat bantu SATFINDER yang sudah saya bahas secara lengkap DISINI.

Sedangkan untuk parabola C band, pastikan posisi lnb ke arah barat / timur, dan pointing anda berhati hati dan pelan pelan, jenis parabolanya Fokus. 

Baca Juga :

Cara Memasang dan Mencari Sinyal Parabola 

Cara Memperkuat Sinyal Parabola yang Lemah

Semakin jauh ke barat atau ke timur, parabola juga harus sedikit di miringkan ke arah khatulistiwa, menyesuaikan dengan lokasi satelit ( lintasan khatulistiwa ).


 Parabola Goldsat


Update Software Parabola Goldsat dapat di download DISINI

Setelah anda mendapatkan sinyal parabola Goldsat, kunci perlahan lahan kemudian cari sinyal yang paling maksimal. Setelah itu Scan receiver Goldsat anda dengan fitur BlindScan. Dan tunggu 5-10 menit sampai proses searching chanel selesai dan anda mendapatkan Chanel yang anda inginkan.

Baca Juga :

Cara Mendapatkan Siaran Tv Digital Gratis 

Cara Memprogram Parabola

Cara mendapatkan sinyal parabola ini sudah pernah saya bahas sebelumnya DI SINI. Silahkan di baca juga untuk melengkapi artikel cara mencari sinyal parabola Goldsat ini.
Previous
Next Post »