Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mudah Memperkuat Sinyal Parabola Yang Lemah

Cara Mudah Memperkuat Sinyal Parabola Yang Lemah. Pernahkah tv parabola anda tiba tiba hilang sinyal nya ? Tentu saja sangat mengganggu bukan ? Sinyal parabola yang lemah atau hilang bisa terjadi di karenakan banyak hal, bisa saja perlahan lahan melemah hingga akhirnya hilang.  

Bisa jadi penyebabnya adalah cuaca misalnya angin ribut, yang menyebabkan arah parabolanya bergeser atau penyok pada parabola jaring. bisa juga karena connector sering kemasukan air sehingga menjadi kotor, berkarat dan bisa juga patah.Sinyal parabola yang lemah bisa juga di sebabkan oleh LNB yang sudah lemah, tapi hal ini sangat jarang terjadi.  

cara mudah memperkuat sinyal parabola yang lemah


Lalu cara apa saja yang dapat kita lakukan untuk memperkuat sinyal parabola yang lemah ? Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan, cara ini kami tulis berdasarkan berbagai sumber dan tentunya pengalaman selama berkecimpung di dunia parabola selama ini. 

Baca Juga :

Cara Mudah Mengatasi Sinyal yang tiba tiba hilang pada Parabola TV 

Cara Memasang dan Mencari Sinyal Parabola

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal dan Cara Mengatasinya

Yuk langsung saja kita bahas satu persatu.  

Cek parabola anda secara visual. Coba perhatikan parabola anda, apakah ada salah satu yang aneh ? Apakah ada jaring yang penyok ? Apakah ada ada baut yang hilang atau bergeser ? Apakah ada sesuatu yang menutupi LNB atau tersangkut di parabola ? 

Cek juga setingan receiver anda, pastikan transponder, frekuensi, setting diseqc, dan setingan lainnya seperti seharusnya. Cek juga Cara Memprogram Parabola sebagai panduannya. Hasil pengamatan visual ini akan menentukan langkah yang akan di lakukan selanjutnya. 

Cek conector RG 6 pada belakang receiver dan pada LNB anda. Pastikan connector bersih, tidak ada jamur, tidak ada serabut grounding yang bersinggungan dengan kawat tembaga nya. Agar lebih meyakinkan, lepas saja connectornya, jika yakin masih bagus, connector bisa di pasang kembali.

Baca Juga :

Cara mencari Sinyal Parabola Goldsat

Kabel Coaxial, Kabel Untuk Antena TV dan Parabola

Namun jika terdapat semacam jamur, atau karat, dan lain lainya, Lepas connector, potong kabel antena nya sekitar 10 cm an, kemudian connector di pasang kembali, atau bisa sekalian di ganti saja connectornya jika ada. 

Cek Baut klem LNB. Sinyal lemah bisa juga di akibatkan karena arah LNB tidak sesuai dengan seharusnya. Jika LNB di frekuensi Ku Band, kebanyakan arah connectornya ke arah horizontal, Namun jika C Band, perhatikan arah barat timurnya sesuai. Jika arahnya melenceng, silahkan kembalikan seperti semula. 

Cek baut antena. Apakah ada yang kendor atau hilang karena terlepas. Jika baut antena kendor yang menyebabkan pergeseran arah antena parabola anda, perlu dilakukan repointing ulang, atau mengarahkan kembali antena parabola ke satelit.

Jika anda seorang pemula, anda bisa menggunakan aplikasi android bernama Satfinder, untuk membantu mengetahui arah yang tepat ke satelit. 

Baca Juga :

Download Satfinder, Aplikasi PEncari Sinyal Parabola Terbaik 

Cara Menentukan Arah Parabola Ke Satelit

Untuk repointing arah antena, pastikan setting receiver anda pada transponder yang tepat, atau bisa juga menggunakan Frekuensi Terkuat Satelit C Band dan Frekuensi Terkuat Satelit Ku Band. Nah setelah anda menemukan transponder terkuat tersebut, anda bisa cek juga transponder transponder yang lainya, apakah sudah dapat sinyal atau belum. 

Jika belum, coba gerakkan pelan pelan arah parabola anda sampai mendapat sinyal di transponder yang di kehendaki. Jangan lupa, tandai dengan bolpoint atau spidol permanen, titik lokasi parabola di antena atau tiang parabola, supaya ada patokan arah jika sinyal kembali hilang saat di maksimalkan. 

Yang kadang terlupa, kadang parabola kita memakai splitter, disecq dan semacamnya, cek juga connectornya disana. bisa jadi yang bermasalah di sana. Atau mungkin malah diseqc atau splitter tersebut yang mati. Kalau harus ganti, harganya engga mahal juga kok. 

Cek juga receiver nya, walaupun bisa di bilang jarang terjadi, yang namanya perangkat elektronik bisa saja rusak  tiba tiba. Coba pinjem dulu receiver punya temen atau tetangga buat ngecek, atau bawa receiver anda untuk di pasang di parabola tetangga. 


Bisa juga kita menambahkan sebuah line amplifier jika panjang kabel parabola kita lebih dari 20 meter. Alat ini lumayan bisa menaikkan sinyal parabola anda, harganya bervariasi sekitar 75 - 100 ribuan. Tapi jika panjang kabel antena parabola anda hanya 20 meter, alat ini tidak akan memberi efek sama sekali.  

cara mudah memperkuat sinyal parabola yang lemah

Ganti reflektor antena dengan yang lebih luas. Jika anda memakai reflektor dengan ukuran 60 cm, coba ganti dengan ukuran 80 cm untuk ku band. Jika anda memakai parabola jaring 6 feet, bisa di ganti dengan ukuran 8 feet, atau mungkin 10 feet. Namun tentunya ini membutuhkan banyak biaya dan tenaga. 

Bermacam cara dapat kita lakukan untuk memperkuat sinyal parabola yang lemah. Silahkan praktekkan cara cara di atas satu persatu sesuai dengan kondisi di lokasi anda masing masing. Jika anda masih mengalami kesulitan, silahkan panggil teknisi langganan anda, atau anda bisa tanyakan di kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga :

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Gratis 

Cara Menangkap Siaran TV Kabel Dengan Antena Biasa


Jika anda merasa artikel ini berguna, silahkan share artikel ini di share ke sosial media anda seperti Facebook, Twitter, Google +, Linkedin yang tersedia di bawah artikel ini.  Terima kasih, semoga bermanfaat. 

33 comments:

  1. mohon info Gan.
    saya pakai Getmecom HD5. hari minggu pagi masih bisa nonton, kemufian malam pingin nonton lagi sudah ndak bisa. cek signal 53%-57%, tapi quality yg biasanya diatas 90% kali ini tiba-tiba jafi 0%.
    kira-kira kenapa ya??

    ReplyDelete
  2. unknown : itu parabolanya geser gan/ ga pas coba cek parabolanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan kenapa parabola sy 6 feet jaring sdh ganti 2 lnb cband kabel baru setingan sdh di cek bgs cm palapa saja yg lock telkom losssss ga ada sinyal knpa ya gan ? lnb sdh di settg 15 cm kedalaman 60 tp telkom ttp zonk...

      Delete
    2. Telkom 3s atau telkom 4 ? Sekarang udah pada pindah telkom 4

      Delete
  3. Gan.knp klu di turunkan yg telkom hilang palapa malah bagus sinyalnya..klu di naikin malah sebaliknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisi LNB nya ga pas gan, coba geser2 dikit lnb nya

      Delete
  4. Gan, klo intensitas 47%, kualitas 10%, kenapa ya?
    Sinyal ga dpt sama sekali

    ReplyDelete
  5. tanya gan, sy pk receiver skybox a1 combo dan antena dish mini lgsat 45cm.
    Sy sdh cb tracking satelit sperti yg byk bs lihat d internet tp hasilnya di indikasi intensitas sinyal hanya diam di 60% dan tdk ada perubahan, ini berlaku sm dgn tracking satelit lainnya. Apakah ada alatnya yg eror ya gan, maklum nubie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transpondernya sudah di isi gan sesuai satelitnya? Coba pake aplikasi satfinder buat ngarahin ke satelitnya

      Delete
    2. Set satelit dan tp frec sesuai tutorial gan, dish jg sdh cb d arahin sesuai satfinder, tp tampilan intensitas sinyal ttp diam di 60%, d lepas kabel dr receiver jg ttp diam di 60%

      Delete
    3. Kalau lepas kabel dari receiver harusnya 0% , 60% itu indikator bahwa lnb terhubung ke receiver, ada yang 40% pada receiver tertentu

      Delete
    4. Nah kalo sinyalnya tetap60.padahal elevasi dan azimut sudah sesuai frekuensi sudah..apa dari kabel bermasalah

      Delete
  6. Kalo jaringan parabola sudah sobek, gimana cara memperbaikinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya parabola jaringnya sobek ? Bisa di tambal gan,, tapi harus hati hati biar presisi

      Delete
  7. Siang gan. Kemarin saya pndah rumah. D rumh lma siaran dapat pas si pasang ke rmh yg baru malah gk dpt sama sekali. Intensias nya selalu 20% dan sinyal nya 0 % . Sudah saya putar geser juga gk berubah. Saya belikkan kabel baru tetep sama. Mohon penjelasan nya gan. Mna tau bsa membatu dan berikan arahan gan.. trimakasih gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya itu karena cuma belum pas aja ke satelitnya gan

      Delete
  8. Gan receiver ane, d balikin ke setelan pabrikan... Eh pas searching pada gak ada.TP nya malah 45%,,,knapa yah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Transpondernya di input manual aja.
      kemaren satelitnya pakai apa? transpondernya berapa ? trus tekan tombol Merah / Hijau pada remote receiver ( Add / Tambahkan transponder )

      Delete
  9. Caranya mrogram parabola VENUS JUPITER MPEG4 gimana min...??
    Soalnya yg kelihatan cuman ANTV sama TRANSTV...
    Mohon bantuannya.....

    ReplyDelete
  10. Mau tanya gan, sy pakai lnb matrix, reciv k vision. Sy cb nyari satelit measat3, setingn di reciv sdh sesuai cuma pasi nyari sinyal kok ga bisa ngelock ya, sinyal sdh 84%, tp kekuatannya turunnaik terus tdk nge lock. Sdh di putar pelan pelan kiri kanan atas bawah tetep ga dapet itu knp ya? Mohon bantuannya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin tiang antenanya engga tegak lurus keatas gan,

      Delete
  11. Gan..kalau sy pasang kanopi sinyal parabola sy hilang.. solusinya gmn ya supaya sinyal parabola bs dpt kmd kanopi tetap terpasang.. mohon pencerahannya ya gan? Tq

    ReplyDelete
  12. Bang mau nanya, saya pakai receiver kvision c1000, satelit telkom 4 intensitas sinyal hanya 40 dan kualitas hanya 10, dan tidak ada chanel sama sekali, setiap di scan keluar tulisan "program tidak di temukan" itu kenapa ya bangg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu tandanya tidak dapat sinyal, mungkin tergeser atau ada kabel yang lepas

      Delete
  13. Tanya saya lock apstar6.
    Frekuensi 3940 h 28800 sinyalnya mentok di 45 persen.
    Sedangkan untuk yang frekuensi yang lain tidak ada sinyal sama sekali.
    Agar dapat nambah sinyal dan dapatkan sinyal yang lainnya bagaimana.
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  14. Bang nanya kenapa sinyal nusantara hd cuma mentok di 60%..mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  15. Bang mau nanya sinyal k-vision goyang goyang padahal uda pembaruan perangkat lunak itu kenapa ya ?
    Atau karena receiver nya yang bermasalah
    Kekuatan sudah 95
    Kualitas nya yang goyang goyang gak bisa tenang
    Cara memperbaikinya gimana bang ?

    ReplyDelete
  16. Gan mau panggil servis ke ruma bisa nga ? 😁

    ReplyDelete