Cara Menangkap Siaran TV Kabel Dengan Antena Biasa


Cara menangkap siaran tv kabel dengan antena biasa. Siaran tv kabel, begitu beberapa orang menyebutnya, dan seringkali menggeneralisasi istilah tv satelit adalah tv kabel juga. Padahal perangkat yang di gunakan sama sekali berbeda. Pada TV Kabel, media yang di gunakan adalah kabel dan atau tanpa receiver khusus, fiber optik contohnya ( bundling indihome ), atau tv kabel ilegal yang benar benar menggunakan kabel dan terhubung ke banyak rumah di sekitarnya, yang marak di beberapa tempat di jawa. Dan pada TV satelit, media yang di gunakan adalah seperangkat parabola dengan receiver khusus ( yang berbayar ) atau dengan receiver yang di jual bebas di pasaran.

Sesuai dengan program pemerintah  ( yang juga sudah banyak di mulai di berbagai negara lain ), yang akan menimdah / migrasi siaran tv dari analog menjadi siaran digital, maka kini mulai tumbuh dan berkembang siaran siaran tv digital terestrial di wilayah wilayah indonesia. Nantinya semua siaran tv dengan format analog akan berganti menjadi siaran digital. Siaran digital ini hanya membutuhkan bandwitdh yang lebih ramping dari pada tv analog, sehingga mampu menampung channel yang lebih banyak. Produsen Smart TV sekarang ini juga sudah mulai menyematkan perangkat tuner DVB T2 ke dalam pesawat televisi rakitan mereka untuk mendukung program pemerintah ini.


Baca juga : 

Tiket Fly, cara ampuh mendapatkan chanel tv premium

Ingin berlangganan Tv kabel, ini yang harus di perhatikan 

Cara Mudah Paralel Parabola Tv Kabel Dalam Satu Rumah

Spesifikasi Cara Aktivasi dan Harga MAtrix Sinema HD

receiver-siaran-tv-kabel

Siaran TV kabel ( termasuk tv satelit ) identik dengan chanel chanel dari luar negeri yang jumlah dan macamnya beragam, berisi acara yang variatif (  namun pada tv satelit yang mengudara selama 24 jam, terdapat pengulangan acara selama beberapa hari pada jam jam yang berbeda ), gambar yang jernih, benar benar jernih seperti memutar DVD. Lalu apakah kita dapat menangkap siaran tv kabel dengan antena biasa ? Tentu saja bisa, jika siaran tv kabel yang di maksud adalah siaran tv dengan gambar yang jernih dan channel ( lokal nasional ) yang beragam. 

Bagi anda yang sudah mempunyai televisi dengan tuner DVB T2 built in, anda hanya membutuhkan antena biasa saja, namun bagi yang masih menggunakan TV tabung atau layar datar yang belum ada tuner DVB T2 nya anda membutuhkan satu perangkat tambahan yang namanya Set Top Box DVB T2. Bentuknya mirip receiver untuk parabola tv satelit, atau DVD tapi besarnya hanya separuhnya saja. Saat ini, di pasaran terdapat beberapa merek Set Top Box DVB T2 yang di jual bebas, diantaranya Polytron, Xtreamer, Skybox, Venus, Getmecom, Ichiko. Receiver atau STB ini berfungsi untuk menerima siaran digital terestrial yang di pancarkan melalui Frekuensi UHF dari BTS terdekat dan mengubah menjadi signal digital.  Dari beberapa sumber, STB merk Polytron adalah STB terbaik dari segi kualitas gambar dan kualitas penerimaan signal, namun tentu saja harga yang di tawarkan juga berbeda. Receiver ini bisa di tebus dengan harga sekitar Rp. 450.000 an, lain halnya dengan STB merk Xtreamer yang dihargai 250 - 300 rb di pasaran. 


Baca Juga :

Satelit Telkom1 Down, menyebabkan berbagai layanan terganggu dan solusi perbaikanya

Nonton Siaran Liga Inggris Lebih Komplit di Parabola C Band

Dan jika  anda berada di sekeliling gedung gedung bertingkat, ada kemungkinan chanel chanel yang diterima kadang terputus atau tersendat, solusinya adalah menggunakan antena UHF untuk siaran digital. antena ini di khususkan untuk menangkap siaran dengan frekuensi UHF dengan format digital, jadi kualitas nya tidak di ragukan lagi. Harga antena ini berkisar 100 - 150 ribuan. Jika dirasa lokasi anda akan mendapatkan signal yang cukup bagus, saya tidak perlu membeli antena digital ini. 
antena-digital-siaran-tv-kabel

Lalu bagaimana cara instalasinya ? Saya rekomendasikan untuk memasang antena UHF anda di luar ruangan agar penerimaan signal menjadi lebih baik. Pasangkan kabel dari antena UHF anda ke port antena di STB anda, kemudian sambungkan kabel RCA ( kabel kuning, merah, putih ) dari STB ke televisi anda. kemudian hidupkan STB dan televisi anda, pilihlah AV 1 atau AV 2 melalui remote tv anda, lalu scan / search chanel melalui remote stb anda. Cukup mudah bukan ? 

Baca juga :

Review Receiver Tanaka T21 HD New Samurai

Spesifikasi Receiver Getmecom HD 5 Robocop

Cara termudah memasukkan Bisskey ke Receiver Parabola terbaru

Nonton Siaran Langsung Liga Inggris 2017/2018 Lebih Komplit di Parabola C Band

Sebelum membeli STB dan mempraktekkan cara menangkap siaran tv kabel dengan antena biasa, sangat di sarankan untuk mengecheck / mencari tahu dulu, ragam channel digital terestrial yang sudah ON Air di masing masing wilayah anda. Ketersediaan dan ragam channel akan berbeda di masing masing kota, jika anda kurang puas dengan ragam chanel digital terestrial tersebut, ada beberapa alternatif lainya, yaitu menggunakan tv satelit, baik yang FTA / gratis seperti Ninmedia atau yang berbayar macam telkomvision, orange tv maupun indovision.
.
.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
Friday, September 01, 2017 10:02:00 AM delete

Apakah setelah install set up box dan ternyata siaran digital menggunakan antena biasa tdk tertangkap. Apakah bisa di setting lg untuk menangkap siaran analog??? Minta cara nya ya ... Terimakasih

Reply
avatar
Wednesday, October 04, 2017 6:36:00 AM delete

siaran digital hadir bervariasi menurut kota masing masing, siaran tv analog masih dapat di saksikan secara normal menggunakan antena tv biasa, tanpa melalui set top box

Reply
avatar