Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mengubah TV Tabung Analog Menjadi TV Digital

Cara mengubah tv tabung analog menjadi Tv Digital. TV digital sedang hangat di perbincangkan beberapa waktu belakangan ini. Hal tersebut dikarenakan Kementerian Komunikasi dan Informatika mulai ramai mensosialisasikan roadmap Analog Switch Off yang akan segera di implementasikan setelah tertunda cukup lama.


Mau tidak mau, siap tidak siap, memang sudah saatnya kita bermigrasi ke Tv Digital. Sudah banyak negara negara lain yang berpindah ke siaran TV Digital sejak beberapa tahun yang lalu. Meskipun banyak masyarakat yang dirasa belum siap dengan kebijakan ini, namun Analog Switc Off tetap akan dilakukan dalam waktu dekat dengan 5 tahapan sesuai yang direncanakan.


Cara mengubah tv tabung analog menjadi Tv Digital

Pada akhirnya tidak sedikit masyarakat yang bertanya, apa yang harus dilakukan dalam menyikapi migrasi penyiaran dari TV Analog menjadi TV Digital ini? Bagaimana cara agar masyarakat yang masih mempunyai tv tabung biasa dapat menyaksikan siaran tv digital sehingga akses informasi tetap didapatkan oleh semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali?


Chanel Lengkap Tv Digital


Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat sebagai antisipasi dari migrasi penyiaran Tv Analog ke TV Digital ini adalah dengan Cara Mengubah TV Tabung Analog menjadi Tv Digital. Apakah TV Tabung Analog bisa dirubah menjadi TV Digital ? Bisa saja, simak caranya berikut :


Cara Mengubah Tv Tabung Analog Menjadi Tv Digital


Ada cara yang paling mudah untuk mengubah TV Tabung Analog menjadi TV Digital yaitu dengan cara menambahkan perangkat yang bernama STB. STB merupakan kependekan dari Set Top Box, perangkat yang berfungsi sebagai tuner TV Digital. Perangkat ini menangkap frekuensi UHF melalui antena Digital yang dipancarkan dari Stasiun Pemancar terdekat dan mengubahnya menjadi output sinyal Audio Video digital yang kemudian di tampilkan melalui Layar Televisi.


Cara Cek Sinyal TV Digital di daerah anda


Setelah dipasangi Perangkat STB, TV Tabung Analog akan berfungsi sebagai penampil suara dan gambar saja, mirip dengan ketika kita memutar DVD melalui DVD Player dan televisi. Kira kira sampai disini sudah jelas ya gambarannya.


Mengenal STB TV Digital


Saat ini sudah ada beberapa produsen yang memasarkan STB TV Digital melalui marketplace dengan rentang harga mulai 200 ribuan untuk yang termurah sampai 400 ribuan dengan merk polytron. Dalam setip kemasan kardus Set Top Box, biasanya terdapat Unit STB, Remote kontrol, Adaptor STB, Kabel RCA dan buku petunjuk pemasangan.


Tampilan antar muka Set Top Box bagian depan biasanya mempunyai tombol Power, tombol Chanel + dan Chanel -, tombol Volume + dan tombol Volume -. Kemudian biasanya juga terdapat tampilan 2 sampai 4 digit yang menampilkan nomor chanel yang sedang ditayangkan. Di beberapa STB tertentu terdapat juga signal Bar yang menunjukkan kekuatan sinyal.


Jenis dan Perbedaan TV Digital


Lalu tampilan antarmuka SET TOP BOX bagian belakang biasanya terdapat port RF In ( ada yang RF in plus RF Out juga ), kemudian ada port RCA Audio Video, Port HDMI ( STB tertentu ), Slot USB untuk media player, Saklar ON/OFF, Port Adaptor 12 V atau kabel power 220V AC. TAmpilan antarmuka ini mungkin akan berbeda antara satu Set Top Box dengan yang lain tergantung fitur masing masing STB.


Cara Pasang STB TV Digital ke TV Tabung Analog


Berikut diagram cara pemasangan STB TV Digital pada TV Tabung analog agar dapat menyaksikan siaran TV digital : 


Cara mengubah tv tabung analog menjadi Tv Digital

Pada dasarnya cara pemasangan set top box berbagai merk sama saja, yang berbeda kemungkinan hanya pada Output audio Video dari STB apakah akan memakai kabel RCA atau kabel HDMI, tinggal sesuaikan dengan port yang ada.

 

Mengatasi Siaran Tv Digital hanya TVRI Saja


Kabarnya pemerintah menyiapkan sekitar 6 juga STB untuk dibagikan ke 6 juta kepala keluarga atau sekitar 24 juta jiwa masyarakat kurang mampu. Jika anda tidak tercantum dalam daftar 6 juta tersebut, anda bisa membeli STB dengan harga 200 ribuan saja.


Sekian pembahasan tentang cara mengubah tv tabung analog menjadi tv digital dengan menggunakan SET TOP BOX berharga 200 ribuan saja. Jika sobat satelit masih ada yang belum dipahami, silahkan tanyakan di kolom komentar dibawah ini untuk kita diskusikan bersama sama. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment