Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mengecek Sinyal TV Digital di Lokasi Anda

Tak terasa waktu berjalan semakin dekat dengan rencana pemerintah untuk mematikan siaran tv analog dan menggantinya dengan siaran tv digital. Saat ini semua pihak sedang mempersiapkan proses migrasi tv digital, termasuk kita para pemirsa televisi yang harus beradaptasi dengan sinyal tv digital.


Persiapan yang harus kita lakukan adalah dengan memastikan perangkat televisi kita dapat menerima siaran TV Digital. Ada 2 hal yang dapat kita lakukan untuk membuat televisi analog kita agar bisa menyaksikan siaran TV Digital. yang pertama adalah dengan mengganti pesawat televisi kita dengan televisi yang sudah mendukung Tuner DVB T2, dan yang kedua adalah dengan menambahkan / membeli Set Top Box DVB T2.


Cara Mengecek Sinyal TV Digital di Lokasi Anda


Sebelum sobat satelit membeli Set Top Box Tv Digital atau mengganti pesawat televisi, tidak ada salahnya jika sobat mengecek ketersediaan / kesiapan chanel televisi digital di lokasi sobat. Bisa jadi saat ini dilokasi sobat sudah ada puluhan chanel tv digital yang sudah mengudara, atau bisa juga baru satu atau dua chanel TV Digital yang sudah ada.


Sinyal Tv Parabola Hilang Semua


Cara Mengecek Sinyal TV Digital


Cara mengecek sinyal Tv Digital bisa dilakukan dengan dua cara, cara yang pertama adalah dengan bertanya atau mengecek ke tetangga atau teman yang sudah mempunyai stb tv digital atau pesawat televisi yang digunakan sudah mendukung penerimaan tv digital.


Cara Merubah Tv Tabung Analog menjadi TV Digital


Sedangkan cara yang kedua yaitu menggunakan aplikasi android yang bernama " SinyalTVDigital ". Aplikasi ini dapat di unduh melalui tautan berikut ini SinyalTVDigital, atau bisa langsung dicari di Playstore smartphone sobat satelit.



Cara Cek Sinyal TV Digital dengan Aplikasi Android


Setelah sobat mendownload aplikasi android Sinyal Tv Digital, silahkan buka aplikasi tersebut dan tunggu beberapa saat sampai proses loading data selesai. Pastikan setting Lokasi anda aktif dan aplikasi Sinyal Tv Digital di berikan akses lokasi anda, hal ini bertujuan untuk mendapatkan lokasi sobat seakurat mungkin agar tidak terjadi kesalahan dalam pembacaan sinyal tv digital.


Silahkan perhatikan gambar dari aplikasi Sinyal Tv Digital dibawah ini :


Cara Mengecek Sinyal TV Digital di Lokasi Anda


Pada gambar tersebut terdapat keterangan angka dari 1 sampai 3, agar sobat satelit tidak kebingungan dan gampang dalam menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital, berikut kami jelaskan satu persatu angka tersebut :


- Angka 1 pada gambar tersebut menunjukkan symbol target, yang dapat digunakan untuk mengakses lokasi anda menjadi lebih akurat dengan GPS, sehingga ketepatan pembacaan dan pengecekan sinyal TV Digital menjadi lebih baik.


Bagian yang berwarna merah di sekitar pemancar di dekat anda adalah lokasi dengan kekuatan sinyal tv digital yang sangat kuat, sedangkan yang berwarna orange mengindikasikan sinyal tv digital di daerah tersebut berkekuatan sedang. Lalu warna kuning dan hijau menandakan sinyal tv digital di daerah tersebut dapat diterima dengan lemah.


Bisakah Menangkap Siaran TV Digital Menggunakan Receiver Parabola ?


- Angka 2 pada gambar tersebut menunjukkan symbol pemancar, jika symbol pemancar tersebut di klik, maka akan muncul provider penyelenggara kegiatan Multiplexing di daerah anda. Penyelenggara kegiatan Multiplexing ini merupakan hasil lelang yang dilakukan oleh Kominfo beberapa waktu yang lalu, beda daerah bisa jadi beda penyelenggara operator kegiatan Multiplexing tersebut.


Perlu anda ketahui juga, dalam satu operator penyelenggara kegiatan multiplexing dapat menampung sampai sekitar 13 chanel televisi. Pada gambar tersebut di daerah Admin di DIY terdapat 6 penyelenggara kegiatan Multiplexing yaitu TVRI, Trans TV, Metro TV, GTV, Indosiar serta TV One, sehingga nantinya akan banyak sekali chanel televisi yang dapat mengudara di Yogyakarta CMIIW.


Frekuensi SCTV dan Indosiar Mpeg2 Terbaru


- Angka 3 pada gambar diatas menunjukkan symbol gambar gunung, jika symbol ini ditekan, akan muncul daftar chanel televisi yang sudah mengudara di daerah sobat. Pada contoh gambar tersebut di DIY saat ini sudah ada 29 chanel TV Digital yang mengudara, jika di cek menggunakan Pesawat televisi digital, hal tersebut memang benar.


Admin siaran satelit mengapresiasi pembuat aplikasi SinyalTV digital tersebut dikarenakan akan sangat memudahkan masyarakat dalam pengecekan sinyal televisi digital didaerahnya masing masing. Oh Iya, sobat satelit juga dapat mengecek lokasi lain, apakah sudah terjangkau sinyal tv digital atau belum serta berapa chanel tv digital yang sudah hadir.


TV Digital Hadir, Bagaimana Nasib Pengguna Parabola ?


Caranya dengan mengetikkan nama kota di kolom pencarian sebelah atas, sobat satelit juga bisa zoom in dan zoom out maps nya seperti di Google Maps dan kemudian menekan suatu titik sekitar 3 detik untuk menentukan lokasi yang akan di cek kehadiran sinyal TV Digitalnya.


Semoga pembahasan artikel cara mengecek sinyal tv digital ini dapat bermanfaat bagi sobat satelit dimanapun anda berada. Mari kita bersama sama mendukung Migrasi Tv Digital dan Analog Switch Off yang dilakukan dalam 3 tahap sampai 22 November 2022, Salam.

No comments:

Post a Comment