Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Membuat Antena TV Digital Indoor Sederhana, dari Kawat Tembaga

Sobat satelit Perlu antena tv digital baru? Daripada beli alangkah lebih baiknya kita membuat sendiri antena tv digital indoor sederhana. Ada banyak barang yang dapat dijadikan untuk membuat antena tv digital, pada kesempatan ujicoba kali ini, kita akan membuat antena tv digital dengan kawat tembaga.


Antena Tv Digital yang akan kita buat adalah antena yang sangat sederhana yang hanya membutuhka kawat tembaga, kabel antena serta tiang pendek, bisa pralon atau besi pendek satu meteran. Kemudian kalau ada bisa menggunakan solder juga dan beberapa tali untuk pengikat, pakai kawat juga bisa.


Cara Membuat Antena TV Digital Indoor Sederhana, dari Kawat Tembaga



Bahan Untuk Membuat Antena Tv Digital Sederhana


Yang pertama, sobat memerlukan kawat tembaga dua buah dengan panjang 40 cm dan 30 cm. Kawat tembaga ini bisa diperoleh dari jeroan kabel listrik maupun kabel antena. Usahakan kawatnya diameternya lebih dari 1,5 mm2 ya sobat, agar penerimaannya lebih bagus.


Apakah Tv Digital harus pakai Antena Tv Digital


Oh iya kalau seandainya sobat tidak mempunyai kawat tembaga, sobat juga dapat menggunakan barang yang lain misalnya potongan besi, alumunium, atau bahkan bisa menggunakan plat nomor bekas. Kawat Tembaga ini nanti akan kita gunakan sebagai penerima sinyal tv digital yang dipasang mendatar atas bawah pada tiang antena.


Yang kedua sobat memerlukan kabel antena dan konektornya. Karena kita akan membuat antena Indoor, maka kabel antena yang dibutuhkan tidak usah terlalu panjang cukup sekitar 1,5 meter atau 2 meter saja. Kabel antena ini sobat bisa menggunakan bekas kabel parabola tv, dimana sobat tinggal mengganti ujung konektornya atau memasang konektor konverter seperti contoh dibawah ini :


Cara Membuat Antena TV Digital Indoor Sederhana, dari Kawat Tembaga

Jangan memakai kabel antena yang berwarna biru ya sobat, yang serabut tembaganya gampang putus, soalnya kualitasnya kurang bagus. Kalau bisa pakai kabel warna hitam yang serabut tembaganya kuat.


Untuk sobat ketahui, pada kabel antena, tidak semua inner berwarna coklat adalah tembaga, ada yang terbuat dari besi juga. Pada kabel penggunaan kabel yang pendek hal ini tidak berpengaruh signifikan, namun jika panjang kabel lebih dari 20 meter tentunya jelas berpengaruh.


Kemudian sobat siapkan juga pralon pvc pendek yang akan digunakan sebagai tiang, ada baiknya memakai pralon yang masih bersih agar lebih enak dilihat karena ini antena indoor.


Cara Membuat Antena TV Digital Indoor Sederhana


Langkah pertama, sobat perlu mengupas kabel listrik atau kabel antena untuk mengambil kawat tembaganya. Ada dua kawat tembaga yang dibutuhkan ya sobat, yang panjangnya 40 cm dan 30 cm.


Langkah kedua, sobat memasang kawat tembaga tersebut secara horizontal pada tiang pralon pvc. bisa dengan dilubangi atau di ulirkan sekali. Tambahkan tali / kawat sebagai penguat agar kawat tembaga tidak gampang lepas. Kawat Tembaga yang lebih panjang dipasang di sebelah atas, dan yang lebih pendek dipasang di bawahnya dengan jarak kurang lebih 5 cm.


Cara Membuat Antena TV Digital Indoor Sederhana, dari Kawat Tembaga



Kupas kabel antena sekitar 10 cm, gulung serabut ground nya, tarik kebawah sampai pangkal kabel hitamnya. Kupas kembali isolator warna putih sepanjang 5 cm sehingga inner tembaganya terlihat.


Hubungkan inner tembaga kabel antena dengan kawat tembaga yang panjang ( sebelah atas ) sedangkan serabut grounding kabel antena dihubungkan dengan kawat tembaga yang pendek ( sebelah bawah ), begini gambarnya :


Cara Membuat Antena TV Digital Indoor Sederhana, dari Kawat Tembaga



Jangan lupa solder pada sambungan terminal kabel tembaga dan kabel serabut agar tidak mudah terlepas dan sinyal dapat dilairkan dengan baik.


Setelah selesai disolder, pasang konektor antena pada ujung kabel antena satunya dan siap dipasangkan ke televisi atau STB TV Digital.


Nyalakan televisi dan cek sinyal tv digital sobat, jika sebelumnya pernah di scan tv digitalnya pakai antena yang lain, coba cek chanelnya satu satu, mana saja chanel yang bisa ditangkap. Namun jika belum pernah scan, sekarang bisa di coba scan tv digitalnya pakai antena yang barusaja kita buat, cek hasilnya ada berapa chanel yang tampil.


Cara Membuat Antena TV Digital Indoor Sederhana, dari Kawat Tembaga



Dari hasil ujicoba membuat antena tv digital sederhana dengan kawat tembaga ini ada sekitar 10 chanel TV Digital yang dapat disaksikan. Bagaimana sobat tertarik mencoba membuat antena tv digital sendiri ?

No comments:

Post a Comment