Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Apakah TV Digital Harus Pakai Antena Digital?

Halo sobat satelit, masih bingung apakah perlu beli antena tv digital atau tidak ketika beralih ke siaran tv digital?Apakah Tv Digital bisa pakai antena UHF ?Apakah Tv Digital bisa pakai antena indoor? Pertanyaan pertanyaan seperti ini sudah sering kita dengar belakangan ini sehubungan dengan massivenya berita tentang migrasi tv digital.


Apakah sobat sudah beralih ke tv digital? Atau malah masih memakai tv analog? Bagi yang sudah menggunakan  tv digital tentu dapat membandingkan kualitas siaran tv digital memang lebih baik dan lebih banyak chanel yang diterima. Dan bagi yang masih menggunakan tv analog juga tidak perlu berkecil hati, sobat bisa merubah tv analog menjadi tv digital hanya dengan bermodalkan set top box seharga 180 - 240 ribuan, tergantung merknya.


Apakah TV Digital Harus Pakai Antena Digital?



Antena TV Digital untuk STB TV Digital


Apakah cukup membeli STB saja, atau perlu membeli antena tv digital saja ketika kita akan bermigrasi ke siaran tv digital ? Harga antena tv digital sekitar 100 ribuan, jika sobat membeli stb dan antena tv digital maka biaya yang diperlukan sekitar 280-360 ribu rupiah. Bagaimana kalau STB dipasangi antena tv uhf biasa, apakah tetap bisa menangkap siaran tv digital?


Kebetulan saya sudah menggunakan TV Digital dan beberapa kali membantu saudara saudara memasang antena tv digital. Pada kesempatan kali ini akan saya uraikan artikel berdasarkan pengalaman saya melakukan ujicoba memasang antena uhf biasa dan menggantinya dengan antena tv digital. Semoga dengan sharing pengalaman saya ini dapat bermanfaat bagi sobat satelit dimanapun berada.


Memasang Antena Digital untuk TV Digital


Dengan memakai antena tv digital, saya berhasil mendapatkan 31 chanel tv digital untuk wilayah pinggiran kota yogyakarta, baik menggunakan STB maupun langsung TV Digital, sama saja. Antena TV Digital seharga 110 ribu merk intra saya pasang diatas genteng rumah.


Ketika antena tv digital dipasang di indoor, sensitifitasnya menjadi berkurang dan hanya menerima sekitar 15-17 chanel tv digital saja. Walaupun pada kemasan tertulis bisa dipasang indoor maupun outdoor, nyatanya ketika saya pasang di dalam ruangan chanel yang diterima berkurang separuhnya. Bagaimana dengan sobat, ada yang pernah mengalaminya juga ?


Memasang Antena UHF untuk TV Digital


Sebelum dipasangi antena TV Digital, lebih dulu coba kami scan dengan antena tv uhf untuk menangkap siaran tv digital, saya juga penasaran karena ada yang bilang bisa menangkap siaran tv digital, ada yang bilang tidak bisa.


Ketika menggunakan antena UHF kecil indoor dengan kabel pendek seharga 15 ribuan, ternyata sama sekali tidak dapat menangkap siaran tv digital, jadi penggunaan antena kecil bulat 15 ribuan tanpa booster ini akan percuma ya sobat.


Ujicoba yang kedua menggunakan antena UHF PF besar, yang panjangnya sekitar 1,5 meter. Ketika dipasang diatas plafon, hanya bisa menangkap sekitar 17 chanle TV digital saja sobat. Antena UHF PF ini memakai kabel coaxial kecil dengan panjang 8 meter bawaan pas dulu beli.


Nah kebetulan karena saya mempunyai kabel coaxial RG 6 Belden dengan inner tembaga 1,5 mm2 yang cukup panjang, saya ujicoba pasangkan ke antena Grid besar tersebut. Ketika Antena masih didalam ruangan, chanel tv digital yang didapat sekitar 23 chanel, bertambah dari ketika menggunakan kabel coaxial kecil bawaan.


Antena UHF Indoor bisa menangkap siaran tv digital


Ujicoba selanjutnya antena PF dipasang diluar dengan pipa besi temporer setinggi 6 meter, hasilnya ternyata bisa mendapatkan lengkap 31 chanel, sama ketika saya menggunakan antena tv digital outdoor.


Satu lagi yang cukup membuat saya terkejut, ketika antena tv PF besar tersebut dipasangkan kembali ke tempat semula ( indoor diatas plafon ) ternyata masih tetap bisa menangkap 31 chanel tv digital, jadinya sekarang antena PF besar tersebut masih dipasang indoor dan bisa menangkap siaran tv digital lengkap 31 chanel.


Berdasarkan ujicoba yang saya lakukan tersebut, bagi rekan rekan yang saat ini bermigrasi ke tv digital, jangan terburu buru membeli antena tv digital, coba antena tv UHFnya dipasang di atas genteng dulu untuk memaksimalkan penerimaan sinyal, atau kabelnya diganti dengan kualitas yang lebih baik kalau semisal ada.


Jika ternyata Antena Tv Uhfnya tetap tidak bisa menangkap siaran tv digital secara maksimal, mau tidak mau sobat harus membeli antena tv digital seharga 100 ribuan. Jangan lupa pasang antena tv digital tersebut di luar rumah, di atas genteng agar bisa menangkap semua chanel tv digital. Dukung terus chanel youtube kami dengan like, komen, share dan subscribe. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment