Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Merubah Parabola Bekas Menjadi Antena TV Digital

Bisakah menggunakan parabola sebagai antena tv digital ?Jika bisa bagaimana caranya? Apakah kabel parabola langsung dipindah dari receiver ke STB / Tv digital ? Rekan rekan pernah mencobanya ? Kebetulan pagi ini saya ada waktu untuk mencoba merubah parabola menjadi antena tv digital.


Dikarenakan banyak sekali sobat satelit yang menanyakan apakah parabola bisa dipakai untuk antena digital, maka saya melakukan ujicoba dengan antena parabola mini ku band bekas. Kalau bisa parabola yang dipakai yang bekas saja ya sobat, jangan yang masih dipakai, sayang kalau cuma dijadikan antena tv digital.


Merubah Parabola Bekas Menjadi Antena TV Digital


Cara Mudah Merubah Parabola Menjadi Antena TV Digital


Yang pertama tentu saja sobat harus mempunyai parabola bekas ya sobat, yang sudah tidak dipakai saja biar jadi bermanfat. Sobat juga perlu menyiapkan kabel atau bisa juga memakai kabel bawaan parabola bekas tersebut.


Kemudian Televisi yang digunakan harus sudah support TV digital atau sobat dapat memasang STB pada TV Analog sobat. Kalau cuma pakai TV Analog saja tanpa STB jelas tidak bisa menangkap siaran tv digital ya sobat.


Langkah selanjutnya lepaskan kabel parabola dari LNB. Lepaskan juga konektor kabelnya ya sobat. Jangan buang konektornya ya sobat, karena nanti akan dipakai kembali. Kupas pelindung luar kabel yang berwarna hitam sepanjang kurang lebih 20 cm hingga terlihat kabel serabut groundingnya.


Membuat Antena Tv Digital Indoor Sederhana


Kupas juga isolator kabel berwarna putih sepanjang kira kira 7 cm saja hingga terlihat batang tembaganya ya sobat. Kurang lebih gambarnya seperti ini :


Merubah Parabola Bekas Menjadi Antena TV Digital



Pasang inner kabel tembaga pada terminal LNB dengan cara memutarinya, lalu kencangkan agar tidak terlepas, bila perlu sobat dapat memasang kembali konektor kabel yang tadi sebagai pembatas atau pengunci.


Cara Mengatasi Sinyal Tv Digital yang Lemah


Langkah selanjutnya sobat perlu membersihkan tiang dibawah LNB, bisa dengan kikir atau dengan amplas sehingga lapisan cat terkelupas dan besi aslinya terlihat. Langkah ini perlu dilakukan sebelum memasang kawat serabut ke tiang dibawah LNB agar kabel serabut tersebut benar benar tersambung dengan baik ke bodi parabola.


Merubah Parabola Bekas Menjadi Antena TV Digital



Kemudian sobat dapat memberi selotip pada kabel serabut yang terpasang di bawah LNB agar tida mudah terlepas. Sampai disini sudah selesai untuk pengerjaan di antena parabola. Perlu diketahui, saya tidak merubah arah antena parabola saya ini, walaupun tidak menghadap ke arah pemancar tv digital. Antena parabola saya menghadap ke arah barat sedangkan Stasiun pemancar tv digital berada sekitar 15 KM arah timur tenggara.


Apakah TV Digital harus pakai Antena TV Digital ?


Sekarang kita pindah ke kabel parabola yang ada di bawah, yang tadinya terhubung dengan Receiver parabola. Pada ujung kabel saat ini yang terpasang adalah konektor parabola, sobat harus mengganti konektor kabel tersebut dengan konektor antena tv biasa agar bisa dipasang di TV / STB secara langsung. Atau sobat juga bisa memasang konektor konverter seharga 3 ribuan seperti pada gambar berikut :


Langkah selanjutnya tinggal pasang kabel tersebut ke TV Digital atau ke STB Tv Digital saja. Lalu sobat bisa scan TV Digital untuk mencari chanel yang bisa ditangkap dengan parabola tersebut.


Simak Video lengkapnya berikut :





Ujicoba Menangkap Siaran TV Digital Menggunakan Parabola


Dari hasil ujicoba yang saya lakukan pagi ini, memang antena parabola yang diubah jadi antena tv digital dapat menangkap siaran televisi digital. Ada sekitar 15 chanel tv digital yang dapat ditangkap. Namun ada beberapa catatan yang menurut saya perlu sobat ketahui diantaranya :


1. Gunakan parabola bekas yang tidak terpakai, jika parabola masih terpakai, sayang jika diubah jadi antena digital.


2. Jika nanti TV analog sudah dihapuskan, dan digantikan dengan TV Digital, TV parabola masih dapat disaksikan seperti biasanya.


3. Sobat perlu memperhitungkan jarak ke pemancar televisi, jika jaraknya terlalu jauh kemungkinan lebih sedikit chanel yang ditangkap. Mengubah parabola menjadi antena tv digital ini hanya efektif jika jarak dengan pemancar dibawah 10 KM saja menurut saya. Kalau lebih dari itu maka ga semua chanel tv digital bisa ditangkap.


Baca Juga : Ujicoba Menangkap Siaran TV Digital Menggunakan Antena Biasa, Parabola Bekas, Booster Taffware TFL D15


4. Biar semua chanel dapat ditangkap, gunakan ( belilah ) antena tv digital yang menggunakan booster dan dipasang di luar ( di atas atap ).


5. Prinsip kerja parabola tidak berlaku pada percobaan ini, bila disederhanakan, sama halnya dengan memasang kabel antena ke dua buah plat besi yang tidak terhubung namun saling berdekatan ( satu pakai kabel tembaga, satunya pakai kabel serabut groundingnya ) mirip membuat antena uhf sederhana, makanya tidak semua chanel tv digital tidak bisa ditangkap.


6. Sebagai perbandingan jika saya menggunakan antena tv digital merk toyosaki aio 220 / intra int 118, dapat sekitar 30 chanel tv digital, sedangkan jika memakai parabola sebagai antena tv digital hanya dapat sekitar 15 chanel saja.


Tujuan saya melakukan ujicoba ini karena banyak yang bilang bisa menggunakan antena parabola sebagai antena tv digital sehingga tidak perlu membeli antena tv digital lagi. Memang benar menggunakan antena parabola sebagai antena tv digital bisa dilakukan, hanya saja hasilnya tidak akan maksimal.


Nah dari hasil ujicoba yang saya lakukan tersebut sobat dapat juga melakukan ujicoba dan membandingkan sendiri apakah akan menggunakan parabola sebagai antena tv digital atau membeli antena tv digital seharga 100 ribuan. Jangan lupa sharing hasil ujicobanya disini ya sobat. Dukung chanel youtube Siaran Satelit kami dengan Like, Subscribe, Komen dan Share. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment