Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mengatasi Sinyal Tv Digital Tiba Tiba Hilang

Tak terasa sudah sebulan berlalu sejak tv analog dimatikan. Saat ini hampir semua masyarakat sudah menyaksikan siaran tv digital baik melalui STB maupun melalui TV analog yang dipasang STB. Dan tentu saja TV digital benar benar lebih jernih daripada tv analog sebelumnya.


Pada awal awal migrasi ini, chanel chanel tv digital didaerah saya bertambah beberapa buah. Namun didaerah lainnya belum tentu sama, bisa tambah chanel ataupun malah urutannya berubah.


Cara Mengatsi Sinyal Tv Digital Tiba Tiba Hilang



Termasuk salah satu yang pernah saya alami sendiri yaitu ada beberapa chanel tv digital yang sinyalnya hilang. Bedanya dengan TV Analog, pada tv digital ketika sinyalnya hilang, tampilan hanya gelap saja, tidak ada semut semut yang bergerak gerak.


Mengatasi Sinyal TV Digital tiba tiba hilang


Ketika anda juga mengalami sinyal TV Digital tiba tiba hilang, apa saja langkah yang harus dilakukan ? Untuk mendapatkan sinyal tv digital kembali, sobat perlu melakukan langkah langkah sebagai berikut :


1. Scan Ulang / Program Ulang


Langkah pertama yang perlu sobat lakukan adalah scan ulang kembali pada pesawat televisi sobat atau pada set top box. Kenapa hal ini bisa terjadi? Umumnya hal ini terjadi kepada chanel chanel yang kekuatan transmisinya lebih kecil daripada yang lain, jadi ketika sampai di lokasi sobat, sinyal masih bisa ditangkap, namun kekuatannya lemah.


Nah pada saat saat tertentu, karena sinyalnya lemah, antena ini tidak dapat mengunci sinyal chanel chanel tersebut sehingga tayangan tidak muncul di televisi sobat, walaupun nama chanelnya tetep ada di STB atau di TV.


Bisa jadi juga karena terjadi pengaturan ulang frekuensi pada Stasiun pemancar setempat ( BTS ), sehingga chanel A yang seharusnya ada di nomor 11 ( misalnya ), sudah berpindah ke nomor 20, namun karena belum di scan ulang, chanel tersebut belum terupdate di TV sobat. 


Oleh karena itu, Scan ulang atau Program Ulang TV atau STB menjadi langkah pertama untuk mengatasi sinyal TV Digital yang tiba tiba hilang. Jika scan ulang atau program ulang belum dapat mengatasi chanel tv digital yang hilang, silahkan lanjut ke langkah yang kedua.


2. Cek Sambungan Kabel Antena


Antena mempunyai peranan yang vital dalam menangkap siaran Tv Digital, sobat bisa mengecek sambungan kabel antena yang ke TV atau ke STB. Ada kemungkinan kabel antena terlepas atau kendor dapat menyebabkan terganggunya penerimaan siaran tv digital sehingga chanel tiba tiba hilang.


Jangan lupa cek sambungan kabel dan soket antenanya juga, bisa jadi solderan atau bautnya terlepas. Hal ini tentu saja menyebabkan sinyal tv digital tidak dapat ditangkap dengan baik oleh antena dan chanel tv digital tiba tiba hilang. Jika cara ini belum dapat mengatasi permasalahan sinyal tv digital tiba tiba hilang, kita lanjut ke langkah selanjutnya.


3. Perhatikan antena Tv digital yang sobat gunakan.


Untuk saat ini antena model apa yang sobat gunakan ? apakah menggunakan antena indoor kecil yang ditaruh di atas televisi ? Atau menggunakan antena grid di atas plafon, atau antena yang bisa di remote memutar arahnya atau menggunakan antena TV digital model terbaru. 


Cara Mengatsi Sinyal Tv Digital Tiba Tiba Hilang



Berdasarkan pengalaman saya dan beberapa tetangga yang konsultasi dengan saya, tidak disarankan menggunakan antena tv indoor kecil, karena penerimaan sinyal tv digitalnya paling tidak sensitif, jadi hanya bisa menerima sinyal tv digital yang benar benar kuat saja, atau malah sama sekali tidak bisa menerima sinyal tv digital.


Sedangkan untuk antena tv model grid yang dipasang di atas plafon, ataupun antena dengan remote yang bisa memutar saran saya, sobat dapat menambahkan penguat sinyal dari taffware dengan harga sekitar 25-35 ribu rupiah. Penguat sinyal ini sangat efektif untuk mengatasi sinyal tv digital yang tiba tiba hilang.






Studi kasus di tetangga saya, sebelumnya menggunakan antena grid yang dipasang di atas plafon bisa mendapatkan sekitar 20 an chanel tv digital. Kemudian setelah dipindah di atas genteng, bisa mendaptkan 31 chanel tv digital.


Namun selang beberapa hari banyak chanel yang hilang. Setelah saya pasangi penguat sinyal dari Taffware tersebut dan scan ulang, bisa langsung mendapatkan 35 chanel tv digital dan masih aman sampai sekarang, sinyalnya tidak hilang hilang.


Cara Mengatsi Sinyal Tv Digital Tiba Tiba Hilang


Kemudian studi kasus di teman saya, dia memakai antena yang ada remote nya, jadi antenanya bisa diputar pakai remote. Ketika dipasang hanya mendapatkan sekitar 10 chanel saja, namun ketika diganti dengan anten atv digital model terbaru bisa langsung mendapatkan 35 chanel dan siaran chanelnya aman sampai saat ini.


Cara Mengatsi Sinyal Tv Digital Tiba Tiba Hilang


Coba cek lagi antena tv digital sobat jika mengalami sinyal tv digital tiba tiba hilang, jika masih menemui kesulitan, bisa sampaikan di kolom komentar agar kita diskusikan bersama sama. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment