Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Arah Antena TV Digital Kemana Yang Paling Bagus?

Beberapa hari kemarin ada pertanyaan dari rekan rekan, kemana seharusnya arah antena TV Digital. Apakah bisa dipasang ke semua arah atau harus ke arah tertentu ? Pemasangan antena tv digital harus dilakukan dengan benar agar chanel tv digital yang didapatkan bisa maksimal.


Lokasi pemasangan antena tv digital juga sangat berpengaruh, ada baiknya antena tv digital dipasang di tempat yang tinggi untuk sensitifitas penerimaan yang lebih baik. Dari ujicoba yang beberapa kali pernah kita lakukan, lokasi terbaik untuk memasang antena tv digital adalah diatas genteng.


Arah Antena TV Digital Kemana Yang Paling Bagus?



Jika antena tv digital dipasang di dekat tv atau diatas plafon, chanel tv digital yang didapatkan tidak sebanyak jika antena tv digital ditaruh diatas genteng. Usahakan juga tidak ada bangunan tinggi di arah ke menara pemancar terdekat. Sobat sendiri antena tv digitalnya dipasang dimana ?


Arah Antena Tv Digital


Untuk mengetahui pemasangan antena tv digital diarahkan kemana, kita sudah membuat suatu percobaan dengan cara mengarahkan antena tv digital ke arah Menara pemancar terdekat, mengarahkan antena tv digital membelakangi arah menara pemancar dan memasang antena tv digital miring ke arah bawah. Bagaimana hasil percobaan yang kita lakukan ?


Arah Antena TV Digital ke Arah Menara Pemancar Terdekat


Untuk percobaan yang pertama kita memasang antena tv digital ke arah menara pemancar terdekat yang berjarak sekitar 30 kilometer ke arah tenggara dari kota jogja. Antena tv digital dipasang sekitar 7 meter dari permukaan tanah.  Setelah kita program ulang tv digitalnya, hasilnya didapatkan 35 chanel tv digital.


Semua chanel tersebut dapat disaksikan dengan baik, tidak ada chanel yang no signal ataupun gambarnya putus putus. Dapat disimpulkan percobaan memasang antena tv digital ke arah menara pemancar terdekat ini adalah pemasangan antena tv digital yang benar.


Arah antena TV Digital ke Arah Membelakangi Menara Pemancar


Sedangkan untuk percobaan yang kedua, antena tv digital kita putar 180 derajat sehingga arahnya membelakangi menara pemancar, jaraknya juga sama sekitar 30 kilometer. Kemudian kita scan ulang chanelnya, hasilnya kita juga mendapatkan 35 chanel tv digital.


Setelah kita cek satu persatu chanel, kesemua chanelnya juga bisa menayangkan siaran tv digital. Tidak ada chanel yang blank no signal dan juga tidak ada chanelnya gambarnya putus putus. Nah dengan percobaan kedua ini, menurut saya pemasangan antena tv digital bisa dilakukan ke semua arah, tidak harus ke arah tertentu atau menghadap ke arah menara pemancar terdekat.


Antena tv digital dipasang Miring ke bawah


Sebagai percobaan terakhir kita pasang antena tv digital dengan arah agak miring kebawah. Bagaimana hasilnya ? Untuk percobaan yang pertama kita tetap bisa menemukan 35 chanel tv digital yang ada di jogja. Jadi tidak ada masalah jika pemasangan antena tv digitalnya agak miring kebawah.


Namun perlu diperhatikan juga, beberapa waktu yang lalu ketika memasang antena tv digital di tempat tetangga saya, kebetulan antena tv digitalnya juga agak miring kebawah, jarak dari menara pemancar sekitar 40 kilometer, dan pemasangan sekitar 4 meter dari permukaan tanah.


Setelah kita scan, ternyata ada beberapa chanel tv digital yang tidak kita temukan. Ada beberapa chanel tv digital yang no signal dan ada beberapa chanel yang gambarnya putus putus.


Setelah kita perbaiki pemasangannya, tiang antena tetap agak miring namun arah antenanya kita buat horizontal ke arah menara pemancar dan kita program ulang ternyata juga bisa mendapatkan 35 chanel tv digital, semua chanel jernih dan tidak ada yang no signal.


Pemasangan antena tv digital yang paling bagus


Berdasarkan beberapa percobaan sebelumnya, menurut saya lokasi terbaik untuk memasang antena tv digital adalah diatas genteng dengan ketinggian 4-7 meter diatas permukaan tanah. Hindari memasnag dibalik tembok atau bangunan tinggi ya sobat, sedangkan arah antena sendiri bisa ke segala arah.


Saya kira sudah cukup jelas pembahasan kali ini tentang pemasangan antena tv digital ke arah mana yang terbaik. Percobaan yang kita lakukan dapat disaksikan juga di chanel youtube siaran satelit. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment