Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Mengatasi sinyal Tv Digital yang Lemah

Ada berapa chanel tv digital yang sudah hadir di daerah sobat ? Mungkin ada yang sudah 20 chanel, 30 chanel atau bahkan 40 chanel tv digital bisa ditangkap. Biasanya di kota kota besar mempunyai kecenderungan lebih banyak chanel yang bisa ditangkap. Seiring bertambahnya waktu, TV Digital yang mengudara juga akan semakin banyak.


Kebetulan di daerah saya tinggal sudah ada 31 chanel tv digital dan dapat ditangkap semua dengan baik. Saat ini TV Analog juga masih tersedia karena memang Analog Switch Off belum di berlakukan di Yogyakarta. Semua Chanel TV Analog sudah tersedia chanel tv digitalnya di sini, ditambah beberapa chanel lain yang tidak ada chanel analognya.


Cara Mengatasi sinyal Tv Digital yang Lemah



Sinyal Tv Digital Lemah


Nah seumpama tv digital yang sudah mengudara ada 31 chanel namun yang bisa sobat tangkap kurang dari itu, misalnya hanya 15 chanel saja, berarti ada perangkat yang tidak bekerja secara maksimal untuk menangkap sinyal tv digital tersebut atau sinyal yang ditangkap memang kurang kuat.


Berdasarkan pengalaman, jika jarak rumah sobat dengan stasiun pemancar dibawah 40 km masih dapat menerima sinyal tv digital dengan baik, asalkan sinyal tidak terhalang oleh pegunungan atau perbukitan. Namun jika jarak rumah sobat lebih dari 40 km dan sinyal tv digital yang diterima dirasa lemah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi sinyal tv digital yang lemah.


Cara Mengatasi Sinyal Tv Digital yang lemah


Untuk mengatasi sinyal tv digital yang lemah, ada beberapa cara yang bisa sobat lakukan sendiri diantaranya sebagai berikut :


1. Memasang antena di luar rumah.


Banyak dari kita yang menggunakan antena tv indoor untuk menangkap sinyal tv UHF analog dan digital. Jika lokasi rumah kita cukup dekat dengan stasiun pemancar, tentunya hal ini tidak menjadi masalah, namun jika jarak rumah cukup jauh, sobat bisa memasang antena TV di luar rumah, atau diatas genting.


2. Menambah Booster


Antena tanpa booster dan antena dengan booster memang berbeda kualitasnya. Dengan adanya booster, antena tv dapat menangkap sinyal dengan lebih sensitif. Sinyal sinyal yang tadinya lemah, bisa dibaca oleh tuner karena sinyal mengalami penguatan oleh booster.


3. Mengganti Antena


Bagi yang tidak ingin repot repot, sobat bisa juga mengganti antena lama dengan  antena tv digital yang sudah disertai booster seharga 100 ribuan dan memasangnya diatas genting. hal ini yang saya lakukan dan berhasil menangkap semua chanel TV Digital yang sudah mengudara di yogyakarta.


4. Mengganti kabel Antena


Pengalaman ini saya dapat ketika dirumah kakak saya, dengan antena UHF yang cukup besar ( panjangnya 1,5 meter )dan dipasang didalam rumah ( mungkin mirip PF 5000 ), ketika masih menggunakan kabel bawaan antena, hanya dapat menangkap siaran tv digital sebanyak 17 chanel, itupun ada beberapa chanel yang kadang hilang kadang ada.


Setelah kabel antena diganti dengan Kabel RG11 Belden 9292 yang kawat dan serabutnya benar benar tembaga, bisa mendapat 31 chanel tv digital, alias semua chanel tv digital yang mengudara dapat ditangkap meskipun antena tetap dipasang di dalam rumah diatas plafon.


5. Memasang antena dengan tiang


Cara ini biasanya digunakan oleh masyarakat yang berada jauh dari lokasi stasiun pemancar televisi. Dengan menaikkan posisi antena tentu saja lebih berpeluang mendapatkan sinyal yang lebih kuat.


Cara cara mengatasi sinyal tv digital yang lemah tersebut sudah saya praktikan semuanya dan berhasil. Jika merasa perlu, sobat bisa mencoba salah satu cara atau kombinasi dari dua cara, misalnya mengganti antena dan memasnagnya dengan tiang yang tinggi. Silahkan disesuaikan saja dengan kondisi setempat.


Jika sobat masih mengalami kesulitan dalam mengatasi sinyal tv digital yang lemah dan bermaksud memperkuat sinyal tv digital, silahkan sharing sharing pertanyaan dan pengalaman sobat disini. Dukung terus chanel Youtube kami dengan like, komen, subscribe dan share video video yang ada di chanel kami. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment