Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Pilih TV Digital atau Tv Parabola ?

Dengan diperkenalkannya TV Digital sejak beberapa tahun lalu serta menjelang masa berakhirnya TV Analog, manakah yang lebih anda pilih ? Pilih Tv Digital atau TV Parabola?


Biar lebih jelas dan terarah konteksnya, kita jelaskan terlebih dahulu Tv Digital yang kita maksudkan disini adalah TV UHF Digital terrestrial baik menggunakan Set Top Box ataupun menggunakan pesawat tv digital yang menggantikan TV UHF Analog. Sedangkan Tv Parabola adalah Perangkat penerimaan siaran televisi menggunakan Receiver parabola dan antena parabola baik parabola mini maupun parabola jaring.


Pilih TV Digital atau Tv Parabola ?



Sebelum kita mulai lebih jauh, sobat sudah paham ya yang akan kita bahas kali ini. Baik TV Digital maupun Tv Parabola akan tetap tayang seperti biasa ketika Analog Switch Off diberlakukan pada November tahun ini. Sobat bisa menikmati siaran TV Digital + Parabola TV, atau bisa memilih salah satunya saja sesuai dengan kondisi dan keinginan masing masing.


Pilih TV Digital atau Tv Parabola ?


Pemilihan dan penggunaan TV Digital atau Tv Parabola hendaknya ada baiknya disesuaikan dengan kebutuhan masing masing individu. Ada beberapa faktor yang perlu sobat pertimbangkan untuk menentukan apakah akan menggunakan Tv Digital atau Tv Parabola, diantaranya sebagai berikut :


1. Gratis atau berlangganan.


TV UHF Digital Terrestrial yang menggantikan tv analog terrestrial dapat sobat nikmati secara gratis tanpa berlangganan. Untuk siaran Langsung sepakbola juga tidak akan diacak, karena memang platform nya FTA free to air. Sedangkan TV Parabola saat ini mengharuskan berlangganan minimal paket basic seharga 10rb/bulan sebagai langganan minimal untuk menikmati siaran siaran tv nasional dan beberapa chanel tambahan. Sebagai tambahan, siaran langsung akan diacak jika menggunakan tv parabola, misalnya Liga Inggris di chanel SCTV Telkom 4 misalnya.


2. Lokasi tempat tinggal.


JIka sobat bertempat tinggal di daerah perkotaan dan relatif dekat dengan stasiun pemancar televisi, sobat bisa menggunakan Tv Digital, karena pasti akan banyak chanel yang bisa ditangkap secara gratis, cukup letakkan antena UHF Digital di atas genting rumah agar penerimaan sinyal bisa berfungsi maksimal. Sedangkan jika sobat bertempat tinggal di daerah pinggiran, misalnya lebih dari 40 KM dari stasiun pemancar terdekat, sobat bisa menggunakan tv parabola, sebab jika menggunakan tv digital kemungkinan tak banyak chanel yang bisa ditangkap. Namun estimasi jarak ini tidak bisa jadi patokan dasar juga ya sobat, setidaknya bisa jadi pertimbangan.


3. Chanel dan Hiburan.


JIka sobat tidak ada masalah dengan biaya berlangganan dan terbiasa menonton chanel chanel hiburan luar negeri atau siaran langsung pertandingan sepakbola, sobat bisa menggunakan TV Parabola. Dengan TV Parabola sobat dapat menikmati siaran siaran hiburan jauh lebih banyak daripada hanya menggunakan tv digital. Namun jika termasuk jarang menonton dan hanya sesekali saja menyalakan tv, maka cukup menggunakan TV Digital saja.


Karena masih banyak sobat yang bingung, maka sekali lagi saya perjelas disini bahwa TV Parabola akan tetap ada ketika Tv analog dimatikan dan digantikan dengan tv digital. Jadi siaran K Vision akan tetep ada, siaran Nex Media, Telkom 4, Measat, SES 9 akan tetap ada seperti biasanya. Sobat juga tidak terbatas hanya bisa memilih salah satu antara Tv Digital atau Tv Parabola saja. Sobat bisa dengan mudah memilih dan menggunakan keduanya dengan receiver combo STB yang sudah ada di pasaran.


Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan rekan yang masih bingung bagaimana nasib parabola tv setelah analog switch off dilakukan pada november 2022 ini. Dukung terus chanel youtube kami dengan cara like, komen , subscribe dan share video video kami. Salam.

No comments:

Post a Comment