Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Jangan Beli Set Top Box Sebelum Cek Hal Ini

Migrasi tv digital sudah dimulai dan analog switch off semakin dekat, apakah sobat sudah memikirkan akan membeli set top box tv digital ?Sobat sudah mulai mencari tahu merk set top box tv digital terbaik saat ini?


Daripada menyesal, sebaiknya sobat satelit perlu ketahui hal hal berikut ini sebelum memutuskan membeli set top box tv digital, untuk menonton siaran digital yang sudah mulai siaran sejak beberapa tahun lalu. Apa saja yang perlu di cek sebelum membeli Set Top Box Tv Digital ?


Jangan Beli Set Top Box Sebelum Cek Hal Ini

1. Televisi milik anda saat ini.


Apakah televisi milik sobat saat ini sudah support tv digital? Televisi yang sudah support tv digital biasanya ada keterangan seperti Digital TV, DVB T2 Support, Support Tuner Digital, DTV Support. Jika televisi sobat sudah support Tuner DVB T2 tentunya sobat tidak perlu membeli Set Top Box Tv Digital.


Nah jikapun televisi sobat belum mendukung TV Digital, sobat juga perlu cek bagian "INPUT" televisi. Set Top Box TV Digital harus disambungkan dengan input RCA ( colokan kuning untuk video dan merah serta putih untuk audio ) atau input HDMI yang lebih populer untuk televisi saat ini.


Pastikan Televisi sobat bagian INPUT RCA dan atau HDMI nya berfungsi dengan baik sehingga jika dipasangi Set Top Box Tv Digital, siaran Audio dan Video dapat ditampilkan dengan baik pada pesawat televisi sobat.


2. Jumlah Chanel digital di wilayah sobat


Nah ini yang sering terlewatkan, ada baiknya sobat mengecek terlebih dahulu jumlah chanel digital di daerah sobat. Bisa dengan bertanya kepada rekan atau saudara yang sudah menggunakan tv digital, atau bisa juga dengan menggunakan Aplikasi Sinyal TV Digital.


Jangan sampai ketika sobat sudah membeli Set Top Box Tv Digital namun hanya mendapat beberapa chanel saja, misalnya 5 atau 7 chanel saja. Sayang sekali kalau hal ini sampai terjadi, sobat jangan sampai menyesal karena hal ini.


3. Jangkauan sinyal UHF Digital di wilayah sobat


Pada daerah daerah tertentu, misalnya daerah pegunungan, daerah pantai ataupun wilayah yang terpencil ternyata masih banyak yang belum terjangkau sinyal UHF. bisa jadi terjangkau sinyal UHF namun hanya ada satu atau dua stasiun televisi yang ditangkap, itupun harus menggunakan antena yang sangat tinggi.


Jangkauan sinyal TV Digital sama dengan jangkauan sinyal TV Analog UHF, jadi kalau misalnya sinyal UHF saja di wilayah sobat tidak terjangkau atau hanya ada satu dua siaran, pertimbangkan lagi untuk membeli Set Top Box Tv Digital ini agar tidak sia sia.


Cara mengecek Sinyal TV Digital di wilayah anda


4. Perlu ganti antena UHF ke antena Digital ?


Sebenarnya antena digital juga dapat menangkap siaran digital dan siaran UHF juga. Namun untuk antena UHF biasanya kurang maksimal jika untuk menangkap Siaran tv Digital. Pernah ada informasi dari sobat satelit juga ketika menggunakan antana UHF untuk menangkap siaran TV Digital hanya mendapat 5 chanel TVRI saja yang tayang.


Untuk lebih jelasnya simak video berikut :




Namun ketika sudah diganti menggunakan Antena TV Digital, chanel yang bisa ditangkap menjadi lebih banyak. Hal ini disebabkan Antena TV Digital memang lebih peka dalam menangkap siaran TV Digital karena dilengkapi dengan booster, sehingga sinyal tv digital yang kecil bisa di amplifi sehingga dapat ditayangkan dengan baik.


Bagaimana sobat, apakah sebelumnya sobat sudah memikirkan hal hal tersebut?  Jika belum maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk mulai menjadikan hal hal diatas sebagai pertimbangan sebelum membeli set top box TV digital. Semoga cakupan wilayah siaran tv digital semakin merata sehingga dapat dinikmati di seluruh wilayah di indonesia. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment