Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Bisakah Menangkap Siaran TV Digital Menggunakan Receiver Parabola ?

Bisakah menangkap siaran tv digital menggunakan receiver parabola ? Ada banyak pertanyaan yang masuk ke kami terkait penggunaan receiver parabola untuk mendapatkan siaran tv digital terestrial. Apakah receiver parabola bisa digunakan untuk menangkap siaran tv digital? Mari kita bahas bersama sama.


Jenis dan Perbedaan TV Digital


Saat ini semakin gencar sosialisasi kepda masyarakat umum terkait rencana ASO ( Analog Switch Off ) yang sudah tertunda beberapa kali sebelumnya. Update terbaru dari Kominfo Analog Switch Off akan dilakukan paling lambat 22 November 2022, masih sekitar satu setengah tahun lagi. Namun untuk beberapa kota sudah yang dirasa sudah siap, akan dimulai pada bulan agustus tahun ini.


Cara Mengubah TV Tabung Analog Menjadi Tv Digital



Apakah itu ASO atau Analog Switch OFF ? Analog Switch Off yaitu kegiatan menghentikan siaran televisi berformat analog yang dipancarkan melalui stasiun Transmisi lokal di kota kota anda. Letak Stasiun Transmisi ini biasanya berada di daerah ketinggian di kota setempat, misalnya di Bukit Patuk di Yogyakarta. Para operator stasiun televisi juga akan mengganti siaran analog dengan siaran berformat digital sebelum ASO dilakukan.


Perbedaan Receiver Parabola dan Set Top Box Digital


Setelah dilakukan Analog Switch Off pada tanggal 22 November 2022 tersebut maka televisi analog konvensional ( semua tv tabung dan tv layar datar yang belum support ) tidak akan dapat digunakan untuk menyaksikan siaran televisi nasional jika tidak diganti atau ditambahkan dengan Receiver TV Digital.

 

Cara Cek Sinyal TV Digital di daerah anda


Bisakah menangkap siaran tv digital menggunakan receiver parabola ?


Ada dua jawaban untuk menjawab pertanyaan tersebut, jawaban pertama Bisa dan jawaban kedua Tidak Bisa. Mengapa begitu ? Mari kita uraikan jawaban tersebut satu persatu agar anda dapat memahami pertanyaan tersebut dengan baik.


Cara dapat STB Tv Digital Gratis Kominfo


Receiver Parabola BISA digunakan untuk Menangkap Siaran Tv Digital


Receiver Parabola yang dimaksud disini terbatas pada receiver parabola Hybrid, yaitu receiver parabola yang dapat digunakan untuk menangkap siaran televisi satelit dan dapat menangkap siaran televisi digital terrestrial sekaligus dalam satu perangkat receiver.


TV digital Hadir Bagaimana Nasib Pengguna Parabola TV ?


Apakah receiver tersebut ada dan dijual dipasaran ? Tentu saja ada. Saat ini ada beberapa receiver parabola Hybrid + tv digital terrestrial yang dapat ditemukan dipasaran, misalnya Receiver Skybox A1 Pro, Receiver Skybox A1 Combo, Receiver MMP Jakarta, dan Receiver Freesat V8 Golden.


Chanel Lengkap TV Digital


Receiver parabola hybrid tv digital ini memang agak sedikit lebih mahal namun sebanding dengan fitur yang ditawarkan jika televisi anda masih analog dan belum mempunyai receiver tv digital. Harga termurah dimiliki oleh recever Skybox A1 Combo sekitar Rp. 360.000,-.


Cara Instalasi Receiver TV Digital


Receiver Parabola TIDAK BISA Digunakan Untuk Menangkap Siaran TV Digital


Selain receiver parabola hybrid yang sudah disebutkan diatas, maka receiver parabola tersebut tidak bisa digunakan untuk menangkap siaran televisi digital. Misalnya receiver anda Skybox A1 8MB, Tanaka Jurrasic, MMP Raja ampat, Nex Parabola Merah, Mola Matrix, Matrix Burger S2, Gardiner GOL, Optus GOL, LGsat GOL, Venus Meteor juga tidak dapat digunakan untuk menerima siaran TV digital di indonesia.


Cara Mendapatkan Siaran Tv Digital Gratis


Receiver Parabola digunakan untuk menangkap siaran dari satelit yang berformat DVB S dan DVB S2 ( S = satelit ), sedangkan receiver Tv digital digunakan untuk menangkap siaran televisi digital berformat DVB T dan DVB T2 ( T = Terrestrial ). JIka ingin membeli receiver tv digital pastikan ada tulisan DVB T2 dan jika ingin membeli receiver parabola pastikan ada tulisan DVB S2, mudah diingat bukan ?

58 comments:

  1. pemerintah ini gimana sih, suruh pindah ke siaran digital tp menara pemancar aja masih kurang. sy cuma dikota bogor cuma dapet chanel tvri doang. pake stb serasa mubajir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat, coba kroscek ke tetangga, teman anda yang pakai TV Digital langsung di tv nya, tanpa pakai STB, apakah yg di terima cuma tvri saja atau ada yang lain?

      Sebab kalau yang diterima cuma tvri saja, saya juga heran, soalnya di jogja saja sudah ada 22 chanel tv digital ( tvri nya ada 5 chanel )

      Delete
    2. Berapa km jarak jangkauan siaran tv digital yang bisa diterima melalui set topbox...

      Delete
    3. setahu saya sama saja dengan tv analog, kalau pakai tv analog masih bisa dapat, pakai tv digital harusnya juga bisa dapat kok

      Delete
    4. Kemungkinan blm di program, untuk daerah sekelas Bogor kayaknya ga mungkin hanya dapat siaran TVRI, sedangkan saya di Cilacap sudah dpt 22 chanel tv digital.

      Delete
  2. kroscek teman, tetangga belum. namun baru sy cek via aplikasi sinyaltv digital. dri aplikasi itu hanya muncul keterangan mux dekat dgn pemancar tvri saja. atau dgn kata
    lain hanya muncull chanel tvri saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin aplikasinya belum update sobat, coba cek kapan aplikasinya di upload ke playstore, baiknya sih kroscek langsung ke tetangga dan teman yang sudah pakai tv digital

      Delete
  3. sy udah cek ke tetangga, sampai sy bawa stbnya kerumah temen. hasilnya sama. bapak/ibu bisa cek sendiri kalau dilokasi rumah sy memang engga menjangkau menara pemancar sinyal digital.
    ini titik koordinat lokasi rumah sy;
    -6.617923,106.817008
    tepatnya dikota bogor timur. dekat dengan sd pertiwi, kota bogor timur.

    silahkan bisa di cek via aplikasi sinyaltv digital.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangkauan sinyal tv digital sama dengan tv analog, untuk tv uhf analog apakah hanya tvri atau ada chanel tv yang lain ? Stb yang di pakai merk dan seri apa pak?

      Sobat yg domisili bogor yang lain mungkin ada yang menanggapi?

      Delete
  4. tv uhf analog; banyak chanel yg didapat, bukan cuma chanel tvri.
    stb yg dipakai, merk;tanaka & seri atau model; T2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali kalau hanya tvri yang baru ada, seharusnya semakin dekat dengan Analog Switch Off, semakin banyak stasiun tv yang berpindah ke siaran digital

      Delete
  5. maaf, tenyata kesalahan ada pada antenanya, setelah diganti dengan antena digital,stb bisa menangkap sinyal digital dengan baik & dapat 34 chanel untuk wilayah kota bogor timur.
    namun yang buat bingung volume suara tv jadi kecil, padahal sudah dinaikan volume suaranya. tidak seperti pas pakai antena biasa, volume suara normal.
    apakah karena pengaruh kabel rca, sebab sy menggunakan kabel rca sebagai penyambung dari stb ke tvnya. secara kualitas gambar, sangat bagus.
    sekali lagi maaf, atas kesalahapahaman ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap, banyak sekali ada 34 chanel, jogja baru 22 chanel. Biasanya memang gitu, suaranya kecil, bisa di maksimalin saja kalau yang stb nya, kalau tv nya support kabel hdmi, ganti kabel hdmi saja

      Delete
  6. Mau tanya saluran di indonesiakan akan di ganti dengan tv digital, la untuk pengguna parabola itu gimana ya apakah harus mengganti resever untuk melihat siaran tv atau cukup gengan resever parabola itu sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai parabola ga ada masalah sobat, tetep bisa nonton lewatparabola

      Delete
    2. oww semasih punya parabola jadi bisa tetap nonton ya? walaupun receivernya Matrix Burger?

      Delete
    3. Iya sobat, ga ada masalah dengan pengguna parabola

      Delete
    4. Untuk yg pakai parabola apa harus setting arah parabola dulu?

      Delete
  7. Pada dasar nya di lokasi saya pakai siaran dengan menggunakan Parabola. Terus dengan peralihan ke tv di gital nanti gimana dampak nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaran parabola tetep tayang pak, siaran tv digital tetep tayang,engga ngefek kalau pakai parabola

      Delete
  8. Dengan reciver apapun, baik yang Ku_band maupun C_band ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Receiver combo tertentu yang saya sebutkan diatas sobat

      Delete
  9. Blog dan adminya keren. Sabar mentoringnya dan solutif, smp kita yg awam elektro aplikatif jadi ngeh. Semoga Allah memberkahi dan membalas kebaikan anda dunia akhirat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, berkah juga buat sobat sobat sekalian yang mampir di blog sederhana ini

      Delete
  10. Saya masih bingung nih... Saya kan ada antena parabola, cm siarannya yg ketangkep cm beberapa saja. apakah anrena parabola saya masih bisa di gunakan untuk antena settopbox. Klo masih bisa di gunakan jd saya tidak perlu beli antena biasa. Mohon info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antena parabola ga bisa dipakai untuk antena set top box, kalau mau pakai set top box, harus beli antena tv digital.

      Parabolanya di arahkan ke satelit lain aja yang chanelnya lebih banyak

      Delete
  11. Bos numpang tanya, saya kan pake parabola dengan LNB KU-BAND untuk arah satelit Telkom 4 kenapa gabisa ketangkap ya, receiver ku K-vision

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ga bisa sobat, K Vision Ku band itu di measat 3A, kalau Telkom 4 itu K Vision C Band

      Delete
  12. Mau bertanya apakah semua merk receiver parabola bisa akses tv digital

    ReplyDelete
  13. Klu di rumah saya purwakarta tdk bisa pakai antena biasa aliar banyak rintik harus pakai parabola. Apakah dgn tv digital kami cuman beli STB saja udh bisa nerima sinyal semuanya dgn tdk ada rintik riktik aliar kurang jelas gambar..mohon jawaban

    ReplyDelete
  14. Saya pkek tv analog,tp sya pkk antena parabola dan mggunakan receiver parabola optus dsb s2,apkah msih ttap bsa nerima siaran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa beli STB tv digital saja sobat, tapi parabola masih bisa buat nonton tv nasional kok

      Delete
  15. Saya menggunakan parabola merk tanaka, merk reciver tanaka new samuarai T2, kalo skrg siaran nasional semua hilang yg ada cuma TVRi, gimana tuh cara nya supaya di daerah saya Sekayu, musibanyuasin bisa menerima siaran tv nasional lagi, tolong pencerahannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek antenanya pak, kemaren ada kasus yang sama, setelah di ganti pakai antena digital langsung muncul semua chanelnya

      Delete
  16. Mau tanya,kalau tv nya sudah ada tulisan DTV,antena sudah digital,tapi tidak bisa menerima siaran digital..itu kenapa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat berapa chanel total sekarang? Chanel digital di tempat saya, angkanya 800 an serta ada symbol antena pemancar

      Delete
  17. Mau tanya nih yg jualan antena tv digital kan banyak nih di toko2 online,yg langsung colok ke jak antena pada tv tanpa mengunakan receiver digital,apakah benar itu bisa angsung nangkep siaran tv digital,mohon pencerahan nya🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. IYA, kalau tv sobat sudah ada tuner tv digital bawaan pabrik.

      Tidak bisa, jika tv sobat masih tv analog saja, tanpa tuner tv digital

      Delete
  18. Klo pake antena biasa trus di sambung ke receifer apakah bisa nangkap siara

    ReplyDelete
  19. Mohon infonya untuk daerah kabupaten tanah bumbu , Kalimantan Selatan apakah sudah ada siaran digital ya?

    ReplyDelete
  20. saya pake receiver lgsat 101 trus parabola venus masih bisa gak

    ReplyDelete
  21. Kalau pakai parabola mini....tanaka bisa gak ya

    ReplyDelete
  22. Mantap artikelnya pak. Tapi saya masih bingung. Mohon maaf, sobat awam soalnya hehe.
    Di rumah saya, ada tv digital dan menggunakan matrix burger. Nah, nanti saat ASO di daerah saya, kira2 siaran2 tv dari receiver parabola mati tidak ya? Atau harus ganti receiver parabola?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tv digital ini berbeda dengan parabola tv, jadi saat ASO, parabola tv tidak kena efek apa apa, tetep bisa di tonton seperti biasa

      Delete
    2. Oke pak. Makasih atas prncerahannya.

      Delete
  23. Kalo antena digital dipasang untuk tv analog dan belum memakai STB, apa bisa digunakan ya pak?

    ReplyDelete
  24. Apa untuk measat sudah off kak.. Punya saya hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. measat banyak yang kebuka jika pakai receiver rekomendasi k vision

      Delete
  25. Berati receiver parabola yang baru belum tentu bisa untuk tv di gital kalau tidak ada codenys

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli STB TV digital saja sobat, bentuknya miri receiver parabola, tetapi fungsinya berbeda

      Delete
  26. Saya pakai parabola receiver k vision apakah tidak pengaruh bila nanti siaran sudah beralih tv digital semua ? Bagaimana dengan receiver lain ?

    ReplyDelete
  27. Kalau pakai parabola receiver k vision apakah nanti pengaruh kalau udah pindah digital semua ? Kalau receiver lain pengaruh g ???

    ReplyDelete
  28. Artikel sangat bagus,sangat membantu yg blm tahu.mksh.

    ReplyDelete