Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Dapat Set Top Box TV Digital Kominfo Gratis

Menyambut pemanfaatan teknologi penyiaran televisi digital yang akan segera dimulai di Indonesia, maka masyarakat perlu mempersiapkan peralatan yang dapat mendukung penyiaran Tv Digital tersebut. Salah satunya adalah Set Top Box TV Digital yang bisa sobat dapat dapatkan secara Gratis dari Kominfo. Bagaimana Syarat dan Cara Dapat Set Top Box Tv Digital Gratis dari kominfo ini ?


Sejatinya Analog Switch Off atau penghentian siaran tv Analog di beberapa daerah akan dimulai pada 17 Agustus 2021 lalu. Namun dikarenakan pertimbangan pemerintah yang lebih fokus kepada penanganan Covid 19, ASO baru akan dimulai pada 30 April 2022 dalam 3 tahap. Target penyelesaian Migrasi Siaran Tv Dgital dari Kominfo tidak berubah, Siaran Tv Analog akan di akhiri pada 2 November 2022.


Cara Dapat Set Top Box TV Digital Kominfo Gratis

Cara Merubah Tv Analog Menjadi Tv Digital


Set Top Box Tv digital menjadi salah satu alat yang ditambahkan untuk dapat menikmati siaran TV Digital. Dengan menggunakan Set Top Box Tv Digital ini, anda tidak perlu mengganti perangkat televisi dengan perangkat televisi digital terbaru. Namun perlu diingat anda juga tetap harus membeli Antena TV Digital agar dapat menangkap semua siaran TV Digital. Tanpa memasang antena TV Digital, Set Top Box sobat hanya akan mendapatkan siaran TV Digital TVRI saja.


Saluran Lengkap Chanel TV Digital


Cara Dapat Set Top Box Tv Digital Kominfo Gratis


Demi mensukseskan migrasi sistem Televisi digital, Pemerintah bersama penyelenggara penyiaran Multiplexing berencana membagikan Set Top Box Tv Digital kepada sekitar 7 juta keluarga di Indonesia. Pemberian STB TV Digital Gratis kominfo ini merupakan andil dari pemerintah ( dari dana APBN ) dan pihak penyelenggara penyiaran Multiplexing melalui TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik dilaksanakan sebulan sebelum dimulainya ASO di suatu daerah.


Cara Cek Sinyal TV Digital di daerah anda


Merujuk kepada Peraturan pemerintah tentang Postelsiar pada pasal 55, Set Top Box Gratis dari pemerintah hanya akan diberikan kepada masyarakat yang masuk ke dalam golongan rumah tangga miskin. Bagi sobat yang datanya tidak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dipastikan tidak akan mendapatkan STB TV Digital Gratis dari Kominfo ini.


Bagaimana dengan Masyarakat yang tidak terdaftar DTKS ?

 

Jika anda tidak terdaftar sebagai golongan rumah tangga miskin, anda dapat mengajukan diri ke Kelurahan agar terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dan mendapatkan bantuan dari pemerintah misalnya PKH, Bansos, BST dan BPNT. Selain itu sobat dapat mengajukan pendaftaran melalui aplikasi CEK BANSOS yang dapat di download melalui Playstore. Pengajuan ini sifatnya pendaftaran ya sobat, jadinya data sobat bisa saja di masukkan ke dalam daftar DTKS ataupun tidak.


Jenis dan Perbedaan Tv Digital


Mekanisme penyaluran STB gratis dari kominfo ini rencananya akan dilakukan melalui kantor pos seperti pembagian bansos bansos sebelumnya, bisa bertempat di kantor pos maupun kelurahan, balai RT, Balai RW ataupun door to door.


Jika sobat merasa mampu dan tidak ingin datanya masuk ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan sosial, sobat dapat membeli Set Top Box Tv Digital ini di toko toko antena televisi, toko toko antena parabola, baik yang ada di sekitar anda atau yang berada di luar wilayah sobat melalui patform belanja online seperti Tokopedia, Shoppe, Bukalapak dan lain lain dengan harga mulai 200 ribuan saja.

No comments:

Post a Comment