Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Perbedaan Receiver Parabola dan Set Top Box Digital

Kebetulan beberapa hari yang lalu ada kenalan yang menanyakan kepada saya tentang Set Top Box Digital, "apakah sama dengan Receiver Parabola ?". Dan bisa jadi teman teman juga ada yang belum mengetahui perbedaan mendasar antara Receiver Parabola dan Set Top Box Digital, maka dari itu, sekalian saja akan kami ulas dalam artikel kali ini.


Merujuk pada berita di kompas.com pada tanggal 8 desember 2020, Kementrian Komunikasi dan Informatika, mengumumkan siaran TV analog akan di stop pada tanggal 2 November 2022 tepat jam 12 malam. Penghentian siaran TV Analog ini bersifat wajib bagi Lembaga Penyiaran Swasta dan Lembaga Penyiaran Publik. Penghentian siaran tv analog ini disebut juga dengan ASO ( Analog Switch Off ).


Perbedaan Receiver Parabola dan Set Top Box Digital

Akibatnya, televisi analog sudah tidak bisa lagi menerima siaran dari antena UHF, padahal televisi analog masih banyak dimiliki oleh masyarakat sampai hari ini, hanya beberapa persen saja yang menggunakan siaran televisi digital baik melalui parabola maupun melalui siaran Digital Terrestrial. Salah satu solusi termurah dan termudah adalah dengan menggunakan Set Top Box Digital.


Nah karena bentuk dan sebutannya mirip, banyak yang belum bisa membedakan antara Receiver Parabola dan Set Top Box Digital ini. Apalagi ada Merk Receiver Parabola dan Set Top Box Digital yang sama, Venus dan Skybox misalnya, tambah bingung lagi kan ?


Perbedaan Fungsi Receiver Parabola dan Set Top Box Digital


Menilik dari fungsi dan kegunaan perangkat, Receiver Parabola dan Set Top Box Digital adalah dua perangkat yang berbeda. Receiver Parabola digunakan untuk mengolah sinyal digital yang diterima oleh antena parabola dari Satelit tertentu. Sedangkan Set Top Box Digital berfungsi untuk mengolah sinyal digital yang diterima oleh antena tv digital dari BTS ( Base Transmitter Station ) Terrestrial terdekat.


Receiver Parabola saat ini menggunakan teknologi DVB S2 ( Digital Video Broadcasting Satttelite 2 ) sedangkan Set Top Box Digital menggunakan teknologi DVB T ( Digital Video Broadcasting Terrestrial ). Adalagi satu perbedaan yang cukup gampang dilihat, Port Kabel Antena.


Pada Receiver Parabola, Port Kabel Antena menggunakan model ulir yang bisa dipasangkan dengan konektor RG 6 maupun konektor RG 11. Sedangkan Port Kabel Antena Set Top Box Digital menggunakan Coaxial Connektor Male dan Female berdampingan. untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :


Perbedaan Receiver Parabola dan Set Top Box Digital
Perbedaan Receiver Parabola dan Set Top Box Digital

Cara Memasang Set Top Box Digital


Cara Pasang Set Top Box Digital tidaklah sulit, anda hanya perlu menghubungkan port kabel antena ke kabel antena digital, kemudian menghubungkan kabel RCA atau kabel HDMI ke pesawat televisi yang anda miliki. Kurang lebih seperti ini diagramnya :


Perbedaan Receiver Parabola dan Set Top Box Digital
Perbedaan Receiver Parabola dan Set Top Box Digital

Untuk saat ini semua Set Top Box sudah disediakan Port HDMI untuk siaran yang lebih jernih, namun jika pesawat televisi anda belum mendukung port HDMI, anda tetap bisa menggunakan port RCA. Sebagai catatan, semua pesawat televisi masih menyematkan port RCA sampai saat ini, bahkan untuk seri terbaru sekalipun.


Pilihan Harga Set Top Box Digital


Ada beberapa merk Set Top Box yang beredar saat ini di Indonesia. Harganya pun bervariasi antara 200 ribu sampai 350 ribuan . Sebelum anda membeli, pastikan anda memilih Set Top Box yang sesuai dengan keinginan anda, dari segi fitur serta harga.


Berikut harga 8 Set Top Box pilihan kami yang dirangkum di salah satu marketplace yang identik dengan warna Orange :


1. Venus Cabai Rawit DVB T2 Rp. 197.900,-


2. Xtreamer BIEN 3 DVB T2 Rp. 351.000,-


3. Evinix H1 STB DVB T2 Rp. 250.000,-


4. Polytron STB PDV 600T2 Rp. 324.900,-


5. Kaonsat DVB T2 899 DH Rp. 210.000,-


6. Rinrei DRN 511W DVB T2 Rp. 230.000,-


7. Skybox H1 DVB T2 Rp. 275.000,-


8. Visat U1 DVB T2 Rp. 252.000,-


Sekali lagi saya sampaikan Set Top Box Digital ini berbeda dengan Receiver Parabola dan berbeda juga dengan Android TV Box. Untuk pembahasan Android TV Box akan saya lanjutkan pada kesempatan yang lain.


Sebenarnya anda bisa saja membeli pesawat televisi yang sudah bisa menangkan siaran digital, namun harganya lumayan mahal menurut saya, solusi termurah tetap menggunakan Set Top Box Digital. Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment