Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

TV DIGITAL Hadir, Bagaimana Nasib Pengguna Parabola ?

Artikel ini kami tulis untuk menjawab beberapa pertanyaan yang hadir di kolom komentar artikel Bisakah menangkap siaran tv digital menggunakan receiver parabola. Pada kolom komentar tersebut muncul pertanyaan bagaimana nasib para pengguna parabola tv dengan hadirnya tv digital ?


Chanel Lengkap Tv Digital


Sebenarnya sudah seringkali kami sampaikan dalam berbagai artikel sebelumnya, bahwa Frekuensi TV Digital berbeda dengan Frekuensi Parabola TV. Alat yang digunakan untuk menangkap frekuensi tersebut juga berbeda, jika tv digital menggunakan setbox tv digital dan antena tv digital, Parabola Tv menggunakan receiver parabola dan antena parabola.


Bisakah Menangkap Siaran TV Digital Menggunakan Parabola ?


TV DIGITAL Hadir, Bagaimana Nasib Pengguna Parabola ?

Frekuensi Parabola TV dan Frekuensi Tv Digital


Frekuensi Parabola TV ditangkap dengan Dish ( Piringan Parabola ) kemudian dipantulkan dan difokuskan ke LNB yang dapat menangkap Frekuensi 3.7 - 4.2 GHz. Sedangkan Frekuensi TV Digital bekerja pada kanal 22- kanal 48 dengan frekuensi 478 - 694 MHz.


Dari uraian diatas jelas frekuensi yang digunakan berbeda sehingga tidak akan saling mempengaruhi atau mengganggu satu sama lain. TV Digital yang sedang gencar disosialisasikan kepada masyarakat saat ini adalah TV Digital Terestrial untuk menggantikan siaran Analog Terestrial ( yang menggunakan antena UHF ).


Cara Merubah TV Tabung Analog menjadi Tv Digital


Dengan bermigrasinya tv analog ke tv digital maka akan banyak tersedianya ruang frekuensi di tanah air yang akan dipergunakan untuk pengembangan frekuensi 5G. Selain itu tersedianya ruang frekuensi di rentang 700 Mhz akan menambah potensi pajak sekitar 77 triliun rupiah serta membuka 230 ribu lapangan kerja yang baru.


Bagaimana Nasib Pengguna Parabola TV dengan hadirnya TV Digital ?


Bagi sobat yang saat ini menggunakan antena parabola tv, sobat tidak perlu melakukan apapun, karena sobat tetap dapat menyaksikan siaran antena parabola tv seperti biasa walaupun Tv analog bermigrasi ke tv digital.


Perbedaan Receiver Parabola dengan Set Top Box Digital


Masyarakat yang terdampak adalah yang masih menyaksikan televisi menggunakan antena Analog UHF ( antena tv biasa ). Mereka memerlukan tambahan alat Set Top Box dan antena TV UHF Digital untuk disambungkan ke pesawat TV Analog mereka.


Cara Cek Sinyal Tv Digital di daerah anda


Dari yang saya baca beberapa waktu yang lalu, pihak pemerintah juga akan membagikan Set Top Box  secara cuma cuma, namun terbatas bagi keluarga yang kurang mampu saja. Bagi anda yang tidak masuk dalam daftar pembagian Set Top Box dari pemerintah, sobat dapat membeli  Set Top Box dengan harga pasaran saat ini berkisar 250 - 300 ribu sedangkan harga antena tv digital sekitar 100 ribu rupiah.


Mengatasi TV Digital Hanya TVRI Saja yang Tayang

 

Jika sobat mempunyai uang lebih, sobat juga bisa membeli pesawat televisi yang baru saat ini yang sudah termasuk Tuner tv digital didalamnya sehingga lebih praktis. Setahun yang lalu saya sudah membeli Smart TV Digital seharga 2,5 juta dengan ukuran 32 Inch. Untuk Tv Digital tanpa smart TV tentu harganya akan lebih terjangkau.


Jenis dan Perbedaan TV Digital


Semoga apa yang kami sampaikan ini dapat menambah pencerahan kepada sobat satelit sekalian tentang Nasib pengguna parabola Tv ketika Siaran TV analog bermigrasi ke Siaran Tv Digital. Semoga bermanfaat, salam.

2 comments:

  1. Mantap gan, jelas sekali pemaparannya...
    Jadi, bagaimana kalo dengan dish parabola mini, apakah masih bisa digunakan? Maksud saya jadi hanya membeli reciver nya aja yang kombinasi antara s/t...

    ReplyDelete