Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Memilih Antena UHF Terbaik untuk TV Digital

Saat ini proses Migrasi Tv Digital tengah berlangsung dan Analog Switch Off di rencanakan akan selesai pada 2 november 2022 di seluruh wilayah Indonesia. Sudahkah sobat satelit mengetahui hal ini dan mempersiapkannya?


Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah memilih antena UHF yang tepat untuk Tv Digital. Apa bedanya antena TV UHF dan antena TV Digital ? Mengapa harus memakai antena TV Digital? Bagaimana cara memilih antena TV Digital terbaik ? Pertanyaan pertanyaan tersebut akan kami bahas tuntas dalam artikel kali ini.


Cara Memilih Antena UHF Terbaik untuk TV Digital


Perbedaan antena TV UHF dan antena TV Digital


Menurut sobat satelit sama engga sih antara antena TV UHF dengan Antena TV Digital ? Mengapa antena TV Digital juga bisa menangkap siaran UHF, sedangkan antena TV UHF kurang bagus jika dipakai untuk Tv Digital?


Perlu sobat ketahui, sebenarnya antena Tv Digital adalah antena TV UHF juga, hanya saja pada antena TV Digital, antena UHF di beri alat penguat sinyal yang bernama Booster sehingga sensitifitas penerimaan signal UHF nya lebih baik dibandingkan dengan antena TV UHF biasa.


Ciri ciri fisik antena TV  Digital yang menggunakan Booster adalah diperlukannya arus listrik pada antena TV Digital tersebut. Jika antena sobat tidak ada adaptornya, maka bisa di sebut antena TV UHF Biasa, namun jika antena UHF sobat memakai adaptor maka dapat berfungsi maksimal jika dipakai sebagai antena TV Digital.


Mengapa Harus Memakai Antena TV Digital


Pemakaian antena TV Digital diperlukan untuk menangkap lebih banyak chanel Tv Digital. Jika perangkat Tv Digital sobat masih memakai antena TV UHF Biasa, bisa jadi chanel yang diterima hanya sekitar 20 chanel, namun jika memakai antena TV Digital chanel yang bisa ditangkap menjadi sekitar 32 chanel. Hal ini kami alami sendiri, sehingga pengalaman kami ini bisa diceritakan kepada sobat satelit.


Antena TV Digital yang memakai booster jika dipakai pada TV UHF, sobat satelit tetap harus memutar mutar antena sampai didapatkan gambar yang paling jernih dan tidak berbayang. Hal ini tidak terjadi jika sobat menggunakan Antena TV Digital untuk Tv Digital, tanpa memutar mutar antena pun, tayangan akan tetap jernih, tanpa semut dan tidak berbayang.


Kurang lebih begini rangkumanya biar sobat tidak bingung :


1. TV UHF pakai antena UHF : tetap memutar mutar antena, tayangan kadang masih ada semutnya dan berbayang.


2. TV UHF pakai antena Digital : tetap memutar mutar antena, kualitas gambar sedikit lebih baik jika posisi antenanya pas.


3. TV Digital memakai antena UHF : tidak perlu memutar mutar antena, gambar jernih, chanel yang di dapat mungkin lebih sedikit, antena kurang sensitif.


4. Tv Digital pakai Antena TV Digital : Gambar jernih, tidak perlu memutar antena, semua chanel tv digital yang mengudara bisa didapat.


Bagaimana Cara Memilih Antena TV Digital Terbaik


Sobat bisa memilih apakah akan menggunakan antena Tv Digital Indoor atau Outdoor, walaupun biasanya antena TV Digital sekarang bisa dipakai Indoor dan Outdoor. Saya sendiri lebih suka menggunakan antena Tv Digital di Outdoor, selain sensitifitas penerimaan sinyal menjadi lebih baik karena tidak tertutup tembok, secara visual antena tv digital tersebut juga tidak terlihat dari dalam ruangan sehingga tidak mengganggu estetika.


Jika sobat menghendaki antena Tv Digital Indoor, saran saya pilihlah antena Tv Digital yang harganya seratus ribuan dan secara fisik bentuknya bagus, agar tidak mengganggu pemandangan. Ada banyak merk tv digital yang beredar saat ini, namun saya sendiri baru mencoba memakai dua merk antena tv digital yang menurut saya sama sama bagusnya, yaitu :


1. Antena TV Digital Toyosaki AIO 220


Antena ini saya beli seharga 180 ribu di toko antena tidak jauh dari domisili saya, sedangkan jika di beli di online shop harganya hanya sekitar 120 ribu saja. Salah saya juga sih yang tidak cek dulu harga online nya. Terdapat bracket di bagian belakang Antena Tv Digital ini sehinggan dapat dipasang dengan mudah, baik Indoor maupun Outdoor.


Jika dipasang di Indoor juga estetikanya bagus, hanya saja pastikan kabelnya juga tertata rapi ya jika dipasang di Indoor. Berikut gambar antena Tv Digital Toyosaki AIO 220 :


Cara Memilih Antena UHF Terbaik untuk TV Digital



2. Antena TV Digital Intra INT-118


Pada pembelian kedua ini saya memilih antena Tv Digital merk Intra INT-118 yang secara harga sedikit dibawah antena toyosaki AIO 220, yaitu hanya sekitar 95 ribu jika di beli di online shop. Secara kualitas kedua antena tv digital tersebut sama sama dapat berfungsi dengan baik dan menangkap sekitar 32 chanel tv digital yang sudah mengudara di Yogyakarta.


Antena Tv Digital Intra INT-118 juga dapat dipasang baik di Indoor ataupun di outdoor menggunakan bracket yang berada di bagian belakang antena tersebut. Berikut gambar antena TV Digital Intra INT-118 :


Cara Memilih Antena UHF Terbaik untuk TV Digital



Disclaimer :

Masih ada banyak merk antena tv digital yang lain yang ada di pasaran saat ini, merk diatas hanyalah merk antena tv digital yang sudah saya coba dan saya tidak mengklaim bahwa merk tersebut lebih baik dari merk yang lain.


Sebagai penutup, saya sarankan sobat satelit menggunakan antena Tv Digital yang memakai booster untuk menonton siaran TV Digital agar dapat menikmati tayangan gambar yang benar benar jernih, dan mendapatkan ragam chanel yang maksimal. Semoga artikel cara memilih antena uhf tv digital ini bermanfaat untuk sebat satelit dimanapun berada, salam. 

No comments:

Post a Comment