Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Parabola ?

Apakah Set Top Box bisa pakai antena parabola ? Apakah bisa menangkap siaran tv digital dengan antena parabola ? Pasti pertanyaan ini pernah muncul di benak sobat satelit. Tak bisa dipungkiri memang pertanyaan tersebut mengundang rasa penasaran apakah set top box bisa dipasangkan dengan antena parabola ?


Mungkin banyak yang mengira bahwa hal tersebut bisa saja dilakukan. Misalnya untuk mendapatkan siaran TV Digital cukup mengganti Receiver dengan SET TOP BOX saja, dengan kata lain SET TOP BOX Tersebut disambungkan dengan antena parabola. Apakah memang hal tersebut bisa dilakukan

?


Untuk menguji rasa penasaran sobat satelit, kita akan melakukan sebuah ujicoba memasang Antena parabola untuk Set top Box Tv Digital dan kita lihat bersama apakah bisa mendapatkan chanel tv digital atau tidak.


Secara Teori Set Top Box Tidak Bisa Pakai Antena Parabola


Teori dan praktek memang biasanya hasilnya sama, walaupun kadang ada yang berbeda juga antara teori dan prakteknya. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa TV Digital dan Parabola TV mengudara pada frekuensi yang berbeda. Selain itu perangkat penerima sinyal TV Digital dan TV Parabola juga berbeda.


Antena Tv Digital Untuk Daerah Terpencil

Ganti TV Digital perlu Ganti Antena UHF?


Agar sobat dapat memahami dengan baik, perhatikan gambar berikut :


Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Parabola ?

Dari gambar diatas sobat bisa menemukan perbedaan mendasar antara TV Digital dan Tv Parabola dari Sumber Pemancar, Frekuensi dan Perangkat yang digunakan, Type Berlangganan dan Jumlah Chanel.


Membuat Antena Tv Digital Indoor Sederhana


Percobaan Memasang SET TOP BOX Dengan Antena Parabola Untuk Mendapatkan TV Digital


Dikarenakan saya sudah memiliki TV yang support TV Digital ( DTV ), maka saya tidak menggunakan Set Top Box, namun kabel dari parabola langsung saya sambungkan ke booster antena digital. Perlu diketahui juga jika Semua antena TV Digital menggunakan Adaptor untuk memberi daya pada Komponen Booster agar antena mempunyai sensitifitas yang jauh lebih baik.


Merubah Parabola Bekas Menjadi Antena Tv Digital


Kurang lebih gambar diagramnya sebagai berikut :


Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Parabola ?

Apakah Tv Digital Perlu Antena


Hasil Percobaan


Pada saat Televisi disambungkan dengan Antena Tv Digital bisa mendapatkan siaran tv digital, berikut gambarnya :


Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Parabola ?



Pada sata Televisi disambungkan ke antena parabola C Band, Televisi tidak dapat menangkap siaran tv digital, berikut gambarnya :


Apakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Parabola ?



Apakah Tv Digital harus pakai Antena Tv Digital ?


Kesimpulan


Setelah melakukan percobaan diatas maka dapat kita simpulkan bersama beberapa pernyataan berikut : 


- Receiver tidak bisa diganti dengan STB untuk menangkap siaran TV Digital.

- Set Top Box tidak bisa memakai antena Parabola.

- Set top Box hanya bisa pakai antena TV Digital.

- Receiver Parabola tidak bisa pakai antena Tv Digital.


Semoga dengan teori dan praktek diatas dapat membantu menjawab pertanyaan sobat mengenai apakah Set Top Box Bisa Pakai Antena Parabola atau tidak. Dukung kami terus dengan subscribe chanel YOUTUBE kami. Terima kasih

1 comment:

  1. Jika saya memakai parabola gratisan, trus receiver saya rusak, dan saya sudah terlanjur membeli STB. Apakah bisa tertangkap siarannya jika saya tambah dengan booster?

    ReplyDelete