Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Apakah TV Digital Perlu Antena ?

Apakah TV Digital perlu antena ? Benar Tv Digital perlu antena yang mempunyai sensitifitas yang tinggi agar dapat menerima sinyal tv digital dengan baik. Kurangnya sensitifitas TV Digital mengakibatkan tidak semua chanel tv digital dapat ditangkap.


TV Digital yang sedang kita bicarakan disini adalah TV Digital yang menggantikan TV Analog ya sobat, bukan TV Streaming yang menggunakan internet, sehingga tetap memerlukan perangkat antena untuk menerima sinyal tv digital.


Apakah TV Digital Perlu Antena ?



Antena TV Digital Terbaik


Apakah sobat sudah mengetahui bagaimana kriteria antena tv digital yang bagus ? Sebenarnya antena TV Digital sama dengan Antena TV UHF Biasa, hanya saja sensitifitasnya lebih baik. TV Digital juga dipancarkan melalui frekuensi UHF, namun memerlukan tuner TV Digital untuk menangkap siaran TV Digital.


Tuner TV Digital inilah yang tidak dimiliki oleh tv tabung dan tv lcd led model lama. Untuk Televisi LED keluaran terbaru tentu saja sudah dilengkapi dengan tuner Tv Digital ( DTV ) agar tetap laku dipasaran.


Membuat Antena TV Digital Indoor Sederhana


Antena tv digital terbaik berdasarkan pengalaman saya adalah yang mempunyai booster dan menggunakan adaptor berdaya sekitar 3 watt. Selama ini saya menggunakan antena tv digital berbentuk kotak dengan merk toyosaki dan intra dengan harga sekitar 100-120 ribuan yang bisa dipasang indoor maupun outdoor. Saya sendiri belum pernah menggunakan antena digital model Grid, jadi kurang tau bagaimana sensitifitasnya.


Oh iya, agar berfungsi maksimal, sebaiknya antena digital tetap dipasang diluar rumah dengan ketinggian sekitar 6 meter atau diatas genteng rumah. Saya sendiri pernah mencoba memasang antena tv digital ( yang memang bisa indoor dan outdoor ) didalam rumah, namun hanya mendapatkan sekitar 20 an chanel tv digital.


Antena Tv Digital Untuk Daerah Terpencil


Sedangkan jika antena tv digital tersebut dipasang di luar ( outdoor ) diatas genteng, chanel tv digital yang saya dapatkan menjadi 30 an chanel. Jadi penempatan antena tv digital juga berpengaruh ya sobat, sebaiknya antena tv digital dipasang di lokasi outdoor.


TV Digital pakai Antena UHF Biasa


Lalu bagaimana dengan TV Digital yang memakai antena TV UHF biasa ? Apakah sobat satelit pernah mencoba hal ini ? Saya sendiri pernah mencoba TV digital pakai Antena TV UHF biasa model Grid yang dipasang diatas plafon dan pernah mencoba juga TV Digital dipasangi antena tv uhf indoor yang gridnya kecil dan kabelnya pendek. Kurang lebih seperti ini antena yang pernah saya coba :


Apakah TV Digital Perlu Antena ?


Lalu bagaimana hasil percobaannya? Berdasarkan pengalaman saya jika TV Digital memakai antena UHF Biasa model Grid yang dipasang diatas plafon ternyata masih dapat menangkap siaran TV Digital walaupun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan menggunakan antena TV Digital. Mungkin karena tidak menggunakan booster / adaptor jadinya sensitifitasnya memang kurang maksimal untuk menangkap siaran tv digital.


Kemudian ketika TV Digital dipasangi antena indoor kecil dengan kabel pendek, hasilnya sama sekali tidak bisa menangkap siaran tv digital. Bahkan chanel chanel yang sudah berhasil ditangkap dengan antena tv digital, ketika diganti antenanya dengan antena indoor juga tidak dapat disaksikan dengan keterangan dilayar " No Signal ".


Apakah Set Top Box Bisa Pakai Receiver Parabola ?


Jadi jawabannya sudah jelas ya sobat, TV Digital masih tetep memerlukan antena TV Digital, Antena Tv Digital terbaik adalah yang menggunakan booster / adaptor, serta pemasangan antena TV Digital sebaiknya di atas genteng agar bisa maksimal.


Sekian artikel kali ini yang berdasarkan sedikit pengalaman saya beberapa waktu lalu. Terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan dukung terus chanel youtube kami sobat. Salam.

No comments:

Post a Comment