Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Antena Tv Digital Untuk Daerah Terpencil

Sobat bingung untuk memilih antena tv digital mana yang terbaik ketika digunakan di wilayah terpencil? Pertanyaan ini memang kerap kali ditanyakan sobat satelit beberapa waktu yang lalu.


Antena Tv Digital memang diperlukan untuk menangkap siaran TV Digital, semakin bagus antena tv digital, chanel tv digital yang bisa ditangkap semakin maksimal. Antena TV Digital memang memiliki sensitifitas yang lebih baik dibandingkan dengan antena tv UHF biasa.


Ada beberapa hal yang perlu sobat ketahui agar dapat menerima Siaran TV Digital di daerah terpencil, terluar dan tertinggal. Diantaranya adalah ketersediaan sinyal tv digital di lokasi tersebut, perangkat tv digital yang digunakan serta provider tv digital yang sudah live mengudara di daerah tersebut.


Antena Tv Digital Untuk Daerah Terpencil



Jangkauan Sinyal TV Digital


Biasanya ada atau tidaknya sinyal TV UHF menjadi salah satu patokan ada atau tidaknya sinyal TV Digital. Jika di daerah sobat bisa menonton siaran tv analog dengan tv tabung, maka sinyal tv digital hampir dipastikan ada di lokasi tersebut. Berlaku juga sebaliknya, jika sobat tidak dapat menonton siaran tv analog dengan tv tabung maka hampir dapat dipastikan sinyal tv digital tidak ada di daerah tersebut.


Sinyal Tv Digital dipancarkan oleh stasiun pemancar TV analog UHF yang berada di tempat yang sama. Oleh sebab itu jangkauan sinyal Tv analog dan Sinyal Tv Digital jaraknya hampir sama. Untuk di yogyakarta lokasi pemancar TV Analog dan digital berada di bukit patuk gunung kidul.


Membuat Antena Tv Digital Indoor Sederhana


Sedangkan untuk wilayah jawa tengah dikarenakan wilayahnya cukup luas, terdapat beberapa pemancar TV analog dan Tv Digital antara lain berada di daerah Gombel untuk mengcover semarang dan sekitarnya, kemudian di jl raya Banyumas Binangun untuk mengcover wilayah Banyumas dan sekitarnya.


Untuk wilayah tegal dan sekitarnya di cover oleh pemancar televisi yang berada di daerah jl jatinegara - cerih, sedangkan untuk wilayah solo, bisa tercover siaran dari Yogyakarta ataupun Stasiun pemancar  Madiun yang berada di wilayah Sarangan.


Apakah Tv Digital harus pakai Antena Tv Digital ?


Meskipun jumlah pemancar TV cukup banyak, tetap saja ada beberapa lokasi yang mungkin tidak tercover dari pemancar televisi. Hal ini terjadi biasanya karena lokasi yang terlalu jauh dengan pemancar Tv ataupun karena kondisi geografis, misalnya arah ke pemancar TV terhalang bukit dan lain sebagainya.


Perangkat Tv Digital yang Digunakan di Daerah Terpencil


Jika sobat berada di wilayah perkotaan ataupun wilayah terpencil, perangkat tv digital yang digunakan sama saja ya sobat. Sobat harus menggunakan TV yang sudah support TV Digital, atau bisa juga menambahkan Set Top Box Tv digital ke TV tabung sobat. Oh iya, Tv Digital ini tidak menggunakan antena parabola ya sobat.


Bagi pengguna Tv tabung, meskipun berada di perkotaan sekalipun tidak akan bisa menangkap siaran tv digital jika tidak menggunakan Set Top Box ini, demikian juga yang tinggal di daerah pinggiran.


Antena Tv Digital Untuk Daerah Terpencil

Ada baiknya sobat menggunakan antena khusus tv digital agar chanel tv digital yang ditangkap lebih banyak atau bisa ditangkap semua. Jika sobat hanya menggunakan antena indoor kecil, saya yakin tidak bisa mendapatkan chanel tv digital.


Antena juga sebaiknya dipasang di luar ruangan yang tidak terhalang dan lebih tinggi dari bangunan rumah. Saya sendiri sudah membuktikan jika antena tv digital yang dipasang diluar ruangan dapat menangkap siaran tv digital lebih lengkap.


Sudah adakah Provider Tv Digital yang Mengudara


Jika di daerah sobat dapat menangkap siaran televisi dengan tv tabung yang artinya terdapat sinyal UHF, kemungkinan sudah ada Chanel TV Digital yang beroperasi. Hanya saja jumlah chanel yang didapat seringkali berbeda di tiap daerah.


Misalnya jika saat ini di daerah saya sudah ada 30 chanel tv digital, mungkin saja di daerah yang lain hanya bisa menangkap 10 chanel tv digital atau bahkan mungkin kurang. Mengapa bisa begitu? bisa jadi karena pertimbangan ekonomis, pemilihan pasar yang fokus di kota kota besar, ataupun memang chanel tv digital tersebut sudah ada rencana untuk mengudara, namun secara bertahap.


Jadi walaupun sobat di daerah terpencil, asalkan sudah ada sinyal tv digital disana, memakai perangkat tv digital, dan ada chanel tv digital yang sudah mengudara, sobat pasti bisa menyaksikan siaran tv digital.


Antena Tv Digital Untuk Daerah Terpencil


Saya sendiri merekomendasikan untuk menggunakan antena tv digital outdoor seharga 100 - 120 ribuan. Ada banyak merk yang bisa sobat pertimbangkan, diantaranya Toyosaki, Intra, Aoki, PX, Advance dan beberapa merk yang lain.


Pastikan membeli antena tv digital yang menggunakan booster ya sobat, karena beda pengaruhnya besar sekali antara antena yang pakai booster dan yang tidak ada boosternya. Ini contoh antena tv digital yang pernah saya beli beberapa waktu yang lalu :



Semoga dengan artikel antena tv digital terbaik untuk daerah terpencil ini dapat membantu memilih antena yang sesuai dengan keinginan sobat. Terus dukung kami dengan like,subscribe, komen dan share chanel youtube siaran satelit. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment