Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Tak perlu ganti Antena, TV Digital bisa pakai Antena Tv Indoor

Jika rekan rekan masih bingung apakah perlu mengganti antena tv dengan antena tv digital untuk mendapatkan siaran tv digital, saya harap postingan ini dapat bermanfaat bagi rekan rekan. Pada kesempatan ini akan kita bahas penggunaan antena uhf biasa, baik outdoor maupun indoor untuk menangkap siaran tv digital.


Semakin mendekati jadwal Analog Switch Off pada november mendatang, semakin dekat juga dengan dimatikannya tv UHF. Untuk tetap dapat menyaksikan siaran televisi kita perlu menambahkan perangkat bernama Set Top Box. Namun set top box ini tetap membutuhkan antena untuk menangkap sinyal yang dipancarkan dari BTS pemancar terdekat.


Tak perlu ganti Antena, TV Digital bisa pakai Antena Tv Indoor



Perlu ganti Antena TV UHF dengan Antena TV Digital ?


Sebenarnya jumlah chanel TV Digital yang dapat ditangkap oleh televisi sobat dipengaruhi oleh faktor berikut :


1. Jumlah chanel TV Digital yang sudah mengudara.


Dalam beberapa bulan belakangan ini tentu saja perkembangan TV Digital semakin ramai. Sosialisasi secara gencar juga telah dilakukan oleh pemerintah dan para stasiun televisi swasta dan TVRI. Efeknya semakin banyak chanel tv digital yang mengudara di daerah.


Namun tentu saja, beberapa chanel yang ada di daerah A, bisa jadi tidak ada di daerah B ataupun sebaliknya. Hal ini mengakibatkan jumlah TV Digital yang mengudara tiap daerah berbeda jumlahnya, yang pasti akan terus bertambah.


2. Jarak jangkauan Sinyal Tv Digital


Faktor jarak antara lokasi sobat dengan lokasi BTS Pemancar televisi juga berpengaruh. Walaupun tidak ada lagi gambar berbayang ataupun bersemut pada siaran TV Digital, namun jika jaraknya terlalu jauh dengan BTS Pemancar bisa jadi malah tidak bisa menangkap siaran digital apapun. Biasanya hal ini terjadi pada daerah terluar, daerah yang tertutup pegunungan, dan daerah yang tertinggal.


Semakin jauh jarak lokasi sobat dengan BTS Pemancar, semakin bagus kualitas antena televisi digital yang diperlukan dan semakin tinggi antena ditempatkan. Sebagai perbandingan dilokasi saya yang berjarak sekitar 30 km dari BTS Pemancar, saya menggunakan antena TV Digital yang saya pasang outdoor atas genteng, jika antena saya pasang di indoor, chanel yang didapat jumlahnya lebih sedikit. 


3. Kualitas antena tv yang digunakan


Semakin baik kualitas antena tv digital, akan semakin baik juga penerimaan sinyalnya. Dari berbagai macam antena tv yang pernah saya gunakan, antena tv indoor kecil, antena tv indoor toyosaki, antena tv uhf besar model PF, serta antena tv digital terbaru, masing masing mempunyai perbedaan dalam kemampuan menangkap siaran tv digital.


Dibawah ini akan saya uraikan hasil percobaan menggunakan keempat model antena tv tersebut dalam kemamupuan menangkap siaran tv digital di lokasi saya :


1. Menangkap siaran TV Digital dengan Antena Tv Indoor kecil


Pada percobaan menggunakan antena tv digital indoor seperti gambar berikut :


Tak perlu ganti Antena, TV Digital bisa pakai Antena Tv Indoor



ternyata sama sekali tidak ada chanel tv digital yang berhasil ditangkap. Baik menggunakan TV Digital maupun menggunakan Set Top Box hasilnya sama saja, antena tv indoor kecil ini tidak dapat menangkap siaran tv digital sama sekali.


2. Menangkap siaran Tv Digital dengan Antena Tv indoor Toyosaki


Antena yang digunakan pada percobaan kali ini dengan model seperti gambar berikut :


Tak perlu ganti Antena, TV Digital bisa pakai Antena Tv Indoor


Dari hasil percobaan menggunakan Set Top Box Tv Digital, antena Tv Indoor Toyosaki ini dapat menangkap sekitar 21 chanel tv digital, namun antena perlu diletakkan di tempat yang agak tinggi, sekitar 1,5 meter diatas televisi agar sinyal dapat ditangkap dengan baik. Jika antena diletakkan tepat diatas televisi, hanya beberapa chanel saja yang bisa keluar gambarnya, sekitar 8-9 chanel, sedangkan  lainnya hanya keluar tulisan "Tidak ada Sinyal".


3. Menangkap Siaran Tv Digital menggunakan Antena Indoor PF


Antena Indoor PF yang kita gunakan kurang lebih seperti ini :


Tak perlu ganti Antena, TV Digital bisa pakai Antena Tv Indoor



Perlu diketahui, antena PF ini bentuknya cukup besar ya sobat, panjangnya sendiri kurang lebih sekitar 1,5 meter. Karena antena ini terpasang di dalam rumah walaupun diatas plafon, maka kami masukkan ke kategori antena indoor PF. Ada 3 percobaan yang kami lakukan dengan antena ini berikut detailnya :


- Pada percobaan pertama( setelah ganti dengan Tv Digital) antena langsung dipasang di pesawat televisi, posisi antena masih di indoor, diatas plafon, hasilnya antena tersebut dapat menangkap siaran tv digital sebanyak 17 chanel. Namun pada malam hari ada satu atau dua chanel yang tayangannya hilang.


- Kemudian pada percobaan yang kedua, kabel antena kita ganti dengan kabel RG6 yang ukurannya lebih besar dari kabel antena sebelumnya ( bawaan beli ), dan antena kita letakkan diluar dengan ketinggian sekitar 6 meter dari lantai. Hasilnya antena tersebut dapat menangkap 31 chanel tv digital atau semua chanel yang sudah ada dapat ditangkap dengan baik.


- Pada percobaan terakhir, antena kita pasang lagi di dalam rumah, diatas plafon namun tetap menggunakan kabel RG6 yang telah terpasang sebelumnya. Hasilnya antena tv tersebut dapat menangkap 31 chanel tv digital juga, sama ketika antena tersebut dipasang diluar. Dari percobaan ini saya berpendapat bahwa kualitas kabel juga menentukan sensitifitas antena, semakin bagus kabelnya, semakin sedikit signal loss yang terjadi ketika sinyal melalui kabel.


4. Menangkap Siaran Tv Digital menggunakan antena TV Digital


Tak perlu ganti Antena, TV Digital bisa pakai Antena Tv Indoor

Tak perlu ganti Antena, TV Digital bisa pakai Antena Tv Indoor


Antena TV Digital yang pernah saya beli merknya Toyosaki AIO 220 dan Intra INT 118 seharga 100-120 ribuan. JIka antena TV ini dipasangkan di dalam rumah, hanya sekitar 15 an chanel saja yang dapat ditangkap, namun jika diletakkan di atas genteng, dapat menangkap siaran tv digital hingga 31 chanel atau semua chanel dapat ditangkap dengan baik.


Dari beberapa percobaan diatas, apakah diperlukan untuk mengganti antena tv uhf dengan antena tv digital untuk menangkap siaran tv digital? Sobat dapat mempertimbangkan hal hal berikut sebelum mengganti antena uhf dengan antena tv digital :


- Silahkan dicoba pasang dulu antena uhf sobat ke tv digital atau Set Top Box yang sudah dibeli, coba scan dapat berapa chanel.


- Jika hanya sedikit chanel yang ditangkap, coba atur posisi antena menjadi lebih tinggi dari posisi televisi, misalnya diatas lemari atau persis dibawah plafon.


- jika memungkinkan dan ada, sobat bisa mengganti kabel antena dengan kabel yang lebih bagus kualitasnya.


Jika hal tersebut sudah sobat lakukan namun jumlah chanel tv digital yang berhasil ditangkap masih belum maksimal, maka sobat memang perlu mengganti antena TV UHF sobat dengan Antena Tv Digital. Semoga pengalaman yang kami bagikan ini dapat memberikan manfaat bagi sobat siaran satelit dimanapun berada. Dukung terus chanel youtube siaran satelit dengan Like, Share, Komen dan Subscribe chanel kami. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment