Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Menangkap Siaran TV Kabel Dengan Antena Biasa


Cara menangkap siaran tv kabel dengan antena biasa. Siaran tv kabel, begitu beberapa orang menyebutnya, dan seringkali menggeneralisasi istilah tv satelit adalah tv kabel juga. Padahal perangkat yang di gunakan sama sekali berbeda. 


Pada TV Kabel, media yang di gunakan adalah kabel dan atau tanpa receiver khusus, fiber optik contohnya ( bundling indihome ), atau tv kabel ilegal yang benar benar menggunakan kabel dan terhubung ke banyak rumah di sekitarnya, yang marak di beberapa tempat di jawa. 

Dan pada TV satelit, media yang di gunakan adalah seperangkat parabola dengan receiver khusus ( yang berbayar ) atau dengan receiver yang di jual bebas di pasaran.

Baca Juga :

Cara Mendapatkan Siaran Tv Digital Gratis

TV Berlangganan tanpa Parabola

Cara Menjernihkan Tv Tanpa Antena

Sesuai dengan program pemerintah  ( yang juga sudah banyak di mulai di berbagai negara lain ), yang akan menimdah / migrasi siaran tv dari analog menjadi siaran digital, maka kini mulai tumbuh dan berkembang siaran siaran tv digital terestrial di wilayah wilayah indonesia. 


Nantinya semua siaran tv dengan format analog akan berganti menjadi siaran digital. Siaran digital ini hanya membutuhkan bandwitdh yang lebih ramping dari pada tv analog, sehingga mampu menampung channel yang lebih banyak. 

Produsen Smart TV sekarang ini juga sudah mulai menyematkan perangkat tuner DVB T2 ke dalam pesawat televisi rakitan mereka untuk mendukung program pemerintah ini.

Baca juga : 


Ingin berlangganan Tv kabel, ini yang harus di perhatikan 


Cara Mudah Paralel Parabola Tv Kabel Dalam Satu Rumah


receiver-siaran-tv-kabel

Siaran TV kabel ( termasuk tv satelit ) identik dengan chanel chanel dari luar negeri yang jumlah dan macamnya beragam, berisi acara yang variatif (  namun pada tv satelit yang mengudara selama 24 jam, terdapat pengulangan acara selama beberapa hari pada jam jam yang berbeda ), gambar yang jernih, benar benar jernih seperti memutar DVD. 


Lalu apakah kita dapat menangkap siaran tv kabel dengan antena biasa ? Tentu saja bisa, jika siaran tv kabel yang di maksud adalah siaran tv dengan gambar yang jernih dan channel ( lokal nasional ) yang beragam. 

Bagi anda yang sudah mempunyai televisi dengan tuner DVB T2 built in, anda hanya membutuhkan antena biasa saja, namun bagi yang masih menggunakan TV tabung atau layar datar yang belum ada tuner DVB T2 nya anda membutuhkan satu perangkat tambahan yang namanya Set Top Box DVB T2. 


Link Live Streaming Liga Inggris

Link Live Streaming Liga Italia

Link Live Streaming Liga Spanyol


Bentuknya mirip receiver untuk parabola tv satelit, atau DVD tapi besarnya hanya separuhnya saja. Saat ini, di pasaran terdapat beberapa merek Set Top Box DVB T2 yang di jual bebas, diantaranya Polytron, Xtreamer, Skybox, Venus, Getmecom, Ichiko. 

Receiver atau STB ini berfungsi untuk menerima siaran digital terestrial yang di pancarkan melalui Frekuensi UHF dari BTS terdekat dan mengubah menjadi signal digital.  Dari beberapa sumber, STB merk Polytron adalah STB terbaik dari segi kualitas gambar dan kualitas penerimaan signal, namun tentu saja harga yang di tawarkan juga berbeda. 

Receiver ini bisa di tebus dengan harga sekitar Rp. 450.000 an, lain halnya dengan STB merk Xtreamer yang dihargai 250 - 300 rb di pasaran. 

Baca Juga :


Tv berlangganan tanpa parabola

Cara mendapatkan Chanel BIG TV Gratis

Update Frekuensi Ninmedia terbaru



Dan jika  anda berada di sekeliling gedung gedung bertingkat, ada kemungkinan chanel chanel yang diterima kadang terputus atau tersendat, solusinya adalah menggunakan antena UHF untuk siaran digital.


Antena ini di khususkan untuk menangkap siaran dengan frekuensi UHF dengan format digital, jadi kualitas nya tidak di ragukan lagi. Harga antena ini berkisar 100 - 150 ribuan. Jika dirasa lokasi anda akan mendapatkan signal yang cukup bagus, saya tidak perlu membeli antena digital ini. 
antena-digital-siaran-tv-kabel

Lalu bagaimana cara instalasinya ? Saya rekomendasikan untuk memasang antena UHF anda di luar ruangan agar penerimaan signal menjadi lebih baik. Pasangkan kabel dari antena UHF anda ke port antena di STB anda, kemudian sambungkan kabel RCA ( kabel kuning, merah, putih ) dari STB ke televisi anda. kemudian hidupkan STB dan televisi anda, pilihlah AV 1 atau AV 2 melalui remote tv anda, lalu scan / search chanel melalui remote stb anda. Cukup mudah bukan ? 

Baca juga :


Review Receiver Tanaka T21 HD New Samurai


Spesifikasi Receiver Getmecom HD 5 Robocop


Cara termudah memasukkan Bisskey ke Receiver Parabola terbaru



Sebelum membeli STB dan mempraktekkan cara menangkap siaran tv kabel dengan antena biasa, sangat di sarankan untuk mengecheck / mencari tahu dulu, ragam channel digital terestrial yang sudah ON Air di masing masing wilayah anda. 


Ketersediaan dan ragam channel akan berbeda di masing masing kota, jika anda kurang puas dengan ragam chanel digital terestrial tersebut, ada beberapa alternatif lainya, yaitu menggunakan tv satelit, baik yang FTA / gratis seperti Ninmedia atau yang berbayar macam telkomvision, orange tv maupun indovision.

40 comments:

  1. Apakah setelah install set up box dan ternyata siaran digital menggunakan antena biasa tdk tertangkap. Apakah bisa di setting lg untuk menangkap siaran analog??? Minta cara nya ya ... Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaran digital hadir bervariasi menurut kota masing masing, siaran tv analog masih dapat di saksikan secara normal menggunakan antena tv biasa, tanpa melalui set top box

      Delete
  2. Sya ada stb bekas tv cable apakah bsa di gunakan?apakah bsa menggunakan kabel viber untuk ke anten uhf nya?tolong tutor nya mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stb bekas tv kabel apa gan ? Bisa lebih detail ?saya belum pernah pakai coba kabel fiber,,

      Delete
  3. Televisi saya menggunakan antena luar biasa dengan top box venus. Sudah beberapa lama saya tidak bisa menonton SCTV dan Indosiar. Katanya pindah frekuensi. Bagaimana cara mencari frekuensi nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. scan ulang saja gan,, sama seperti pada saat pertama kali agan pasang..

      Delete
  4. Saya pake stb ichiko tapi audah beberapa kali scan ga dapad 1 pun siaran digital posisi aaya di kota garuGaJawa Barat

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu gan,, siaran tv digital terestrial memang belum semua chanel menjangkau semua kota.. pakai antena yang digital kan gan ?

      Delete
  5. Saya drumah punya antena parabola x tv berbayar ..bisa kah dipakai untuk mnangkap siaran tv lokal dengan memakai reciever

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ku band,, bisa di arahkan ke ninmedia sama k vision gan,, Free,, tapi receiver bawaan tv berbayar ga bisa di pakai gan,, harus ganti..

      Delete
  6. Kalo ditempat saya hanya dapat menggunakan parabola, apakah bisa menggunakan antena UHF/VHF dengan pasang STB DVB-T2? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu ketersediaan siaran tv digital terestrial di kota anda... agar tahu chanel mana saja yang sudah mengudara lewat kanal digital

      Delete
  7. Bisa gak dvb T2,antenanya pakai antena srmavse antena parabola gitu pak.

    ReplyDelete
  8. Selamat siang gan aq ada resiver merk Dansat DV3 bisa di pakai gak gan upama pakai antine uhf bisa ga brow trus cara setting gmn trims

    ReplyDelete
  9. Met siang mas brow klo pakai risever DB3 bisa ga klo bust tv lokal n pakai antine uhf

    ReplyDelete
  10. Sy mau tanya gan.. apakah memakai receiver dan dibantu dengan antena uhv bisa menangkap siaran nasional? Sy pernah mau beli receiver tapi katanya receivernya hanya tersedia tvri saja dan selebihnya channel singapore

    ReplyDelete
  11. Mereka siang min, lokasi saya di Batam, pake Venus Brio dan antena toyosaki aio220 kok gak dapat satupun siaran digital, antena sudah pasang tinggi, kenapa ya min, mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  12. Untuk wilayah bali udah nyampe kira2 sinyalnya gan?

    ReplyDelete
  13. Ane baru beli xtreamer,tapi kenapa ada beberapa tv lokal malah gak ada,gimana solusinya ya,sebelumnya ada,setelah pakai xtreamer malah gak ada.

    ReplyDelete
  14. zi : tv digital terestrial baik yang sudah include di TV yang kita beli maupun melalui receiver DVB-T, jumlah chanelnya tergantung ketersediaan dari masing masing stasiun televisi di suatu daerah, sangat di mungkinkan chanel tv digital terestrial di bandung akan berbeda dengan di semarang

    ReplyDelete
  15. johny hurekmaking : batam itu malahan bisa nerima Tv digital terestrial dari singapura dan malaysia juga loh gan

    ReplyDelete
  16. unknown : bali harusnya sudah ada gan DVB T2

    ReplyDelete
  17. marsebus : kalau receiver parabola harus pakai parabola, kalau receiver tv digital DVB T2 pakai antena digital, agan dimana ?

    ReplyDelete
  18. Kalau pake antena parabola siaran TV kabel bisa gak kalau bisa yang gratis .

    ReplyDelete
  19. Bisa aja gan.. banyak kok chanel gratisnya

    ReplyDelete
  20. Berapa pasang baru yang free biaya bulanan

    ReplyDelete
  21. Saya menggunakan antena digital..tiba-tiba beberapa stasiun hilang begitu saja antara lain SCTV, INDOSIAR,TVone,RCTI,MNCTV dll...lokasi cikupa tangerang. Sudah saya scan ulang tapi gak bisa juga, itu gimana solusnya. ..?

    ReplyDelete
  22. Saya menggunakan antena digital..tiba-tiba beberapa stasiun hilang begitu saja antara lain SCTV, INDOSIAR,TVone,RCTI,MNCTV dll...lokasi cikupa tangerang. Sudah saya scan ulang tapi gak bisa juga, itu gimana solusnya. ..?

    ReplyDelete
  23. beberapa stasiun atau semua chanel tv digitalnya ?
    sudah cek di tetangga ? atau coba ganti antena ?

    ReplyDelete
  24. Saya punya stb Q-BOX KENAPA GAK BISA mendapatkan sikyal tv di gital..
    Lokasi saya di malang ..padahal ada untuk tv digitalnya...tapi kok gak masuk antena sudah saya ganti ganti tetep gak ada yg nyantol...solosinya. Gan

    ReplyDelete
  25. saya sdh pasang Set Top Box DvB-T2 tapi yang dapat hanya beberapa siaran digital saja, tetapi SCTV, INDOSIAR,TVone,RCTI,MNCTV dll. ga ada.
    Tapi di TV yang lainnya (TV Digital) semua siaran Digital diterima baik.
    Lokasi saya di Jakarta Timur.
    Apakah merk set top Box DVB-T2, mempengaruhi...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. antenanya pakai apa kak? pakai antena digital juga ?

      Delete
  26. saya menggunakan indovision sy selamanya(mgkn ilegal kali ya, tp yg masang dr pihak indovision). tp chanelnya cm dikit sprti langganan indovision yg 70rban/bln. kira2 bisa ga ya dpt chanel yg banyak. krn sebelumnya sy pasang indvsn berbayar 120rb-150rb/bln lmyn byk chnelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah denger sih yang indovision selamanya, di jawa timur, bisa tanay ke indovision langsung aja kak

      Delete