Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal dan Cara Mengatasinya

Pernah ngalamin Siaran Nex Parabola tiba tiba menghilang dari layar televisi? Sehingga anda tidak dapat menyaksikan chanel favorit anda ? Jangan khawatir, mari kita uraikan satu demi satu cara mengatasi Siaran Nex Parabola yang Tidak ada Sinyal di blog Siaransatelit.com ini.


Kita perlu cek terlebih dulu dari receiver parabolanya, siapa tau kita bisa atasi sendiri problem Nex Parabola hilang sinyal tanpa harus naik ke antena parabola ataupun tanpa harus memanggil teknisi parabola langganan kita.


Nex Parabola Tidak Ada Sinyal dan Cara Mengatasinya

Oh iya, apakah hilangnya sinyal di Nex Parabola ini setelah anda melakukan Upgrade Over The Air atau OTA ? JIka benar demikian maka anda hanya perlu setting setting ulang receiver parabola anda agar Nex Parabola sinyal hilang bisa teratasi.


Baca Juga : Mengatasi Nex Parabola Hilang Sinyal Setelah Upgrade OTA


Nex Parabola Tidak Ada Sinyal dan Cara Mengatasinya


Artikel panduan ini dapat digunakan untuk semua type / varian receiver NEX Parabola, baik Nex Parabola Merah, Nex Parabola Kuning, Nex Garuda Biru, Nex Garuda Putih, Nex Garuda Merah, Nex Garuda orange, Mola Matrix Hitam, Mola Matrix Putih, serta Mola Nex Parabola.


Cek Intensitas Sinyal dan Kualitas Sinyal


Ini menjadi indikator yang paling penting dalam mencari kerusakan parabola. Silahkan masuk ke menu instalasi, atau tekan tombol info pada remote kontrol sekali saja sehingga ada tampilan nama chanel beserta kualitas sinyal yang di tangkap. Ada Sinyal Quality dan ada juga Sinyal Intensity.


Perhatikan tampilan di layar televisi anda, seharusnya ada 3 kemungkinan yang terjadi yaitu sebagai berikut :


Signal Quality dan Signal Intensity ada dan angkanya sekitar 80-90


Ini menandakan bahwa receiver, LNB tidak ada yang rusak serta arah parabola sudah tepat dan tidak bergeser. Anda bisa mencoba mematikan sebentar receiver anda dan kemudian menyalakan kembali setelah 5-10 menit dimatikan.


Nex Parabola Tidak Ada Sinyal dan Cara Mengatasinya


Pastikan juga hilangnya siaran Nex Parabola bukan karena chanel tersebut sedang diacak karena pembatasan Hak Siar ya, cek juga chanel chanel yang lain, apakah hilang juga atau hanya satu chanel saja. dan pastikan juga paket anda masih aktif berjalan.


Cara Memasukkan Bisskey Nex Parabola


Jika Signal Quality turun ketika hujan lebat, coba tunggu sampai hujan sudah reda dan mendung sudah hilang, kemungkinan sinyal akan kembali naik, karena karakteristik parabola mini memang sinyalnya bisa hilang ketika hujan lebat dan atau cuaca mendung gelap.


Signal Quality 0% dan Signal Intensity 60%


Hal ini menunjukkan bahwa receiver anda sudah terhubung dengan benar ke LNB dan LNB anda masih dapat berfungsi normal. Hal yang sering terjadi adalah Antena Nex Parabola anda bergeser sehingga tidak tepat mengarah ke satelit SES 9, bisa jadi karena hembusan angin yang cukup kencang atau tersenggol sesuatu atau terhalang bangunan baru atau pohon di sekitar rumah anda.


Jika terhalang bangunan atau pohon, silahkan pangkas dahan pohon sampai sinyal kembali pulih atau pindahkan lokasi parabola jika terpaksa. Namun jika Antena Nex Parabola tidak terhalang sesuatu, anda harus menfokuskan kembali arah antena parabola ke satelit SES 9.


Baca juga : Cara Menentukan Antena Parabola ke Satelit


Signal Quality 0% dan Sinyal Intensity 0%


Nah kalau hal ini terjadi, bisa jadi salah satu dari receiver atau LNB anda rusak, bisa juga karena pemasangan kabel parabola dan konektor belum terpasang dengan baik.


Cek kabel antena parabola yang terhubung ke receiver, apakah terpasang dengan kencang? coba lepaskan dulu dari receivernya. Cek kawat tembaganya apakah berkarat ? jika iya, bersihkan sampai mengkilap kembali. Apakah Kabel serabut Ground nya masih ada dan terhubung ke konektor ? Jika tidak, potong saja kabelnya beberapa cm dan di pasang ulang.


Lakukan langkah pengecekan yang sama pada kabel parabola yang terhubung ke LNB.


Baca Juga : Cara Menyambung Kabel dan Memasang Kabel Ke Konektor


Cek juga jalur kabel antena parabola, apakah ada yang tertekuk, di gigit tikus, tertindih lemari misalnya ? jika iya, maka solusinya adalah dengan mengganti kabel antena parabola tersebut.


Jika tidak ada masalah dengan pemasangan kabel dan konektor, maka kemungkinan LNB anda yang sudah rusak. Coba ganti dengan LNB yang lain yang sudah terbukti normal. Jika sinyal kembali naik, maka LNB lama anda dipastikan sudah rusak sehingga sinyal parabola anda tiba tiba menghilang.


Baca Juga : Cara Mengatasi Sinyal Parabola yang Tiba Tiba Hilang


Usia LNB tidak bisa dipastikan ya, kadang ada yang bertahun tahun masih normal dan berfungs dengan baik, tapi ada juga yang baru terpasang beberapa bulan sudah rusak dan harus di ganti.


Cek juga diseqc jika anda menggunakanya pada instalasi di rumah anda, coba pindahkan ke port yang lain atau bisa di coba dilangsungkan ke receiver parabola menggunakan barrel i-connector.


Sebenarnya bisa juga karena Receiver Parabolanya yang rusak sehingga tidak bisa menangkap sinyal, namun hal ini jarang terjadi. Penyebab kerusakan receiver parabola biasanya terjadi karena Arus listrik rumahan yang tidak stabil, tersambar petir, atau Bagian EEprom nya mengalami masalah.


Semoga uraian tentang Nex Parabola Tidak Ada Sinyal dan Cara Mengatasinya dapat membantu anda dalam memperbaiki siaran Nex Parabola di rumah anda. Jika kerusakan masih terjadi silahkan disampaikan di kolom komentar untuk kita atasi bersama sama. Salam, Semoga bermanfaat.

7 comments:

  1. kenapa semua channel di tp 11821 tidak ada sinyal sedangkan di tp 11921 ada dan tp 11101 ada apa penyebabnya

    ReplyDelete
  2. Maaf sebelumnya saya Masi bingung kenapa belum bisa padahal udah 100% tapi Masi saja belum bisa mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya belum bisa gimana ya sobat, apanya yang 100 persen? Bisa di ceritakan lebih detail?

      Delete
  3. Bos, kalau Nex putih 2in1 di c band, saya masukan transponder 4180 v 29800 dan 3900 v 29800 ada sinyal (normal). Tapi pas saya masukan transponder yg gratisan di cband Telkom yg tidak berlogo Nex parabola dilayar langsung hilang intensitas dan kwalitas sinyal jadi hilang. Apa penyebabnya ya?

    ReplyDelete
  4. Bos, saya masukan transponder c band Nex parabola putih 2in1 kenapa 4180v29800 dan 3900v29800 normal sinyal bagus. Tapi pas saya masukan transponder c band yg tidak berlogo Nex parabola (gratis),intensitas dan kwalitas sinyal jadi hilang. Kenapa ya?

    ReplyDelete
  5. Saya pake Nex Parabola merah. Dan sudah 2 hari ini, tiba² gambar lengket dan remote tidak berfungsi. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  6. Maaf gan, ini sy beli paket mola + liga 1.. Yang liga 1 bisa muncul kenapa yang mola liga inggris kok muncul tidak ada sinyal ya...

    ReplyDelete