Cara Menyambung Kabel Antena dan Memasang Kabel ke Connector

Cara Menyambung kabel antena dan memasang kabel ke connector yang benar penting untuk di ketahui agar tidak terjadi kesalahan yang menyebabkan kabel menjadi short dan merusak Receiver Parabola atau LNB.

Cara Menyambung Kabel Antena dan Memasang Kabel ke Connector


Pada kedua ujung kabel antena parabola terdapat sebuah konektor untuk memasang / menghubungkan kabel ke LNB atau Receiver parabola. Konektor tersebut disebut dengan konektor F Type.

Baca Juga : Jasa Pasang Parabola Termurah

Jika anda membeli kabel parabola, biasanya pada kedua ujungnya sudah terpasang masing masing konektor F type. Namun jika anda membeli kabel parabola untuk menyambung kabel yang sudah ada, anda tentunya harus memasang kabel ke konektor sendiri.

Mengapa perlu menyambung kabel parabola ?

Kabel standar untuk pemasangan parabola biasanya hanya mempunyai panjang 15 meter atau 20 meter saja. Jika pada saat pemasangan parabola, jarak antara antena parabola dan pesawat televisi anda lebih dari 20 meter, maka perlu dilakukan penyambungan kabel antena.

Atau seumpama setelah beberapa waktu pemasangan antena parabola, anda ingin memindahkan lokasi receiver parabola tv anda ke ruangan lain dan kabel antena parabolanya tidak mencukupi perlu dilakukan penyambungan kabel antena parabola.

Baca Juga : Cara Mencari Sinyal Parabola Goldsat

Penambahan atau penyambungan kabel antena parabola sebaiknya dilakukan dengan bijaksana, sebab semakin panjang kabel yang digunakan akan mempengaruhi intensitas dan kualitas sinyal yang diperoleh. Singkat kata, semakin panjang kabel sinyal akan semakin turun.

Cara menyambung kabel antena parabola yang benar

Untuk menyambung kabel antena parabola yang baik dan benar, sangat disarankan jika anda menggunakan Barrel F Type atau biasa disebut juga " i connector ".

Barrel F Type ini bisa di beli di toko toko antena dan toko toko parabola di sekitar rumah anda. Selain itu Barrel F Type ini bisa di beli melalui Platform penjualan online seperti shopee, bukalapak, tokopedia dan lain lain.

Baca Juga : Harga Perangkat Parabola Terbaru

Berikut gambar dari Barrel F Type atau i connector :

Cara Menyambung Kabel Antena dan Memasang Kabel ke Connector

Barrel F Type ini adalah alat untuk menyambung kabel dimana kedua sisinya bertipe Female, sedangkan kedua ujung kabel yang dipasangi konektor bertipe Male. Untuk cara pemasangannya silahkan perhatikan gambar di bawah ini :

Cara Memasang kabel antena ke konektor

Jika seandainya anda akan menyambung kabel antena parabola dengan kabel yang pendek, maka anda perlu memotong kabel secukupnya saja dan memasang kabel antena ke salah satu ujung konektor tersebut.  Agar lebih jelas kami lampirkan juga gambar langkah demi langkah pemasangan kabel antena parabola ke konektor berikut :

Cara Menyambung Kabel Antena dan Memasang Kabel ke Connector

1. Kupas pembungkus kabel berwarna hitam sepanjang kurang lebih 3 cm.

2. Buka kabel serabut dan turunkan ke arah kabel yang masih utuh.

3. Hilangkan semacam aluminium foil yang ada di balik serabut kabel.

4. Potong pelindung kabel tembaga berwarna putih, sisakan sekitar 2-3 mm dari kabel yang masih utuh.

5. pasng konektor F Type sampai mentok, sampai pelindung kabel berwarna putih pas dengan inner konektor.

6. Potong dan rapikan sisa kabel serabut yang tidak tertutup konektor.

7. Potong kawat tembaga 2-3 milimeter di lebih panjang dari konektor.

8. Pasang isolasi listrik pada konektor sampai satu cm di bawahnya, agar konektor tidak mudah terlepas dari kabel.

9. Pemasangan konektor sudah selesai, siap untuk dipasangkan ke LNB, receiver parabola maupun ke Barrel N Type.

Baca Juga : Cara Memprogram Parabola

Mengatasi Kualitas Sinyal yang turun setelah penyambungan kabel

Seperti sudah kita singgung sebelumnya pada pembahasan diatas, panjang kabel yang idela untuk pemasangan antena parabola adalah sekitar 15-20 meter. Namun jika terpaksa disambung dengan kabel antena yang panjangnya lebih dari 10 meter biasanya kualitas dan intensitas sinyalnya akan turun. Penurunan sinyal tersebut dikarenakan kabel yang terlalu panjang.

Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menggunakan line amplifier. Caranya pasang line amplifier di tengah antara LNB parabola dan receiver parabola anda. Jangan sampai terbalik ujungnya, untuk tulisan ANT disambungkan kabel yang mengarah ke LNB dan POWER IN disambungkan ke kabel yang mengarah ke Receiver parabola.

Baca Juga : Cara Memperkuat sinyal parabola yang lemah

Cara Menyambung Kabel Antena dan Memasang Kabel ke Connector
Line Amplifier ini hanya akan bekerja jika panjang kabel anda lebih dari 20 meter. Jika panjang kabel anda di bawah 20 meter, kemudian anda menambahkan line amplifier ini, maka Line Amplifier tidak akan berfungsi menguatkan sinyal sebagaimana mestinya. Line Amplifier ini dapat anda beli dengan harga berkisar 50 - 75 ribu di toko toko parabola di sekitar anda.


Saya kira sudah cukup panjang dan lengkap artikel tentang Cara Menyambung kabel antena dan memasang kabel ke connector yang kita bahas kali ini. Tak lupa saya berterima kasih kepada rekan rekan yang tetap setia mengunjungi web siaran satelit ini. 

Baca Juga : Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Gratis

Silahkan like facebook fanspage dan twitter kami serta meninggalkan komentar di bawah artikel ini.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »