Tips Cara Paling Mudah Memperbaiki Remote Parabola yang Rusak

Cara Paling Mudah Memperbaiki Remote Parabola yang Rusak. Walaupun terlihat sepele, remote receiver parabola berfungsi sangat penting bagi kita. 

Disamping perintah dasar untuk menghidupkan / mematikan perangkat, mengatur volume dan memindah chanel, Receiver parabola juga berfungsi untuk memasukkan angka angka untuk setting transponder atau nama satelit dan frekuensinya.

Selain itu remote receiver parabola juga berfungsi untuk memasukkan kode bisskey dan powervu yang kombinasinya terdiri dari deret hexadesimal. Kemudian ada juga tombol merah, kuning, biru dan hijau yang fungsinya sangat bervariatif dalam menyeting receiver parabola.

Tips Cara Paling Mudah Memperbaiki Remote Parabola yang Rusak

Baca Juga :

Cara Memprogram Parabola 

Cara Mudah Memasukkan Bisskey ke Semua Receiver Parabola

Penyebab Remote Receiver Parabola Rusak

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan remote receiver parabola anda menjadi tidak berfungsi. Pada umumnya kerusakan diakibatkan karena benturan fisik remote, semisal dibanting, terjatuh tertindih saat tidur. Bisa juga terjadi kerusakan karena tercebur ke air.

Benturan fisik pada remote, atau pemakaian dalam jangka panjang dapat menyebabkan retaknya solder atau pcb rangkaian di dalam remote yang mengakibatkan remote gagal berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi jangan sampai remote parabola anda mengalami benturan fisik ya sob.

Perbaikan Remote Receiver Parabola yang Rusak

Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki remote receiver parabola yang rusak, selain membeli yang baru tentunya. Mari kita simak bersama tips tips nya sebagai berikut :

1. Memperbaiki posisi baterai dengan cara melepas dan memasangnya dengan memperhatikan kutub positif dan negatif dengan benar dan jangan sampai terbalik. Tempatkan kedua baterai dengan tepat sehingga kedua ujung kutubnya terhubung dengan terminal baterai tanpa terhalang sesuatu. Anda bisa menekan baterai sambil memutar beberapa kali untuk memastikan.

Tips Cara Paling Mudah Memperbaiki Remote Parabola yang Rusak

2. Goncang goncangkan remote atau goyang goyangkan remote secara perlahan ke kiri dan kekanan atau ke atas dan kebawah, kemudian coba gunakan remote apakah sudah bisa berfungsi atau belum.

3. Cek voltase baterai AAA x2 yang terdapat di dalam remote dengan menggunakan avometer, tegangan normal baterai adalah sekitar 1,5 Volt DC. Jika baterai sudah habis atau rusak, silahkan ganti dengan baterai yang baru.

4. Cara selanjutnya dengan mengecek lampu led infra merah remote receiver dengan menggunakan kamera HP. Hidupkan kamera belakang pada handphone anda, kemudian arahkan remote receiver parabola tersebut ke arah kamera handphone. Jika lampu led infra merah menyala, maka akan nampak seperti flash di kamera handphone.

Tips Cara Paling Mudah Memperbaiki Remote Parabola yang Rusak

Jika led infra merah dari remote receiver parabola ternyata berfungsi dengan baik namun tidak ada efek pada receiver parabola, maka ada kemungkinan led penerima infra merah di receiver parabola yang rusak sob. Jadi perlu di cek juga receiver parabolanya.

5. Buka casing remote receiver parabola dengan hati hati, jangan sampai pecah casingnya. Bersihkan rangkaian yang ada di dalam remote receiver parabola menggunakan kain yang kering. Pada tombol karet remote bagian dalam gosok gosoklah dengan ujung pensil, hal ini agar ketika tombol remote di tekan, fungsi tombol sebagai konduktor akan menjadi lebih baik.

6. Perhatikan jalur jalur yang ada di dalam PCB remote, apakah ada yang terputus karena retak atau kotor. Jika kotor dapat di bersihkan langsung, dan jika terdapat jalur PCB yang terputus dapat di jumper dengan kabel atau di solder untuk menyambungkan kembali.

7. Jika jalur jalur pada PCB remote masih bagus, anda dapat juga mengecek solderan pada komponen komponen di dalam remote tersebut. Jika ada solderan yang terkelupas, retak atau rusak, sobat dapat memperbaiki dengan mengganti atau menambahkan timah dengan solder yang panas.

Cara cara diatas dapat sobat praktekan satu persatu untuk memperbaiki remote receiver parabola yang tidak dapat berfungsi dengan normal. Tetapi jika sudah mencoba satu persatu langkah diatas namun tidak berhasil juga mungkin saatnya anda mengganti remote receiver parabola anda saat ini.

Baca Juga :

Harga Parabola Matrix Terbaru 

Harga Receiver Parabola Terbaik

Mengganti Remote Receiver Parabola

Anda dapat membeli remote sesuai dengan merk receiver parabola anda di toko toko parabola di sekitar anda atau melalui marketplace online. Jika tidak menemukan remote yang sesuai merk dan seri receivernya, sobat juga bisa membeli remote receiver parabola universal.

Cara setting remote receiver parabola ini sudah pernah kami bahas sebelumnya pada artikel berikut :

Cara Setting Kode Joker Remote Receiver Parabola Universal

Selain itu, anda juga dapat mencoba aplikasi android remote digital parabola yang juga sudah kita ulas pada artikel berikut :

Aplikasi Android Remote Digital Parabola TV Terbaik 

Saya rasa sampai disini pembahasan mengenai cara paling mudah memperbaiki remote receiver parabola yang rusak kali ini. Pada kesempatan yang akan datang akan kita bahas juga mengenai cara memperbaiki receiver parabola yang rusak. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »