Info Parabola tv satelit

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Nex Parabola Hilang Sinyal Setelah Upgrade

Nex Parabola Hilang Sinyal Setelah Upgrade. Ada perbedaan mendasar tentang cara upgrade receiver biasa dengan receiver rekomendasi. Jika pada receiver biasa, kita harus terlebih dahulu mendownload software terbaru kemudian dipindahkan ke flashdisk lalu flaskdisk tersebut di pasangkan ke receiver.


Sedangkan pada receiver rekomendasi, Upgrade Software biasanya dilakukan secara OTA atau Over The Air. Pada prosesnya software dikirim melalui satelit untuk di download langsung pada receiver ketika receiver dinyalakan dan menerima sinyal satelit tersebut, jadi tidak perlu menggunakan flashdisk lagi.


Nex Parabola Hilang Sinyal Setelah Upgrade

Masalahnya beberapa kejadian ketika upgrade software secara OTA dapat menyebabkan hilang sinyal, receiver boot mode dan lain lain. Bisa jadi karena human error ataupun kesalahan teknis dari produsen.


Nex Parabola Hilang Sinyal Setelah Upgrade


Termasuk beberapa pelanggan Nex Parabola yang mengeluhkan hilang sinyal setelah melakukan upgrade Software OTA. Masalahnya adalah pengaturan receiver Nex parabola setelah di Upgrade OTA menjadi settingan sesuai software yang di unduh tersebut.


Misalnya urutan chanel angka angka awal merupakan chanel dari Nex Parabola C Band Telkom 4, jadinya pengguna parabola mini kebingungan karenanya. Terlebih lagi bagi yang menggunakan diseqc, dipastikan tidak mendapat sinyal karena settigan diseqc nya berubah.


Cara Mengatasi Nex Parabola Sinyal Hilang Setelah Ugrade


Pada dasarnya cara mengatasi Nex Parabola Sinyal Hilang setelah upgrade tidak jauh berbeda antara parabola mini Ku Band dengan Parabola Jaring C Band. Perhatikan saja instalasi Nex Parabola yang terpasang di rumah anda, jika anda menggunakan Parabola Mini maka anda menggunakan satelit  Nex Ku Band sedangka jika menggunakan parabola jaring maka anda menggunakan parabola C Band.


Hidupkan dulu receiver Nex Parabola anda, kemudian cek ke pilihan Menu Daftar Satelit, disini kita akan menemukan banyak nama satelit yang sudah ada karena default upgrade software OTA. Jika anda menggunakan parabola jaring maka hapus semua satelit kecuali Nex Telkom, dan jika anda menggunakan parabola mini maka hapus semua satelit kecuali Nex Ku Band.

Baca Juga : Nex Parabola Tidak Ada Sinyal dan Cara Mengatasinya


Setelah semua satelit yang lain terhapus, pilih satu satelit yang tersisa, cek juga transpondernya apakah sudah benar 3900 V 29800 dan 4180 V 29800 untuk parabola jaring Nex Telkom dan transponder 11101 V 45000 dan 11861 V 45000 untuk parabola mini Nex Ku Band.


Apakah sinyal quality dan sinyal intensity sudah muncul ? Sampai langkah ini, untuk parabola mini harusnya sudah mendapatkan sinyal. Jika sudah mendapat sinyal, anda bisa mulai scan kedua transponder tersebut atau scan satelit yang dipilih untuk mndapatkan semua channel dari Nex Parabola.


Untuk parabola Jaring, jika sinyal belum muncul, cek kembali pada menu pengaturan satelit atau instalasi, lalu pada pilihan 22K, pilihlah posisi ON ( atau bisa juga pilih AUTO ) dan sesuaikan penggunaan Diseqc.


Nex Parabola Hilang Sinyal Setelah Upgrade


Pilih Diseqc NONE jika anda tidak menggunakan diseqc dan pilihlah diseqc 1.0 port 1 sampai 4 jika anda menggunakan diseqc sampai sinyal kembali muncul. Pada saat pemilihan diseqc, tunggu sekitar 10 detik ketika akan berpindah dari port satu ke port yang lain.


Cara Memasukkan Bisskey Nex Parabola


Seharusnya sinyal Nex parabola Jaring sudah muncul setelah langkah ini, lalu tekan exit dan simpan. Dan anda sudah dapat menikmati kembali siaran Nex Parabola seperti sebelumnya.


Selesai sudah pembahasan kita tentang cara mengatasi sinyal Nex Parabola Hilang setelah Upgrade software firmware OTA. Kiranya solusi tersebut dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Jika rekan rekan masih menemukan kendala, silahkan sampaikan pada kolom komentar di bawah ini untuk kita diskusikan bersama sama.  

1 comment:

  1. (1)Kalo Receiver STB bekas langganan BigTV udah tidak terpakai,tapi piringan Parabola masih diatas rumah,bgaimana mnggabungkan sinyal dari kabel tmbaga piringan Parabola dngan Kabel UHF biasa,lalu dicolokkan ke TV (untuk membantu sinyal UHF yg buruk), mustahil kah Bang?
    (2) NinMedia arah satelitnya sama kah dengan Arah satelit BigTV sebelum dia bangkrut ?

    ReplyDelete