Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Sinyal Tv parabola Hilang semua

Sinyal Tv Parabola hilang semua. Sobat satelit mungkin pernah atau malah sedang mengalami Sinyal Tv Parabola hilang semua. Yang biasanya kita bisa menyaksikan chanel chanel favorit, namun kini chanel tersebut menjadi blank, no signal. Kira kira apa ya penyebab dan solusi mengatasi sinyal tv parabola hilang semua ?


Dengan hilangnya sinyal tv parabola, sobat tentu saja kehilangan keseruan hiburan keluarga, acara olahraga maupun tayangan tayangan unggulan yang lain. Sobat satelit tidak perlu panik jika mengalami sinyal tv parabola hilang semua, coba di ingat ingat dahulu, kira kira apa yang bisa menyebabkan sinyal tv parabola hilang semua.


Sinyal Tv parabola Hilang semua



Penyebab Sinyal Tv Parabola Hilang Semua


Perlu diketahui, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sinyal tv parabola hilang semua. Baik yang berhubungan dengan perangkat maupun faktor eksternal di sekitar perangkat parabola dan receiver.


Berikut uraian beberapa penyebab internal dan eksternal yang bisa membuat sinyal parabola tv hilang semua, diantaranya adalah :


- Kerusakan pada LNB Parabola.


Kerusakan pada LNB Parabola bisa saja terjadi, namanya perangkat elektronik pasti ada usia pemakaian. Jika beruntung LNB Parabola anda bisa awet sampai bertahun tahun, bahkan bisa sampai 7-10 tahun, namun jika sobat satelit tidak beruntung, bisa saja LNB baru dipakai beberapa bulan sudah rusak.


- Kerusakan pada Receiver Parabola.


Sama dengan LNB, Receiver Parabola juga merupakan perangkat elektronik yang memiliki usia pemakaian. Kondisi listrik dan grounding di rumah juga turut mempengaruhi usia hidup receiver parabola untuk dapat berfungsi normal.


- Kerusakan pada Kabel Coaxial dan Konektor.


Sebenarnya kabel bawaan dengan merk merk pasaran ukuran 15-20 meter itu sudah memenuhi standar untuk pemasangan antena parabola. Hampir tidak mungkin kabel bisa rusak sendiri, biasanya karena pemasangan kurang bagus atau ada gangguan dari eksternal. Misalnya pemasangan konektor tidak kencang, ada serabut yang nempel ke tembaga, atau masangnya terlalu di tekuk 90 derajat, kabel digigit tikus dan beberapa hal lain.


- Arah antena parabola tertutup atau berubah.


Perhatikan pepohonan yang ada di sekitar antena parabola sobat, apakah arah antena parabola sobat tertutup dahan, daun atau batang pepohonan tersebut. BIsa juga arah antena tertutup bangunan baru hasil renovasi tetangga.


Jika sinyal tv parabola hilang semua setelah hujan deras disertai angin kencang, bisa jadi arah antena parabola sobat sudah berubah sehingga tidak bisa mengunci sinyal dari satelit sebelumnya.


Solusi dan cara mengatasi sinyal tv parabola hilang semua


Sobat satelit tidak perlu panik jika mengalami sinyal tv parabola hilang semua. Cek satu persatu untuk mengatasi tv parabola tidak ada sinyal. Berikut urutan pengecekan yang perlu dilakukan :


- Cek setingan parabola anda, misalnya frekuensi LNB, Transponder, Nomor Port diseqc dan kekuatan sinyal parabola. Jika setingan ada yang berubah, kembalikan dulu ke setingan semula. Ada dua indikator sinyal parabola, jika intensitas sinyal parabola terdapat angka 60 % maka LNB masih berfungsi normal ( jika memilih diseqc yang tepat ).


- Jika intensitas sinyal parabola angkanya 0%, maka cek kabel dan konektor, apakah sudah terpasang sesuai dengan seharusnya, sobat dapat menggunakan multitester / multimeter untuk mengecek kabel coaxial ini, apakah kabel terputus atau masih bagus.


- Lalu cek juga kondisi antena parabola sobat, apakah ada bekas antena begeser, atau antena masih terpasang dengan kencang. Perhatikan juga sekitar antena, apakah arah antena parabola tertutup sesuatu? Dahan atau bangunan baru misalnya? Kembalikan arah antena jika antena bergeser dan anda perlu memindahkan antena jika arah antena tertutup oleh bangunan permanen.

 

Semoga solusi tersebut dapat membantu sobat satelit untuk dapat mengatasi sinyal parabola tv yang hilang semua. Jika sobat masih menemukan kesulitan silahkan sobat dapat membaca beberapa artikel berikut ini sebagai acuan :


- Mengatasi sinyal parabola tiba tiba hilang 

- Cara menentukan arah parabola ke satelit

- Cara memprogram parabola 

- Cara memasang dan mencari sinyal parabola 


Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana kami, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment