Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit, Salam jumpa kembali dengan siaran satelit. Setelah beberapa lama kita menikmati long weekend, dan kembali ke rutinitas masing masing, kini saatnya kita membahas tentang cara menentukan arah parabola ke satelit, yang bagi banyak orang, masih kesulitan dalam memahami dan mengerti cara menentukan arah parabola ke satelit.

Cara ini sangat tepat di aplikasikan ke parabola offset, bukan parabola fokus. Untuk parabola fokus akan kita bahas kembali di lain waktu. 

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit



Ada dua hal yang harus anda ketahui dalam menentukan arah parabola ke satelit, di yaitu lokasi kita dan lokasi satelit.  Hmm, yang bener hanya perlu tahu itu ? Iya, pada dasarnya, atau kasarnya, kita hanya perlu mengetahui lokasi kita dan lokasi satelit yang kita tuju.

Baca Juga :

Daftar Frekuensi Terkuat Transponder C Band Satelit di Indonesia 

Daftar Frekuensi Terkuat Transponder Ku Band Satelit di Indonesia 

Kira kira bagaimana cara kita mengetahui lokasi kita dan lokasi satelit dengan akurat ? Mari langsung saja kita bahas satu per satu. 

Yang pertama, kita harus mengetahui lokasi kita sendiri. Sebenarnya untuk mengetahui lokasi kita bisa di lakukan dengan beberapa hal di antaranya melihat peta, baik peta offline maupun peta online dalam bentuk aplikasi seperti google maps dll, kemudian menggunakan Global Positioning System, bisa lewat handphone ataupun GPS Map dari Garmin misalnya.

Setelah anda mengetahui lokasi anda, kemudian anda harus mengetahui koordinat lokasi anda. Apa itu koordinat ? 

Baca Juga :

Koordinat adalah suatu titik yang di tunjukkan oleh perpotongan antara garis bujur dan garis lintang atau biasa kita dengar sebagai Latitude dan Longitude dan biasa di singkat dengan Lat-Long.

Cara yang paling gampang adalah dengan menggunakan Google Maps, karena saat ini hampir semua Handphone yang kita punya, termasuk dalam kategori smartphone yang didalamnya bisa di install aplikasi Google Maps. Hidupkan dulu GPS di pengaturan ponsel anda untuk mendapatkan lokasi yang akurat, kemudian buka google maps anda, lalu klik tanda pointer di sebelah kanan bawah sebelah atas tanda panah untuk navigasi.

Kemudian anda akan di arahkan ke suatu titik biru yang merupakan lokasi anda menurut GPS, Lalu tekan titik biru tersebut sekitar 3 - 5 detik, kemudian akan muncul lokasi koordinat anda pada kotak pencarian sebelah atas.. Lihat pada gambar berikut :

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit


Gambar diatas menunjukkan koordinat lokasi anda menurut Garis Lintang / Latitude ( berwarna Biru ) dan Garis Bujur / Longitude ( Berwarna Merah ). Sampai disini anda sudah mengetahui lokasi anda untuk mengetahui cara menentukan arah parabola ke satelit. Sudah paham kan tentunya ? Mari kita bahas yang selanjutnya.
Yang ke dua adalah kita harus mengetahui lokasi satelit yang kita tuju agar bisa mengetahui cara menentukan arah parabola ke satelit. yang perlu anda pahami dan mengerti dengan sebaik baiknya adalah, semua satelit komunikasi untuk televisi itu berada di orbit geostasioner sebagaimana pernah kita bahas dalam artikel Pengertian Satelit dan Cara Kerja Bermacam Satelit Bumi.

Nah karena satelit tersebut berada di orbit geostationer, maka tentu saja lokasi nya berada di atas garis khatulistiwa. Berikut gambar garis imajiner khatulistiwa yang membelah indonesia menjadi bagian utara dan selatan. 

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit


Anggap saja garis tersebut adalah lokasi satelit yang anda tuju, maka dengan mudah anda bisa menentukan apakah anda di sebelah utara satelit, atau di sebelah selatan satelit ? Jika anda berada  di sebelah utara garis khatulistiwa, maka antena parabola anda akan menghadap ke arah relatif selatan.

Begitu juga sebaliknya, jika anda berada di sebelah selatan khatulistiwa, maka antena parabola anda akan menghadap ke arah relatif utara. Kok arahnya relatif gan ? Iya relatif, karena masih ada parameter lokasi satelitnya gan.

Baca Juga :

Cara Mencari Sinyal Parabola Goldsat 

Cara mendapatkan Siaran Tv Digital Gratis

Misalnya nih ya anda berada di solo seperti gambar nomor 1 ( google maps di atas ) dengan koordinat Lat -7,77 Long 110,34, dan satelit yang anda tuju adalah chinasat 11 / ninmedia yang berada di posisi 98 E atau 98 derajat Bujur Timur.

Karena Lokasi kita berada di sebelah timur lokasi satelit ( Garis bujur timur di mulai dari Greenwich, London, Inggris, semakin ke timur, semakin besar angkanya ) dan di sebelah selatan lokasi satelit / garis khatulistiwa, maka arah antena parabola ke satelit adalah arah ke barat agak ke utara sedikit. 

Nah misalnya lagi kita masih berada di solo, trus satelit yang kita cari adalah satelitnya Big Tv dengan nama JCSat 4B yang berada di 124 Derajat Bujur Timur. Maka parabola kita otomatis mengarah ke timur agak ke utara. 


Cara Memasang dan Mencari sinyal parabola

Lalu bagaimana kita menentukan arah parabola ke satelit lain dari lokasi suatu satelit ? Misalnya posisi parabola kita sudah mengarah ke Ninmedia di 98 E, trus kita mau cari Measat 3 di 95 derajat Bujur Timur, arahnya kemana ? Yang benar, arahnya lebih ke kiri / ke arah barat dan sudut elevasinya turun sedikit.

Pada prinsipnya, semakin jauh lokasi satelit dari lokasi kita, arah parabola semakin sejajar dengan arah barat ataupun timur, dan sudut elevasi semakin kecil ( parabola semakin turun ). 

Ga nyangka panjang juga bahasan kita kali ini tentang cara memnentukan arah parabola ke satelit. Menurut saya ga susah susah amat, jika sudah mengetahui dasar dasar prinsipnya. Bagi yang masih bingung, silahkan di berdiskusi di kolom komentar, tanya juga boleh gan. Langsung praktek juga boleh kok, biar lebih afdol.. Sekian, semoga bermanfaat

59 comments:

  1. jika posisi kita 110° sedagkan satelit yg dituju berada 110°E apa posisi dish tegak lurus??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan berada di garis lintang berapa ? Jika di selatan khatulistiwa, menghadap ke utara, semakin ke dekat khatulistiwa semakin tegak ( untuk antena offset ) jika antena fokus, selisihnya ga jauh

      Delete
    2. Nanya gan saya pakai parabola jaring besar, berada di latitude : 2.00958 dan longitud : 100.625 kira-kira kemana parabola harus diarahkan agar dapat Siara satelit Telkom 4

      Delete
  2. Klo di medan, posisi dish gmn master.. utk tracking chinasat 11.
    Sebelumnya, terima kasih utk pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. medan di utara khatulistiwa ya gan ? arahnya lurus kebarat, serong dikit ke selatan,,, dikiiiiittt banget, bisa di anggap lurus,, sudut antena lebih tegak dari yang di jogja.

      Delete
  3. Lokasi -7.878353,113.053754
    Kalo mau ambil chinasat 11, arah ke mana Gan, mohon pencerahan..
    Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah bromo ya gan,, masih sama kok gan kayak di sebagian besar wilayah jawa,, arahnya ke barat, agak ke utara sedikit ( arah kiblat gan )

      Delete
  4. Gan kok q pakai tp 12500 v 43200 tk ada sinyal tapi klu pakai tp 11500 v 12675 dapt tapi hanya 8 chanel jd hrs gimana gan makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. chanelnya apa gan ? kok saya baru nemu ?

      ninmedia nya di ganti transpondernya 12499 V 43199 coba gan..
      beberapa receiver memang kadang selisih 1 nginputnya

      Delete
  5. gan, kalo pake tv led yang built in tuner untuk nangkep siaran satelit, masih perlu receiver ga?

    ReplyDelete
  6. Untuk daerah aceh selatan arahnya kemna gan

    ReplyDelete
  7. Gan mau tanya parabola saya hilang semua siarannya terus saya memberanikan diri untuk memutar jaring nya kok malah kena nya tv cina semua kalo pengen dapat siaran tv lokal LG itu kemana arahnya posisi saya di kebumen gan mohon info nya

    ReplyDelete
  8. arahkan ke palapa dan telkom 4 bang, pointingnya pakai transponder terkuat di masing masing satelit, palapa telkom relatif tegak lurus ke atas ( agak serong utara agar pas di khatulistiwa )

    ReplyDelete
  9. Gan kalo daerah makassar itu arah satelitnya ke mana yah truss bagusnya pke satelit apa

    ReplyDelete
  10. unknown : tentukan dulu mau loc satelit apa. baru kemudian di cari arahnya

    ReplyDelete
  11. Ninmedia, chinasat 11, saya di sulteng kab.buol. Sudah sekali dapat signalnya, sempat dapat 60% tapi kesenggol dikit saja hilang. Apa ukuran disc pengaruh jg y?

    ReplyDelete
  12. Gasitama : beam ku band chinasat melimpah ruah, termasuk di buol, untuk dish 45 cm memang sangat sensitif, tapi untuk dish 60 cm, harusnya gampang saja, ga langsung ilang kalau tersenggol

    ReplyDelete
  13. gimana posisi antena untuk satelit NINMEDIA

    ReplyDelete
  14. Kalo posisi Sulawesi Selatan,, satelit nya measat ,,arah dish nya posisi bagaimana master?

    ReplyDelete
  15. Gan cara cari satelit yg suaranya tv lokal Indonesia, arah parabolanya ke mana kalok saya dr Jogja, terus setelan resiver gimana kalok saya pakek jenis matrik turbo

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa search artikel disini tentang ninmedia atau nex parabola

      Delete
  16. Permisi gan.posisi sy di medan,sumut.sy pake mini parabola 60cm,dan tv led polytron built in receiver DVB-S2,selain ke satelit chinasat 11,adakah satelit lain yg bisa di paralel,dn gimana caranya kalo pake tv yg udh built in?kuat sinyal 89%,kualitas 22% chinasat 11.mkasih agan

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sama aja bisa di paralel dikasih switch, ada pengaturan switch ga di tv nya?

      Delete
    2. 0094916 101617291 pelelawan riau.. Arahnya payung kemana mas?? Paling potensial ambil satelit apa mas

      Delete
  17. Posisi suppa Pinrang dengna titik kordinan -3.972165.119.561660
    Lgsat
    Mohon petunjuk sifu...

    ReplyDelete
  18. Mohon petunjuk mas, satelit apa yang cocok untuk titik kordinat saya -3.927165.119.561660

    ReplyDelete
    Replies
    1. sulawesi ya gan,, masih di tengah indonesia dan deket khatulistiwa, jadi semua satelit masih masuk beamnya

      Delete
  19. permisi agan, saya tinggal di Kodya Malang Jawatimur. Saya mau tracking K Vision, arah mana dish parabolanya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. arahnya ke barat pak, ke satelit measat 3, pakai aplikasi satfinder lebih mudah

      Delete
  20. Klo sy di riau,pke dish indomie 85cm lnb c band,mau loct satelite telkom 4,arah mana dishnya??dan brapa kemiringan dish nya??
    Mksih pencerahan nya

    ReplyDelete
  21. Mohon petunjuknya gan saya di kalimantan timur kutai barat arahnya kemana ya gan

    ReplyDelete
  22. Mohon petunjuknya gan sya di kutai barat kalimantan timur kemana ya arahnya.

    ReplyDelete
  23. Tlong petunjuk nya bos tlevisi tadinya pakek satelit nenmedia .tpi kk hilang siknyal na ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pindah ke measat aja gan ke 91 BT, ninmedia tinggal dikit

      Delete
  24. 8.115431,112.199046 klo mau pindah dari nin ke measat arah parabolany

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di blitar ya, dari ninmedia ke kiri dikit, turun dikit, transpondernya ganti measat dl ya

      Delete
    2. master kalo masuk ke asiasat 9 arahny gmn yaw..kok ttep 60% sdh diputer parabolany ttep

      Delete
    3. Nyari tv plus ya, asiasat 9 itu posisinya di atas kota luwuk, sulawesi tengah, arahnya kesana, kalau dari blitar ya ke timur laut

      Delete
  25. halo kak, aku tinggal di kebalen-babelan-kabupate bekasi. rumah saya pakek antena yang biasa digunakan pada masyarakat umum. aku mau tanya kak, arah antena yang hasil nya bagus ke arah mana kak?maaf kak soalnya masih awam tentang dunia pengetahuna pemancaran satelit tv dll
    mohon bantuannya yah kak, soalnya tv ku paling sering tampilan gerimis hampir semua channel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo antena uhf ya, biasanya di arahkan ke tempat pemancar pemancar tv ( bts ) biasanya ngumpul tuh pemancar pemancar tv di lokasi yang agak tinggi, semisal bukit,, oh ya saya pake antena tv digital toyosaki aio 220aw, tv divital dan analog jadi bener bener bersih dan cling

      Delete
  26. Master saya tinggal di kepulauan riau dan saya memakai resiver tanaka tanaka prabola mini skrg siarannya gak ada
    Untuk titik koordinat dan arah prabolanya kemna

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke asiasat 9 di linki berikut :

      http://www.siaransatelit.com/2020/09/cara-mencari-sinyal-tiviplus-di-asiasat-9.html

      Delete
  27. Master Saya Mau tambah siaran/ Satelit utk parabola saya memakai hidrolik.gmana caranya Master.Terimakasih

    ReplyDelete
  28. Gan kalau untuk daerah palembang titik koord saya -4.03/103.7 tapi saya mau cari satelit telkom 4 yang koord 108.0 e. Parabolanya jenis jaring yang besar, diarahkan kemana ya gan? Kalau saya googling katanya ke arah barat agak ke utara, apakah posisinya tegak lurus atau miring? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. arahnya lurus keatas, miring ketimur dikit, dikit banget, cari frek terkuatnya dulu

      Delete
  29. Kak kalo mau cari telkom 4 di daerah palembang koord -4.03/103.26 pakai parabola jaring yang besae itu ke arah mana ya? Apakah ke barat juga soalnya saya liat tutorial pada ke arah barat. Tegak lurus atau sedikit miring?

    ReplyDelete
    Replies
    1. telkom 4 itu di 108 BT, jadi miring ke kanan nya cyma dikit banget, hampir ga keliatan

      Delete
  30. 6°52'32.8"S 107°36'10.3"E pakai decoder mola nex hitam parabola didaerah bandung tepatnya jalan ciumbuleuit arahnya kemana parabola mininya

    ReplyDelete
  31. 0094916 101617291 pelelawan riau.. Arah payung kemana mas?? Ambil satelit apa yang paling potensial mas??

    ReplyDelete
  32. Gan untuk dapat siaran dari Timur Tengah seperti Oman, Qatar, UEA. Parabola harus geser kemana? Posisi saya di Tangerang Selatan stasiun Sudimara. Terima kasih banyak sebelumnya om.

    ReplyDelete
  33. Kalo di daerah pekalongan desa bukur, kecamatan bojong, arahnya ke mana gan???

    ReplyDelete