Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit, Salam jumpa kembali dengan siaran satelit. Setelah beberapa lama kita menikmati long weekend, dan kembali ke rutinitas masing masing, kini saatnya kita membahas tentang cara menentukan arah parabola ke satelit, yang bagi banyak orang, masih kesulitan dalam memahami dan mengerti cara menentukan arah parabola ke satelit. Cara ini sangat tepat di aplikasikan ke parabola offset, bukan parabola fokus. Untuk parabola fokus akan kita bahas kembali di lain waktu. 

Ada dua hal yang harus anda ketahui dalam menentukan arah parabola ke satelit, di yaitu lokasi kita dan lokasi satelit.  Hmm, yang bener hanya perlu tahu itu ? Iya, pada dasarnya, atau kasarnya, kita hanya perlu mengetahui lokasi kita dan lokasi satelit yang kita tuju. Kira kira bagaimana cara kita mengetahui lokasi kita dan lokasi satelit dengan akurat ? Mari langsung saja kita bahas satu per satu. 

Yang pertama, kita harus mengetahui lokasi kita sendiri. Sebenarnya untuk mengetahui lokasi kita bisa di lakukan dengan beberapa hal di antaranya melihat peta, baik peta offline maupun peta online dalam bentuk aplikasi seperti google maps dll, kemudian menggunakan Global Positioning System, bisa lewat handphone ataupun GPS Map dari Garmin misalnya. Setelah anda mengetahui lokasi anda, kemudian anda harus mengetahui koordinat lokasi anda. Apa itu koordinat ? 


Koordinat adalah suatu titik yang di tunjukkan oleh perpotongan antara garis bujur dan garis lintang atau biasa kita dengar sebagai Latitude dan Longitude dan biasa di singkat dengan Lat-Long. Cara yang paling gampang adalah dengan menggunakan Google Maps, karena saat ini hampir semua Handphone yang kita punya, termasuk dalam kategori smartphone yang didalamnya bisa di install aplikasi Google Maps. Hidupkan dulu GPS di pengaturan ponsel anda untuk mendapatkan lokasi yang akurat, kemudian buka google maps anda, lalu klik tanda pointer di sebelah kanan bawah sebelah atas tanda panah untuk navigasi.  Kemudian anda akan di arahkan ke suatu titik biru yang merupakan lokasi anda menurut GPS, Lalu tekan titik biru tersebut sekitar 3 - 5 detik, kemudian akan muncul lokasi koordinat anda pada kotak pencarian sebelah atas.. Lihat pada gambar berikut :



Gambar diatas menunjukkan koordinat lokasi anda menurut Garis Lintang / Latitude ( berwarna Biru ) dan Garis Bujur / Longitude ( Berwarna Merah ). Sampai disini anda sudah mengetahui lokasi anda untuk mengetahui cara menentukan arah parabola ke satelit. Sudah paham kan tentunya ? Mari kita bahas yang selanjutnya.

Yang ke dua adalah kita harus mengetahui lokasi satelit yang kita tuju agar bisa mengetahui cara menentukan arah parabola ke satelit. yang perlu anda pahami dan mengerti dengan sebaik baiknya adalah, semua satelit komunikasi untuk televisi itu berada di orbit geostasioner sebagaimana pernah kita bahas dalam artikel Pengertian Satelit dan Cara Kerja Bermacam Satelit Bumi. Nah karena satelit tersebut berada di orbit geostationer, maka tentu saja lokasi nya berada di atas garis khatulistiwa. Berikut gambar garis imajiner khatulistiwa yang membelah indonesia menjadi bagian utara dan selatan. 


Anggap saja garis tersebut adalah lokasi satelit yang anda tuju, maka dengan mudah anda bisa menentukan apakah anda di sebelah utara satelit, atau di sebelah selatan satelit ? Jika anda berada  di sebelah utara garis khatulistiwa, maka antena parabola anda akan menghadap ke arah relatif selatan. Begitu juga sebaliknya, jika anda berada di sebelah selatan khatulistiwa, maka antena parabola anda akan menghadap ke arah relatif utara. Kok arahnya relatif gan ? Iya relatif, karena masih ada parameter lokasi satelitnya gan.

Misalnya nih ya anda berada di solo seperti gambar nomor 1 ( google maps di atas ) dengan koordinat Lat -7,77 Long 110,34, dan satelit yang anda tuju adalah chinasat 11 / ninmedia yang berada di posisi 98 E atau 98 derajat Bujur Timur. Karena Lokasi kita berada di sebelah timur lokasi satelit ( Garis bujur timur di mulai dari Greenwich, London, Inggris, semakin ke timur, semakin besar angkanya ) dan di sebelah selatan lokasi satelit / garis khatulistiwa, maka arah antena parabola ke satelit adalah arah ke barat agak ke utara sedikit. 

Nah misalnya lagi kita masih berada di solo, trus satelit yang kita cari adalah satelitnya Big Tv dengan nama JCSat 4B yang berada di 124 Derajat Bujur Timur. Maka parabola kita otomatis mengarah ke timur agak ke utara. 


Lalu bagaimana kita menentukan arah parabola ke satelit lain dari lokasi suatu satelit ? Misalnya posisi parabola kita sudah mengarah ke Ninmedia di 98 E, trus kita mau cari Measat 3 di 95 derajat Bujur Timur, arahnya kemana ? Yang benar, arahnya lebih ke kiri / ke arah barat dan sudut elevasinya turun sedikit. Pada prinsipnya, semakin jauh lokasi satelit dari lokasi kita, arah parabola semakin sejajar dengan arah barat ataupun timur, dan sudut elevasi semakin kecil ( parabola semakin turun ). 

Ga nyangka panjang juga bahasan kita kali ini tentang cara memnentukan arah parabola ke satelit. Menurut saya ga susah susah amat, jika sudah mengetahui dasar dasar prinsipnya. Bagi yang masih bingung, silahkan di berdiskusi di kolom komentar, tanya juga boleh gan. Langsung praktek juga boleh kok, biar lebih afdol.. Sekian, semoga bermanfaat
.
.
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Friday, January 12, 2018 9:03:00 AM delete

jika posisi kita 110° sedagkan satelit yg dituju berada 110°E apa posisi dish tegak lurus??

Reply
avatar
Friday, January 12, 2018 9:56:00 AM delete

Agan berada di garis lintang berapa ? Jika di selatan khatulistiwa, menghadap ke utara, semakin ke dekat khatulistiwa semakin tegak ( untuk antena offset ) jika antena fokus, selisihnya ga jauh

Reply
avatar
Alex Rio
AUTHOR
Saturday, January 13, 2018 8:12:00 AM delete

Klo di medan, posisi dish gmn master.. utk tracking chinasat 11.
Sebelumnya, terima kasih utk pencerahannya.

Reply
avatar
Tuesday, January 23, 2018 12:54:00 AM delete

medan di utara khatulistiwa ya gan ? arahnya lurus kebarat, serong dikit ke selatan,,, dikiiiiittt banget, bisa di anggap lurus,, sudut antena lebih tegak dari yang di jogja.

Reply
avatar