Cara Mudah Paralel Parabola TV Kabel Dalam Satu Rumah


Cara mudah paralel parabola tv kabel dalam satu rumah. Apakah anda sudah memasang parabola di rumah ? Jika sudah, biasanya anda akan memasang receiver di ruang keluarga atau kamar tidur anda bukan ? Lalu bagaimana jika misalnya anda ingin memasang 2 buah receiver, yang pertama anda tempatkan di ruang keluarga kemudian yang satunya anda tempatkan di kamar tidur anda. Agar anda tidak perlu memindah mindah receiver, atau jika ada anggota keluarga yang lain yang ingin menyaksikan siaran yang berbeda, kedua receiver tersebut dapat di fungsikan sebagai mana mestinya. 

Yang perlu anda perhatikan, paralel yang akan kami bahas di sini adalah paralel aktif, yang artinya masing masing receiver / tv dapat menyaksikan chanel chanel yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Tentu saja ini membutuhkan jumlah / penambahan receiver sesuai dengan TV yang akan di tambahkan. Secara garis besar, ada 2 macam cara yang akan kita uraikan secara mendalam pada kesempatan kali ini. yang pertama dengan mengganti LNB anda dengan LNB dual out, kemudian yang kedua dengan menambahkan Splitter. Mari langsung saja kita bahas satu persatu.

Baca Juga : 


cara-mudah-paralel-parabola-tv-kabel-dalam-satu-rumah

1. Paralel parabola tv kabel dalam satu rumah dengan menggunakan Splitter.

splitter
Cara ini adalah salah satu cara yang paling mudah di aplikasikan dalam pemasangan instalasi tv kabel paralel dalam satu rumah. Anda hanya cukup menambahkan splitter dan connector serta kabel coaxial yang panjangnya menyesuaikan letak tv ke dua di rumah anda. Splitter ini mempunyai satu line input dan dua line output, dimana splitter ini hanya membagi 2 sinyal yang di terima dari LNB baik Ku band maupun C band, tanpa adanya penguatan / penyesuaian tegangan outputnya. Disarankan untuk tidak menggunakan kabel tambahan yang terlalu panjang, jika kabel tambahan hanya sekitar 10 meter saja, maka instalasi paralel tv kabel dalam satu rumah menggunakan splitter ini masih dapat berfungsi dengan baik. Cara Pemasangannya, sambungkan kabel coaxial dari LNB ke line IN Splitter, sedangkan dua  Line OUT Splitter menuju ke masing masing receiver anda. Splitter ini bisa di beli di berbagai toko parabola di sekitar anda, maupun melalui chanel e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada dll dengan kisaran harga sekitar 20 - 30 ribuan saja. Cukup murah bukan ? 

Perlu di ketahui bahwa penggunaan spliter ini terdapat kelemahan, yaitu tv ke dua hanya dapat menyaksikan siaran / chanel dalam polarisasi yang sama dengan tv utama. Penggunaan splitter ini bisa di aplikasikan untuk paralel Ninmedia, yang akan kita bahas pada postingan selanjutnya. 

2. Paralel parabola tv kabel dalam satu rumah dengan menggunakan LNB Dual Out.

lnb-dual-out

Cara ini merupakan cara yang lebih dianjurkan dibandingkan cara yang sudah kita bahas di atas. LNB dual out disini adalah LNB yang mempunyai dual out murni, ( Bukan LNB dual Polarisasi ) dimana pada masing masing outnya mempunyai polaritas Vertikal dan Horizontal masing masing, sehingga tidak akan saling tarik menarik antar receiver. Jadi output dari LNB ini akan langsung menuju receiver di dua lokasi yang berbeda jika anda hanya menggunakan satu buah LNB saja. Namun jika anda menggunakan 2 - 4 LNB maka silahkan kombinasikan dengan Diseqc 1.0  untuk masing masing receiver. LNB Dual out ini bisa anda dapatkan melalui dealer dealer parabola di sekitar anda atau melalui chanel e-commerce dengan harga sekitar 75 ribuan untuk KU Band dan sekitar 150 ribuan untuk C band dan S Band, sedangkan diseq dengan harga mulai 20 ribuan untuk diseqc 2x1.  

Bagaimana, apakah anda sudah paham cara mudah paralel parabola tv kabel dalam satu rumah dengan kedua cara di atas, baik menggunakan splitter maupun menggunakan lnb dual out ? Sebenarnya mengenai paralel ini banyak sekali bahasan yang perlu kita ketahui, akan kita bahas lagi dalam postingan selanjutnya. JIka anda sudah mencoba cara di atas, silahkan share hasil paralel anda disini sebagai referensi bagi pembaca yang lain. Semoga bermanfaat.
.
.
Previous
Next Post »

5 komentar

Write komentar
GST Training
AUTHOR
Wednesday, August 09, 2017 9:13:00 PM delete

Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

Reply
avatar
Dian Dian
AUTHOR
Wednesday, August 30, 2017 8:40:00 AM delete

Bisa ga kira2 dalam satu parabola mengguna kan 2 LNB

Reply
avatar
Irwan Efendi
AUTHOR
Thursday, November 02, 2017 3:25:00 AM delete

apakah bisa dgn out 1 band di pakai 4 receiver ,apakah bisa menjadi paralel aktif ??

Reply
avatar
Monday, November 13, 2017 6:35:00 AM delete

pakai lnb 4 out aja,, kalau satu out di cabang nanti bubar gambarnya

Reply
avatar