Cara Memasang Booster TV, Splitter dan CATV Signal Amplifier

Cara Memasang Booster Tv, Splitter dan CATV Signal Amplifier yang benar. Sebuah Booster antena tv berguna untuk memperkuat sinyal analog yang di terima oleh antena tv UHF sebelum di kirim ke tuner di dalam perangkat televisi. Dengan digunakanya booster ini, sinyal / gambar tv yang tadinya banyak semutnya, kurang jelas, blurr, kualitasnya menjadi lebih baik.

Bagi masyarakat perkotaan umumnya jaraknya cukup dekat dengan BTS Relay Stasiun TV, sehingga instalasi antena tv pun dapat dilakukan tanpa menggunakan booster tv. Namun tidak dengan saudara saudara kita yang tinggal di daerah pinggiran maupun yang di kelilingi atau di belakang bukit, sinyal transmisi dari BTS Relay Stasiun TV seringkali tidak sampai karena terhalang ataupun powernya sudah sangat lemah, sehingga perlu dikuatkan dengan booster tv ini.

Pada umumnya, booster tv terdiri dari dua perangkat box kecil dimana yang satu diletakkan pada bagian atas ( dekat antena UHF) dan satunya lagi di pasang di dekat pesawat televisi. Sebut saja Booster atas dan Booster bawah untuk mempermudah. Pada booster bawah terdapat kabel power untuk di hubungkan ke listrik PLN 220V.

 Booster tv splitter dan catv signal amplifier

Cara Pemasangan Booster TV yang tepat

Pemasangan Booster tv sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan meski bagi pemula sekalipun. Untuk perangkat booster atas biasanya di pasang di dekat antena UHF dengan jarak kurang dari satu meter dengan antena. Pada umumnya di perangkat booster atas mempunyai dua port kabel, yang satu tertulis "UHF" atau "to Antena", dan satu lagi "to TV".

Hubungkan antena dengan Booster atas pada port "UHF" atau "to Antena" dengan menggunakan kabel coaxial ( kabel antena ) dengan panjang kabel maksimal satu meter. Lalu pasang kabel coaxial pada port "to TV" ke arah booster bawah pada port "to Booster". Sedangkan pada port "to TV" pada Booster bawah di sambungkan ke televisi menggunakan kabel pendek maksimal satu meter.

Perhatikan gambar diagram pemasangan booster antenna tv dibawah ini :
Cara Pasang Booster TV, Splitter dan CATV Signal Amplifier

Setelah booster atas dan bawah terpasang kabel dengan benar, silahkan hidupkan booster dan televisi anda. Cek kualitas siaran televisi setelah menggunakan booster dan sebelum memakai booster tv. Biasanya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan booster tv.

Namun jika ternyata masih sama juga, silahkan anda putar putar dan arahkan antena televisi anda dulu sampai mendapatkan siaran yang paling bagus, mungkin saja arahnya masih belum tepat. Akan tetapi ada beberapa juga yang tidak mengalami perbaikan kualitas tayangan televisi setelah menggunakan booster tv, diantaranya :

1. Kualitas booster tv kurang bagus.
2. Antena kurang tinggi.
3. Kabel antena kualitasnya rendah.
4. Kesalahan dalam pemasangan.


Perhatikan juga pada saat memasang kabel antena, inner tembaga dari kabel antena tidak boleh bersentuhan dengan kawat serabut grounding luarnya. Jika terjadi kesalahan dalam pemasangan ini dapat mengakibatkan tidak berfungsinya booster tv secara maksimal dan dapat merusakkan booster tv itu sendiri.

Perbedaan Fungsi antara Booster TV dan Splitter TV.

Sebagaimana sudah kita bahas bersama sama di atas,  fungsi Booster antena tv berguna untuk memperkuat sinyal analog yang di terima oleh antena tv UHF sebelum di kirim ke tuner di dalam perangkat televisi. Namun hanya untuk satu buah output atau satu televisi saja. 

Sedangkan fungsi Splitter untuk membagi sinyal analog dari antena ke beberapa output / televisi, tanpa fungsi penguatan sinyal. Dengan Splitter ini, satu antena dapat digunakan untuk beberapa televisi, namun hanya untuk konfigurasi perangkat dengan kabel yang pendek saja.


Jika ingin menggabungkan fungsi booster dan splitter, anda dapat menggunakan perangkat yang bernama CATV Signal Amplifier. Perangkat ini berfungsi memperkuat signal analog dari antena, dan sekaligus membagi sinyal analog kedalam beberapa output. Kelebihan dari perangkat ini, anda dapat mengatur sendiri tingkat amplify signalnya. 

Diagram pemasangan CATV Signal Amplifier dapat di lihat pada gambar berikut :
cara pasang catv signal amplifier

Dari seluruh pembahasan diatas, bisa kita simpulkan bahwa pemasangan Booster, splitter, dan CATV signal TV Amplifier, dapat dengan mudah dilakukan, bahkan oleh pemula sekalipun. Pemilihan perangkat penguat dan pembagi sinyal, kualitas kabel, serta perakitan dan pemasangan mempengaruhi hasil akhir tayangan televisi. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Herman
AUTHOR
Thursday, October 24, 2019 10:24:00 PM delete

kalau catv dan booster digabungkan diagramnya bagaimana?

Reply
avatar
Friday, October 25, 2019 3:20:00 AM delete

@herman : saya sendiri belum coba hal penggabungan catv dan booster, jadi belum mengetahui hasilnya. namun jika anda ingin mencoba, silahkan pasang output booster yang ke arah TV menjadi input untuk CATV Signal amplifier

Reply
avatar