Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Solusi mengatasi Nusantara HD Gelap di Telkom 4

Nusantara HD Gelap, begini solusinya. Kabar buruk bagi pengguna receiver Nusantara HD di satelit Telkom 4, karena sejak beberapa hari yang lalu Transvision Nusantara HD sudah tidak bisa disaksikan di satelit Telkom 4.


Belum jelas sebab musababnya, yang pasti saat ini transponder Transvision Nusantara 3934 V 10000 sudah tidak ada sinyalnya. Belum diketahui juga apakah Transvision Nusantara HD akan berpindah transponder saja atau mungkin berpindah satelit juga, atau bisa jadi selamanya menghilang.




Lalu bagaimana dengan sobat yang terlanjur memiliki receiver Transvision Nusantara HD ? Apa receivernya bisa digunakan lagi atau bagaimana ? Ada solusi sementara yang bisa dilakukan agar siaran Transvision Nusantara HD sobat dapat berfungsi lagi seperti semula, apa solusinya?


Mengatasi Transvision Nusantara HD Gelap


Yang pertama sobat satelit perlu ketahui jika Transvision Nusantara HD tidak hanya mengudara di satelit Telkom 4, namun juga mengudara di satelit Mesasat 3B namun berbeda frekuensi. Untuk Telkom 4 frekuensi yang digunakan adalah frekuensi C Band dan di satelit Measat 3B menggunakan Frekuensi Ku Band.


Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi Transvision Nusantara HD agar tetap bisa menayangkan chanel chanel kesayangan sobat adalah dengan cara memasang Receiver Transvision Nusantara HD dengan parabola Mini dan mengarahkan ke satelit Measat 3B.


Di satelit Measat 3B, Transvision Nusantara HD menggunakan frekuensi sebagai berikut :


1. 12563 V 32000

2. 12563 H 30000

3. 12603 V 30000

4. 12603 H 30000

5. 12643 V 30000

6. 12643 H 30000


Anda perlu menambahkan transponder tersebut ke dalam receiver Transvision Nusantara HD sebelum mengarahkan ke satelit Measat 3B agar siaran Nusantara HD kembali Cling seperti semula.


Posisi, Garis Bujur dan Arah Satelit Telkom 4


Mengubah Transvision HD C Band menjadi Ku Band


Dikarenakan perbedaan frekuensi yang digunakan, maka perangkat parabola yang digunakan juga berbeda. Untuk menangkap frekuensi Ku Band Nusantara HD di satelit Measat 3B, sobat satelit harus memiliki parabola mini lengkap dengan LNB Ku Band.


Bisa saja sobat tetap menggunakan parabola jaring, namun tetap harus membeli LNB Ku Band Prime Fokus yang harganya juga lumayan mahal, sekitar 150 - 200 ribuan. Bila menggunakan parabola mini + LNB Ku band baru, sobat bisa mendapatkanya juga dengan harga sekitar 150 ribuan sudah termasuk kabel RG6 standart dengan panjang 10-15 meter.


Terserah sobat satelit, pilihan mana yang di ambil, saran saya beli saja parabola mini + lnb ku band untuk memasang receiver Nusantara HD nya, sedangkan Parabola jaringnya dapat digunakan untuk emnonton siaran FTA di satelit Telkom 4 atau di pasangi receiver yang lain.


Simak Video Berikut :




Sekian solusi dan cara mengatasi Transvision Nusantara HD Gelap di satelit telkom 4 yang beru terjadi beberapa waktu yang lalu. Semoga dengan artikel ini sobat satelit mendapatkan jawaban yang diinginkan.


Jangan lupa subscribe dan dukung terus chanel youtube kami agar kami semakin bersemangat dalam berkarya, Salam.

No comments:

Post a Comment