Satelit Telkom 1 Down, Menyebabkan Berbagai Layanan Komunikasi Terganggu


Seperti sudah kita ketahui dari berbagai media nasional baik surat kabar, televisi ataupun media sosial, dimana terjadi kerusakan pada Satelit Telkom 1. Menurut pernyataan dari Telkom yang kami ambil dari detikcom, anomali mulai dirasakan pada hari jumat 25 Agustus 2017, sekitar pukul 16:51. Dan sedang dilakukan perbaikan oleh pihak telkom dan lockheed marteen selaku pabrikan satelit Telkom 1, dan di estimasikan akan selesai pada 02:00 dini hari 26 agustus 2017. 

Namun pada pagi hari tanggal 26 agustus 2017 tersebut, masih terjadi gangguan pada satelit telkom 1. Sehingga berbagai layanan komunikasi yang menggunakan satelit telkom 1 menjadi terganggu. Mengutip dari wikipedia, satelit telkom 1 ini di luncurkan pada tahun 1998 dan mempunyai lifetime selama 15 tahun dengan masih bisa di optimalkan pada beberapa tahun setelahnya. Pada tahun 2012 , sejatinya di luncurkan juga satelit telkom 3 di orbit 118 derajat bujur timur di atas khatulistiwa, tetapi terjadi gangguan pada saat peluncuran yang menyebabkan satelit gagal mencapai orbit geostasioner. 

Baca Juga :



 telkom satu down / rusak

Kembali lagi ke telkom 1, informasi yang kami dapatkan kerusakan terjadi pada fuel / batterai / solar panel telkom 1. dan kami juga masih belum mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai progress perbaikan satelit telkom 1 tersebut. Namun sepertinya tidak dapat di perbaiki, mungkin karena masa lifetimenya memang sudah habis. Satelit Telkom 1 yang  menyediakan 36 transponder untuk melayani kebutuhan komunikasi bagi pelanggan / korporasi di indonesia ini, juga menjadi rujukan masyarakat untuk dapat menikmati siaran tv  nasional , jika siaran lokal terestrial yang di pancarkan oleh BTS tidak dapat di terima dengan baik, karena jarak yang jauh ataupun terhalang oleh pegunungan maupun perbukitan. 

Selain Televisi, Telkom 1 juga menjadi sarana telekomunikasi VSAT yang digunakan pada ribuan ATM, baik BCA, BNI, Mandiri dan sebagian kecil BRI, karena mayoritas jaringan telekomunikasi VSAT BRI sudah di pindahkan ke BRISAT. Namun jangan khawatir, layanan perbankan masih dapat berfungsi normal pada Kantor Kas, Kantor Cabang Pembantu, maupun Kantor Cabang Utama, serta ATM ATM yang tidak menggunakan jaringan telkom di kota kota anda. Saat ini dari berbagai pihak sedang mengupayakan untuk perbaikan di berbagai sektor,baik di telkomnya sendiri, maupun di provider jaringan komunikasi dengan mengalihkan komunikasi dengan menggunakan satelit lain, yaitu satelit Telkom 3s, Apstar dan satelit Measat. 

Baca Juga :



Dari berita yang kami baca di CNN Indonesia, pada tahun 2018 akan di luncurkan satelit telkom 4 yang di persiapkan untuk menggantikan satelit Telkom 1  di 108 BT. Jadi bilamana satelit telkom 1 benar benar tidak bisa diperbaiki, harus segera di buat dari orbitnya, sehingga dapat di tempati oleh penerusnya, satelit telkom 4. Pemerintah juga akan membantu menjaga slot 108 BT agar tetap dapat di tempati oleh telkom 4. Menarik untuk di tunggu, apakah Siaran FTA yang biasanya hadir di telkom 1, akan di migrasi ke Satelit Telkom 3s, telkom 2 ataukah menunggu datangnya satelit pengganti, Telkom 4. Tapi masih lama kan ya...

Sementara ini hanya itu yang dapat kami sampaikan saat ini, jika ada perkembangan informasi terbaru lainya mengenai Satelit Telkom 1 yang down sehingga menyebabkan berbagai layanan komunikasi terganggu, akan segera kami update di artikel ini. Semoga bermanfaat. 
Previous
Next Post »