Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

LNB Yang Bisa Menangkap Semua Satelit

LNB yang dapat menangkap semua satelit. Apakah satu LNB bisa menangkap semua satelit ? LNB Jenis apa yang dapat menangkap semua satelit? Bagaimana memasang LNB agar dapat menangkap semua satelit?


Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu, apa itu LNB dan Fungsi dari LNB. LNB Merupakan singkatan dari Low Noise Block Converter. Secara sederhana,fungsi dari LNB adalah menangkap sinyal yang didapat dari satelit agar dapat diproses oleh Receiver Parabola.


LNB Yang Bisa Menangkap Semua Satelit

LNB sendiri memerlukan sebuah reflektor atau pemantul agar konsentrasi sinyal yang akan ditangkap menjadi cukup kuat. Reflektor atau pemantul inilah yang kita sebut sebagai parabola.


Dengan adanya piringan parabola, sinyal dari satelit akan dikumpulkan di titik tengah LNB sehingga menjadi cukup kuat untuk ditangkap. Tanpa adanya piringan parabola, mustahil LNB bisa menangkap sinyal dari satelit.


Tipe Tipe LNB


Ada dua tipe pemasangan LNB pada piringan parabola, yang pertama adalah tipe parabola fokus dan yang kedua adalah tipe parabola offset. Untuk parabola fokus, Posisi LNB dipasang pas di tengah parabola menghadap titik tengah parabola. Tipe Parabola Fokus ini yang diaplikasikan untuk parabola jaring mulai dari 6 feet sampai 10 feet.


LNB Yang Bisa Menangkap Semua Satelit



Sedangkan untuk tipe parabola offset sendiri, diaplikasikan untuk parabola mini dengan dish solid. Demikian juga LNB yang dipakai, untuk tipe parabola fokus harus menggunakan LNB Fokus dan Tipe parabola Offset juga menggunakan LNB Offset.


Jenis Jenis LNB yang umum digunakan


Lalu jenis LNB mana yang dapat menangkap semua satelit? Ada 3 jenis LNB yang cukup banyak digunakan saat ini, yaitu LNB C Band, LNB Ku Band dan LNB S Band :


LNB Yang Bisa Menangkap Semua Satelit



- LNB C Band dapat menangkap semua satelit yang menggunakan frekuensi C Band. Untuk menangkap sinyal dari satelit yang menggunakan frekuensi C Band, kita memerlukan piringan parabola dengan diameter minimal 100-120 cm, namun agar sinyal lebih stabil, disarankan menggunakan piringan parabola dengan diameter 180 cm ( 6 feet ).


- LNB Ku Band dapat menangkap semua satelit yang menggunakan frekuensi Ku Band. Untuk menangkap sinyal frekuensi Ku Band, kita bisa menggunakaan piringan parabola dengan diameter minimal 45 cm untuk jenis LNB Offset seperti yang biasa kita sebut dengan parabola mini. Namun jika menggunakan LNB Prime Fokus Ku Band, kita memerlukan piringan parabola minimal 180 cm.


- LNB S Band dapat menangkap semua satelit yang menggunakan frekuensi S Band. Saat ini hanya TV Berbayar MNC Vision yang menggunakan Frekuensi S Band dari satelit SES 7. LNB S Band dapat menangkap sinyal frekuensi S Band dengan menggunakan piringan parabola yang berdiameter minimal 60 cm.


- LNB Combo dapat menangkap semua frekuensi Ku Band dan Frekuensi C Band dalam satu satelit. Untuk menggunakan LNB Combo kita harus menggunakan parabola dengan diameter minimal 180 cm.


Jadi baik LNB C Band, Ku Band maupun S Band sama sama dapat menangkap siaran semua satelit yang menggunakan masing masing frekuensi tersebut ya sobat. Namun untuk menangkap dua satelit dalam satu parabola, sobat juga perlu menggunakan dua buah LNB dan seterusnya.


Semoga artikel tentang LNB yang dapat menangkap semua satelit ini dapat bermanfaat bagi sobat satelit dimanapun berada. Terus dukung chanel youtube kami dengan like, komen, subscribe dan share chanel youtube siaran satelit. Salam.

2 comments: