Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Switch Satu LNB Dua Receiver

Bagaimana memasang Switch agar dapat menggunakan satu LNB dan dua receiver. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana caranya kita bisa menggunakan dua receiver hanya dari satu parabola. Misalnya dirumah kita mempunyai dua tv dan hanya ada satu parabola, bagaimana caranya kita bisa menonton siaran parabola dari kedua tv tersebut, namun tetap hanya menggunakan satu parabola saja.


Membagi sinyal dari satu parabola untuk dua receiver ini berbeda dengan saat kita membagi satu antena UHF untuk dua TV ya sobat. Untuk membagi sinyal dari satu parabola ke dua televisi harus dilakukan dengan hati hati dan tidak boleh sembarangan karena dapat menyebabkan kerusakan pada LNB atau pada Receiver Parabola sobat jika caranya keliru.

Switch Satu LNB Dua Receiver

Satu Parabola untuk Dua Receiver


Beberapa cara dapat kita lakukan untuk membagi sinyal dari satu LNB ke dua buah receiver parabola, diantaranya dengan menggunakan kabel Looping, menggunakan Splitter, menggunakan multiswich dan menggunakan LNB Dual Out. Mari kita bahas satu persatu.


Membagi Sinyal satu Parabola untuk dua receiver dengan Kabel Looping.


Untuk diketahui, membagi sinyal parabola untuk dua receiver dengan sistem looping ini hanya dapat dilakukan dengan menggunakan Receiver yang ada port Loop Out atau LNB Out pada sebelah port LNB In nya, misalnya Receiver Parabola LGSat Sky LG-101.


Switch Satu LNB Dua Receiver

Sobat dapat menggunakan Receiver Parabola LGSat Sky LG-101 sebagai receiver pertama kemudian untuk receiver keduanya bisa menggunakan receiver yang sama atau bisa juga pakai receiver yang berbeda. Sobat dapat menggunakan kabel parabola untuk menghubungkan LNB In receiver kedua ke port LNB out ( loop Out ) pada receiver pertama.


Kelemahan membagi sinyal parabola untuk dua receiver dengan sistem looping ini ada beberapa, yaitu :


- Untuk menggunakan Receiver kedua, receiver pertama harus hidup agar ada arus listrik yang terhubung dari receiver kedua ke LNB.


- Receiver kedua hanya bisa menonton chanel pada polaritas yang sama dengan receiver pertama, misalnya pada receiver pertama menonton chanel di polaritas vertikal, receiver kedua juga hanya bisa menonton di polaritas horizontal. Kalau receiver pertama chanelnya di polaritas vertikal sedangkan receiver kedua chanelnya di polaritas horizontal, maka chanel di receiver kedua akan tampil No Signal.


Membagi Sinyal satu Parabola untuk dua receiver menggunakan Switch / Splitter


Untuk cara yang kedua ini kita dapat menggunakan Switch atau Splitter untuk membagi sinyal dari satu LNB, Satu Parabola ke dua receiver. Jika kedua receiver sobat tidak mempunyai port LNB Out atau Loop Out, maka cara membagi sinyal parabola untuk dua receiver dengan switch / splitter ini bisa dilakukan.


Switch Satu LNB Dua Receiver

Cara pemasangan switch / splitter ini sangat mudah, perhatikan tulisan In / Outnya. Pasang kabel dari LNB ke port IN dari Splitter. Kemudian hubungkan port OUT pada Switch / Splitter ke kedua receiver parabola sobat dengan menggunakan kabel parabola. Diusahakan kabelnya sependek mungkin ya sobat, agar sinyal dari parabola tidak berkurang banyak.


Menggunakan switch / splitter untuk membagi sinyal parabola ke dua receiver ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan :


+ Receiver pertama tidak perlu menyala ketika kita menggunakan receiver kedua karena kabelnya sudah terpisah masing masing.


- Ketika kedua receiver menyala bersamaan, hanya salah satu Polaritas saja yang dapat ditonton chanelnya, namun ketika salah satu receiver saja yang menyala, bebas mau nonton chanel apa saja.


Membagi sinyal satu parabola untuk dua receiver menggunakan multiswitch 2x4


Switch Satu LNB Dua Receiver

Sobat dapat menggunakan Multiswitch 2x4 untuk membagi sinyal dari parabola dengan LNB Dual Polarity untuk dua receiver atau lebih. LNB Dual polarity ini biasanya ada di LNB C Band ya sobat, jadi output dari LNB memang sudah berbeda polaritasnya, kemudian kedua output LNB tersebut dihubungkan dengan port LNB Vertikal dan LNB Horizontal pada Multiswitch. Tinggal sambungkan receiver parabola ke OUTPUT RX 1, RX2, RX3, RX4 pada multiswitch tersebut.


Perlu diingat kembali, penggunaan multiswitch 2x4 hanya jika sobat menggunakan satu LNB dengan output dual polarisasi, jika sobat menggunakan dua LNB dengan masing masing Dual Polarity sobat dapat menggunakan Multiswitch 4x2. dengan Multiswitch ini sobat bebas menonton chanel apa saja di kedua receiver tersebut.


Membagi sinyal Satu Parabola untuk dua receiver dengan LNB Dual Out.


Menurut saya, cara membagi sinyal satu parabola dua receiver menggunakan LNB Dual Out ini merupakan cara yang terbaik. LNB Dual out ini merupakan satu LNB dengan dua port Output yang dapat dihubungkan langsung ke masing masing receiver parabola.


Switch Satu LNB Dua Receiver

Dengan demikian maka antara satu receiver dengan receiver yang lain tidak akan saling terganggu polaritasnya dan sobat bebas menonton chanel mana saja di kedua receiver tersebut. Hanya saja sobat membutuhkan kabel dari lnb ke masing masing receiver sendiri sendiri ya sobat.


Bagaimana sobat, setelah membaca artikel tentang Switch untuk membagi satu parabola ke dua Receiver ini, apakah sobat sudah menentukan cara yang akan dipilih ? Sobat bisa tanyakan di kolom komentar jika menemui kesulitan dalam pemasangan switch parabolanya ya sobat. Dukung terus chanel youtube kami dengan cara like, komen, subscribe dan share video di chanel youtube kami. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment