Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Cara Memasang Lnb KU Band Dan LNB C Band Dalam Satu Dish

Bagaimana cara memasang LNB Ku Band dan LNB C Band dalam satu dish parabola ? Sebenarnya cara ini termasuk jarang dilakukan. Penggabungan yang sering dilakukan adalah antara LNB C Band dengan LNB C Band, atau LNB Ku Band dengan LNB Ku Band. Mungkinkah bisa memasang LNB Ku Band dan LNB C Band dalam satu dish parabola ?


Cara Memasang Lnb KU Band Dan LNB C Band Dalam Satu Dish



Ukuran dish parabola


Perlu diketahui jika LNB C Band memerlukan dish reflektor atau piringan pemantul dengan diameter minimal 120 cm, kurang dari itu maka sinyal tidak akan maksimal, bahkan disarankan memakai dish refelektor dengan ukuran 180 cm atau 6 feet.


Sedangkan untuk LNB Ku Band hanya memerlukan ukurah dish reflektor berdiameter minimal 45 cm, atau bisa memakai ukuran diameter 60 cm agar lebih mudah trackingnya. Nah perbedaan ukuran diamater dish reflektor inilah yang harus sobat perhatikan untuk bisa memasang LNB Ku Band dan LNB C Band dalam satu dish parabola.


Dengan kata lain, menggabungkan LNB C Band dan LNB Ku Band dalam satu dish parabola mini hanya akan sia sia saja karena sinyal Frekuensi C Band yang dipantulkan oleh parabola mini tidak akan cukup kuat untuk dibaca oleh receiver.


Sebaliknya memasang LNB Ku Band ( yang biasa dipasang pada parabola mini ) ke parabola jaring juga memerlukan sedikit modifikasi agar sinyal bisa dibaca oleh receiver. Atau bisa juga menggunakan LNB Ku Band jenis khusus ( LNB Ku Band Prime Fokus ).


Memasang LNB Ku Band dan LNB C Band dalam satu Dish parabola, mau ke arah satelit mana ?


Nah hal ini juga perlu menjadi pertimbangan sobat, mungkin yang paling relevan menurut saya adalah ke satelit measat 3A. jadi bisa dapat frekuensi measat Ku Band dan Frekuensi Measat C Band, biar chanelnya tambah signifikan.


Kalau memasang lnb ku band dan lnb c band dalam satu dish ke arah satelit telkom 4 rasanya hanya sia sia sobat, karena satelit Telkom 4 tidak membawa transponder Ku Band, dan satelit SES 9 yang berada di orbit yang sama hanya ada Nex Parabola yang beamnya bisa di lock dari indonesia.


Cara memasang LNB Ku Band dan C Band dalam satu dish parabola


Menurut saya ada 2 cara yang bisa dicoba agar bisa memasang LNB Ku Band dan LNB C Band dalam satu dish parabola, yaitu dipasang bersandingan dan menggunakan LNB Combo.


- LNB Ku Band dan LNB C Band dipasang bertingkat.


perhatikan gambar berikut :


Cara Memasang Lnb KU Band Dan LNB C Band Dalam Satu Dish

credit picture to satelitmania.com


Pada gambar tersebut LNB Ku band offset dipasang bersandingan dengan LNB C Band menggunakan bracket LNB C Band dua LNB. Dikarenakan ukuran LNB KU Band offset yang relatif lebih kecil, maka memerlukan semacam pipa yang berasal dari potongan LNB C Band yang sudah tidak terpakai ( atau sengaja dikorbankan untuk ujicoba). Jangan lupa port konektor kabel pada LNB Ku Band dihadapkan ke arah utara agar bisa menerima sinyal Ku Band.


Sobat perlu banyak ujicoba trial dan error jika menggunakan cara ini, pasalnya jika LNB C Band dan LNB KU Band dipasang berdampingan, maka kedua LNB tidak dapat menerima frekuensi Ku Band dan C Band dari satelit yang sama, satelitnya yang berbeda. Nah jika satelitnya berbeda, jarak antar LNB akan sangat berpengaruh dalam penerimaan sinyal kedua satelit tersebut.


- LNB Ku Band dan LNB C Band menggunakan LNB Combo


Nah cara kedua ini yang menurut saya paling relevan dan paling gampang untuk menggabungkan LNB Ku Band dan LNB C Band dalam satu dish parabola sekaligus menangkap frekuensi Ku Band dan Frekuensi C Band dalam satu satelit.


Cara Memasang Lnb KU Band Dan LNB C Band Dalam Satu Dish

Saat ini LNB Combo Ku Band dan C Band banyak sekali dijual dipasaran dengan harga sekitar 100 ribuan sehingga kita tidak perlu repot repot untuk memodifikasi, memotong lnb C band untuk dipasangi LNB Ku Band.


Semoga pembahasan kali ini tentang cara memasang LNB Ku Band dan LNB C band dalam satu dish parabola dapat memberikan manfaat bagi sobat sekalian. Terus dukung chanel youtube kami dengan like, komen, subscribe dan share video video dari chanel youtube Siaran Satelit. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment