Tracking Satelit Outbeam, TrueVisions dan FTA Thaicom 5/6/8 Ku Band

Sehubungan dengan anjuran pemerintah untuk bekerja dan belajar dari rumah serta meminimalisir acara dan kegiatan yang melibatkan orang banyak, maka kesempatan kali ini saya gunakan untuk tracking satelit Outbeam, TrueVision Thaicom 5/6/8 Ku band. Satelit Thaicom 5/6/8 sendiri berada pada orbit 78.5 E diatas garis khatulistiwa.

Sebagaimana kita ketahui bahwa beam Ku Band satelit Thaicom 5/6/8 ini adalah beam lokal thailand dan sekitarnya, maka hanya wilayah sumatera bagian utara saja yang masih kebagian sinyal satelit ini meskipun menggunakan dish kecil, itu pun hanya beberapa transponder saja.


Tracking Satelit Outbeam, TrueVisions dan FTA Thaicom 5/6/8 Ku Band

Namun jika kita menggunakan LNB KU Band Prime Fokus dan Dish Solid 6 Feet kita bisa mendapatkan lebih banyak transponder dan beberapa zonasi beam satelit Thaicom 5/6/8 ini. Diantaranya adalah Beam Ku Band Indochina Thaicom 6, Beam Ku band Thailand Thaicom 5, dan Beam Ku band South East Asia Thaicom 8.

Baca Juga :

Tracking Satelit di Luar Jangkauan Astro Malaysia Ku Band 

Frekuensi dan Transponder Garmedia Measat 3 Ku Band

Dari ketiga Beam tersebut diatas jangkauan beamnya hampir sama, kurang lebih meliputi negara Thailand, Myanmar, Laos, Vietnam, Kamboja, Malaysia wilayah barat dan sebagian kecil sumatera utara, perhatikan gambar Beam South East Asia Thaicom 8 Ku Band berikut :


Tracking Satelit Outbeam, TrueVisions dan FTA Thaicom 5/6/8 Ku Band

Cara Tracking TrueVisions Satelit Thaicom 5/6/8 Ku Band Outbeam

Sesuai fakta bahwa kita akan melakukan tracking satelit outbeam, maka kita menggunakan Dish Venus Solid 6 Ft yang dipasangkan dengan LNB Ku Band Prime Fokus dari Skybox, satfinder Freesat V8 Finder ( optional ) dan receiver Skybox A1-new.

Bagi rekan rekan yang tidak memiliki satfinder, bisa langsung menggunakan receiver parabola dan layar monitor / televisi seperti biasanya. Langsung saja kita simak langkah demi langkah cara tracking TrueVisions Satelit Thaicom 5/6/8 Ku Band outbeam di bawah ini :


Tracking Satelit Outbeam, TrueVisions dan FTA Thaicom 5/6/8 Ku Band

1. Pasang LNB Prime Fokus Ku Band pada Dish Venus Solid 6 Ft dan arahkan ( skew ) port konektor LNB tersebut ke utara. Perhatikan cara pemasangan pada gambar berikut :

Tracking Satelit Outbeam, TrueVisions dan FTA Thaicom 5/6/8 Ku Band

2. Setting receiver ( saya memakai Skybox A1-new ) atau satfinder dengan settingan Ku Band :

Nama Satelit : Thaicom 5 Ku
Frekuensi LNB : Universal ( 9750-10600)
Diseqc 1.0 : None ( jika tidak memakai diseqc, jika pakai diseqc, pilih port yang sesuai )
22K : Auto
LNB Daya : auto
Pengaturan : Tidak ada

3. Masukkan Transponder terkuat dari Satelit Thaicom 5/6/8 untuk Frekuensi Ku Band, yaitu 11601 H 30001 atau 12646 v 30001, atau keduanya juga boleh.

4. Mulai pointing parabola anda, arahkan parabola dengan sudut elevasi sekitar 56 derajat jika anda berada di jakarta, 52 derajat jika anda berada di yogyakarta, 54 derajat jika berada di pontianak dan 66 derajat jika anda di medan. Elevasi selengkapnya bisa di cek di

https://www.satbeams.com/footprints?position=79 

Baca Juga :

Cara Menentukan Arah Parabola ke Satelit 

Cara Memasang dan Mencari Sinyal Parabola

5. Posisi Elevasi bisa di lihat seperti gambar berikut ini : 


Tracking Satelit Outbeam, TrueVisions dan FTA Thaicom 5/6/8 Ku Band

pastikan tiang parabola anda cukup tinggi karena parabola akan jauh condong ke arah barat seperti gambar berikut :


Tracking Satelit Outbeam, TrueVisions dan FTA Thaicom 5/6/8 Ku Band

6. Jika sudah mendapatkan sinyal pada transponder terkuat, maksimalkan sinyal pada transponder tersebut, kemudian bisa di Blind Scan. Blind Scan nya dari nama satelit ya, bukan yang tampilan transponder.

Lalu cek masing masing transponder, apakah semua transponder sudah mendapat sinyal ? Jika belum atur elevasi antena sedikit demi sedikit agar semua transponder mendapatkan sinyal yang cukup. Setelah selesai, kemudian Blind Scan lagi agar semua chanel nya muncul.

Saya mendapatkan total  transponder dan 367 Chanel televisi serta 40 chanel radio dari Frekuensi Ku Band satelit Thaicom 5/6/8 ini.


Tracking Satelit Outbeam, TrueVisions dan FTA Thaicom 5/6/8 Ku Band


Cara Tracking Thaicom 5/6/8 Dengan Lebih Mudah

Jika anda sudah berpengalaman dalam tracking parabola, anda dapat menggunakan cara tracking seperti diatas tadi, dimana kita langsung menuju satelit Thaicom 5/6/8, tanpa singgah di satelit satelit yang lain.

Cara kedua yang akan kita gunakan ini bisa kita gunakan jika kita belum terbiasa tracking satelit. Kita bisa singgah satu demi satu satelit hingga kita mencapai satelit yang menjadi target kita dalam hal ini satelit Thaicom 5/6/8. Berikut cara lengkapnya :

1. lakukan langkah seperti nomor 1 dan 2 pada cara sebelumnya.

2. Masukkan Frekuensi terkuat satelit SES 9 yang berada di orbit 108.2 E, yaitu bisa memakai frekuensi Nex Parabola 11921 V 45000 atau bisa juga memakai Frekuensi Matrix garuda di 11101 V 45000. Posisi parabola tegak lurus hanya sedikit geser ke barat, sedikit sekali. Setelah mendapatkan sinyal lanjut ke langkah selanjutnya.

3. Masukkan Frekuensi Terkuat Satelit Chinasat 11 yang berada pada orbit 98 E. Sobat bisa memakai frekuensi Ninmedia Tv yaitu 12500 V 43200 dan 12560 V 43200. Geser pelan pelan parabola sampai mendapatkan sinyal di satelit Chinasat 11 ini. Jika sudah mendapatkan sinyal bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

4. Masukkan frekuensi Terkuat Satelit Measat 3a yang berada pada orbit 91 E. Anda bisa memakai frekuensi milik K Vision 12436 H 31000. Geser dan gerakkan parabola anda kearah barat ( turun ) secara pelan pelan sampai anda mendapatkan sinyal dari satelit Measat 3a Kuband ini. kemudian lanjut ke satelit tujuan kita, Thaicom 5/6/8.


Tracking Satelit Outbeam, TrueVisions dan FTA Thaicom 5/6/8 Ku Band

5. Masukkan Frekuensi terkuat satelit Thaicom 5/6/8 yang berada pada orbit 78.5 E, yaitu frekuensi  11601 H 30001 atau 12646 v 30001. Geser pelan pelan parabola anda ke arah bawah sampai mendapatkna sinyal dari satelit thaicom 5/6/8 ku band yang kita cari.

Jika anda sudah menemukan sinyal dari satelit ini, silahkan kemudian di Blind Scan. Setelah selesai Blind Scan, sobat dapat mengecek masing masing transponder apakah sudah mendapatkan sinyal yang cukup. 

Jika perlu geser baut elevasi sedikit demi sedikit agar masing masing transponder bisa mendapatkan sinyal yang maksimal dan berimbang. Langkah terakhir silahkan Blind scan kembali.

Wah panjang juga ya ternyata artikel tentang cara tracking satelit Outbeam, Truevisions Thaicom 5 Ku Band ini. Untuk nama chanel dan transponder yang kami temukan dalam satelit thaicom 5/6/8 ini akan kami bahas dalam artikel kami selanjutnya dengan judul berikut :

Update Transponder Terkuat dan Chanel Lengkap Satelit Thaicom 5/6/8 Ku band

Bisskey Terbaru Thaicom 5/6/8 Ku Band
Previous
Next Post »