Info Parabola TV Digital

Informasi Parabola Tv Satelit Digital di Indonesia

Tracking Astro Malaysia dengan LNB Prime Fokus Murah

Setelah sebelumnya kita bahas tentang Cara tracking Satelit di luar jangkauan Astro Malaysia Ku Band, kali ini kita akan membahas Tracking Astro Malaysia dengan LNB Prime Fokus yang lebih Murah.

Jika pada kesempatan sebelumnya memakai LNB Skybox 250 ribuan yang casingnya terbuat dari besi, kali ini kita akan menggunakan LNB Skybox Prime Fokus dengan harga 139 Ribu, dengan casing berbahan plastik namun sudah dual out, sehingga bisa di pasang untuk dua receiver / dua televisi.


Tracking Astro Malaysia dengan LNB Prime Fokus Murah

Baca Juga :

Cara Pasang Booster, Splitter dan CATV Amplifier 

Cara Paralel TV kabel dalam Satu Rumah

Walaupun murah, LNB ini ternyata lebih peka dari LNB 250 ribuan yang saya gunakan sebelumnya. Beberapa transponder yang sebelumnya sinyalnya mepet atau bahkan tidak dapat di lock, dengan menggunakan LNB ini kualitas sinyal berada di atas 60 %, sehingga lebih aman dari gangguan freeze dan gangguan mendung gelap.

Berikut gambar / foto dari LNB yang saya gunakan kali ini :


Tracking Astro Malaysia dengan LNB Prime Fokus Murah


Tracking Astro Malaysia dengan LNB Prime Fokus Murah

Peralatan Tracking Astro Malaysia Ku Band

Seperti pada postingan sebelumnya, alat tempur yang kita gunakan adalah Dish Parabola Venus Solid 6 Feet, LNB Skybox Ku Band Prime Fokus, Satfinder Freesat V8 Finder, dan Receiver Skybox A1 New.

Bagi anda yang tidak memiliki satfinder, langsung pakai receiver pun tidak apa apa, saya menggunakan satfinder Freesat V8 Finder tersebut untuk memudahkan tracking saja dengan tanpa membawa Monitor / televisi ke atas genteng.

Baca Juga :

Satfinder, Aplikasi Pencari Sinyal Parabola TV Terbaik 

Tracking Satelit Diluar Jangkauan

Cara Tracking Astro Malaysia Ku Band

Mari langsung saja kita bahas cara tracking astro malaysia ku band step by step agar mudah di pahami dan di praktekkan teman teman sekalian.

1. Pasang LNB Ku Band Prime Fokus pada parabola Venus Solid 6 Feet milik anda.

2. Posisikan SKEW LNB atau port kabel pada LNB mengarah ke utara atau terpasang horizontal ke utara jika posisi antena parabola menghadap ke barat.

3. Masukkan Satelit baru jika belum ada di receiver / satfinder : Measat 3 Ku Band di Orbit 91.5 E.

4. Input transponder terkuat frekuensi Ku Band satelit measat 3a yang dimiliki oleh K Vision yaitu 12436 H 31000. ( kadang di receiver terbaca 12434 H 30999 ).


Tracking Astro Malaysia dengan LNB Prime Fokus Murah

5. Mulai tracking K Vision dengan transponder diatas, gerakkan elevasi ke atas dan kebawah sampai signalnya muncul. Sudut elevasi satelit measat adalah 70 derajat dari daerah sekitaran jakarta.

6. Jika sudah menemukan transponder K Vision, maksimalkan sinyal dari transponder tersebut dengan memutar baut elevasi pelan pelan, baik baut panjang maupun baut pendek untuk mengatur utara selatan.

7. Setelah sinyal mencapai maksimal, silahkan Blind scan dengan tombol biru pada saat tampilan berada di nama satelit, bukan angka transponder sehingga semua transponder akan muncul.

8. Pada saat saya tracking kemarin terdapat sekitar 350 an chanel setelah selesai di blind scan. Perhatikan transponder transponder yang di dapat setelah blind scan, jika anda menemukan transponder dengan angka awalan 10 dan 11, maka anda sudah mendapatkan transponder Astro Malaysia yang kita cari.

9. Cek ulang sinyal masing masing transponder kepala 10 dan 11 tersebut, coba maksimalkan jika masih bisa.

Transponder transponder kepala 10 dan 11 Astro malaysia tersebut diantaranya : 

10983 V 30000

10732 V 30000

10732 H 30000

11063 V 30001

11102 V 30000

11142 V 30001

11183 V 30001

11483 V 30000

11523 V 30000

11563 V 30000

11603 V 30001


Dari beberapa transponder tersebut mungkin saja tidak semua dapat ter lock dari lokasi anda. 

Sampai disini proses tracking Astro Malaysia dengan LNB Murah sudah selesai dilakukan. Memang chanel chanel dari astro malaysia ini di kunci sebagaimana biasa kita temui pada tv berbayar di negara kita juga.

Namun bagi anda yang ingin mencoba, chanel chanel tersebut dapat dibuka dengan metode tiket Fly. Info dari salah satu rekan kami, harga langgana tiket fly nya mulai dari 25 ribu untuk paket sport, 30 ribu untuk paket sport dan film, dan sekitar 90 ribu untuk all chanel.

Baca Juga :

Tracking Thaicom 6 dan Thaicom 8 ku band

Tiket Fly, Cara Ampuh Mendapatkan Tv Premium 

Cara Menangkap Siaran Tv Kabel dengan Antena Biasa

Demikian pembahasan artikel tracking astro malaysia dengan LNB Murah kali ini. Beberapa hari kedepan kita akan fokus dengan tracking Ku band yang outbeam atau di luar jangkauan, anda tertarik ? Terima kasih dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment